3 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja

Bagikan :

Wawancara merupakan tahap yang harus dilalui untuk dapat diterima di suatu perusahaan. Tahap wawancara merupakan tahap yang cukup penting untuk menentukan diterima atau tidaknya seseorang di perusahaan tempat ia melamar. Tidak sedikit pelamar mengalami kegagalan pada tahap wawancara. Bagi kalian yang masih fresh graduate tentu cukup bingung dan belum memiliki bayangan mengenai pertanyaan apa yang kira-kira akan muncul. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai 3 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja. Yuk simak selengkapnya!

1. Ceritakan mengenai diri Anda!

3 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja | sumber: www.pexels.com

3 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja | sumber: www.pexels.com

pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sangat lumrah pada tahap wawancara. Biasanya pertanyaan ini akan muncul diawal. Bagi kalian para pelamar, pertanyaan ini membuka kesempatan untuk menjelaskan secara detail mengenai prestasi. Sedangkan bagi pewawancara, jawaban dari pertanyaan ini akan memberikan informasi signifikan dari pelamar.
Gunakanlah kesempatan menjawab pertanyaan ini sebaik-baiknya. Kalian bisa menjawab pertanyaan ini dengan menyampaikan biografi singkat yang relevan dengan pekerjaan yang kalian lamar. Tidak perlu menceritakan detail sejarah masa kecil, hal-hal negatif, dan kegagalan pada masa lalu. Fokuslah pada pencapaian positif yang dapat menambah nilai dan kualitas kalian. Misalnya keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan, memperoleh pekerjaan atau pencapaian organisasi, dan pengalaman lainnya yang merupakan pencapaian kalian.

2. Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda?

3 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja | sumber: www.pexels.com

3 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja | sumber: www.pexels.com

Dalam pertanyaan ini, berikanlah jawaban yang sesuai dengan keadaan diri. Sebab dari pertanyaan ini, pewawancara akan mengukur kapasitas kerja kalian. Jika tidak jujur dalam menjawab pertanyaan ini maka kalian akan mendapat kesulitan dalam melakukan pekerjaan nantinya.
Berikanlah jawaban yang tidak dapat diberikan oleh kandidat lain. Dalam menjawab kelebihan, jangan lah malu dan ragu untuk memuji diri sendiri sepanjang hal tersebut memang benar dan rasional merupakan kondisi kalian.
Sementara untuk pertanyaan kekurangan kalian, berhati-hatilah menjawab pertanyaan ini. Jangan sampai kalian memberikan jawaban yang akan menjatuhkan nilai kalian di hadapan pewawancara. Sampaikanlah jawaban yang masih memungkinkan untuk diperbaiki. Atau kalian juga dapat menyampaikan kelemahan diri yang memiliki nilai positif di baliknya.

3. Berapa gaji yang Anda inginkan?

3 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja | sumber: www.pexels.com

3 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja | sumber: www.pexels.com

Pertanyaan ini memang cukup sulit untuk dijawab. Namun hampir semua wawancara kerja akan mempertanyakan hal ini. Untuk menjawab pertanyaan ini, kalian bisa menyampaikan bahwa kalian meyakini perusahaan tempat kalian melamar memiliki standar gaji bagi karyawan baru. Kemudian jika kalian sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, kalian bisa menyebutkan nominal gaji kalian di perusahaan tempat kalian bekerja sebelumnya. Itu akan membantu perusahaan memperkirakan standar gaji untuk kalian. Jangan menyebut angka yang terlalu tinggi dan muluk-muluk diawal. Sebab itu akan membuat pewawancara mempertimbangkan untuk menerima kalian.

Itu dia 3 pertanyaan yang sering muncul ketika wawancara kerja. Lebih baik mempersiapkan jawaban dari pertanyaan tersebut daripada kebingungan merangkai kata ketika sudah di wawancara. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info