4 Metode Manajemen Waktu yang Bisa Bantu Kalian Untuk Lebih Produktif  selama WFH

Work From Home bagi beberapa orang memang menyenangkan karena bisa mengerjakan pekerjaan dengan santai namun tetap produktif di rumah. Namun bagi bebrapa orang lainnya, Work From Home malah menjadikan mereka lebih malas untuk mengerjakan pekerjaannya dan tidak seproduktif saat di kantor. Penyebabnya berbeda – beda tiap orang, namun kebanyakan ini disebabkan karena kurangnya manajemen waktu dalam bekerja dan berkegiatan di rumah. 4 metode ini akan bantu kalian untuk lebih produktif selama WFH.

 

 

Metode Time Blocking

Sumber: Niagahoster.com

 

Metode ini dikatakan Time Blocking karena kalian membagi kegiatan kalian kedalam Block/kategori. Metode ini mengharuskan kalian untuk menjadwadwalkan kegiatan harian kalian terlebih dahulu. Jadi dari jauh – jauh hari kalian sudah menetapkan kegiatan yang akan kalian kerjakan dan kapan waktu spesifik untuk melaksanakannya.

Setelah membagi pekerjaan dan waktunya, kalian bisa membedakan masing – masing kegiatan menjadi dua kategori, yaitu: Proactive dan Reactive. Proactive  adalah kegiatan atau pekerjaan yang penting dan harus segera kalian selesaikan. Misal, menyelesaikan deadline desain, menyelesaikan penulisan dokumen, dan kegiatan penting lainnya menurut kalian.  Sedangkan Reactive adalah kegiatan yang tidak terlalu penting yang bisa dilakukan kapan saja. Misal, membalas email, membuka social media, dan pekerjaan ringan dan yang bisa kalian tunda untuk beberapa saat.

Setelah kalian membagi semua kegiatan, kalian bisa menggunakan aplikasi kalender. Aplikasi bisa kalian gunakan seperti Google Calendar yang otomatis tersambung ke akun Gmail kalian. Jadi dengan begitu kalian bisa mengaksesnya kapan saja.

Metode ini memaksa kalian untuk tetap dan selalu mengikuti segala kegiatan yang sudah dijadwalkan sesuai hari dan jamnya. Dengan begitu, metode ini selain membuat kalian lebih produktif, juga dapat membuat kalian untuk belajar lebih disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan dan kegiatan

Catatan:
  1. Masukan waktu jeda untuk kalian istirahat
  2. Atur Google Calendar kalian agar memberi notifikasi tepat saat waktu untuk memulai pekerjaan selanjutnya, bukan 10 menit sebelum kegiatan itu dimulai agar kalian bisa tetap fokus menyelesaikan kegiatan sebelumnya.
  3. Realistislah dalam membuat jadwal. Metode ini memang berkesan kaku dan ketat, namun kalian harus tetap secara realistis dalam menjadwalkan kegiatan. Seperti kalian juga memikirkan jika ada urusan mendadak, seperti ada rapat dadakan, ada email yang memang harus segera dibalas dan berbagai hal lainnya.

 

 

Metode Most Important Task (MIT)

Sumber: Google Image

 

Metode ini tidak seperti metode sebelumnya yang mengharuskan kalian untuk mencatat semua kegiatan harian kalian. Metode ini mengharuskan kalian untuk menulis 1-3 kegiatan kalian yang paling penting pada hari itu. Anda bisa mencatatnya pada sticky notes, notepad di computer ataupun di kertas biasa. Namun, catatan tersebut harus kalian letakkan pada tempat  yang selalu dalam pandangan anda sebagai pengingat. Misal, jika kalian tempel, bisa kalian tempeklan pada bagian pinggir komputer kalian, tembok atau meja kalian.

Memang dalam sehari kalian memiliki kegiatan yang sangat banyak, namun jika kalian perhatikan kembali, beberapa kegiatan tersebut kurang penting untuk dilakukan. Jadi, cobalah sisihkan waktu kalian beberapa menit setiap pagi atau sebelum tidur untuk mencatat 1-3 kegiatan yang harus kalian selesaikan pada hari itu.

Catatan:
  1. Metode ini bisa kalian kombinasikan dengan metode Time Blocking sebelumnya. Jadi, kalian bisa masukan 1-3 catatan kegiatan penting kalian ke dalam kategori Proactive dalam metode Time Blocking dan usahakan untuk meletakannya diposisi atas jadwal harian. Jangan lupa juga untuk memasukan kegiatan mencatat 1-3 kegiatan penting kedalam Google Calendar kalian agar menjadi kebiasaan setiap pagi atau malam sebelum tidur.
  2. Tentukan deadline. Dengan adanya deadline, kalian menjadi terbiasa untuk mencapai suatu tujuan. Biasakan untuk mengatur deadline walau sekecil apapun. Misal, kalian mengatur deadline jam 12 siang untuk agar sudah menyelesaikan 5 halaman dokumen.

 

Teknik Pomodoro

Sumber: Medium.com

 

Teknik ini terbilang cukupsederhana namun sangat ampuh untuk meningkatkan produktifitas kalian. Yang kalian butuhkan dalam teknik ini hanyalah Timer. Anda bisa menggunakan timer pada ponsel, timer pada komputer atau hanya mengeset jam pada jam tangan atau jam dinding kalian.

Setelah kalian menyiapkan timer, lakukan lah hal dibawah ini:
  • Pilih satu kegiatan
  • Atur timer untuk 25 menit
  • Lakukan kegiatan yang sudah kalian pilih tanpa gangguan hingga timer berakhir
  • Istirahat sejenak setelah timer berakhir (sekitar lima menit)
  • Atur kembali timer kalian untuk 25 menit
  • Lanjutkan kembali kegiatan yang kalian pilih tadi (bisa ganti ke kegiatan lain jika kegiatan sebelumnya sudah selesai)
  • Istirahat kembali lima menit
  • Ulangi proses diatas hingga empat sesi, kemudian istirahat panjang sekitar 15- 30 menit
  • Ulangi teknik Pomodoro diatas sesuai kebutuhan kalian pada hari itu.

Teknik ini memaksa kalian untuk 100% fokus pada kegiatan kalian selama 25 menit. Maka dari itu, selama melakukan kegiatan ini di rumah, kalian usahakan untuk tidak ada gangguan. Jika ada gangguan, walaupun hanya semenit, kalian harus mengulang sesi ini dari awal.

Catatan:
  1. Coba beritahu orang rumah untuk tidak menggangu selama satu sesi teknik ini. Hal ini agar kalian bisa fokus dan tidak perlu mengulang sesi teknik ini dari awal lagi.
  2. Lakukan hal yang tidak berhubungan saat instirahat. Jadi usahakan saat kalian istirahat, baik istirahat pendek maupun panjang kalian tidak melakukan kegiatan yang sama seperti saat melakukan sesi teknik Pomodoro. Lakukanlah kegiatan lain seperti peregangan, minum air putih atau kopi, bisa juga berjalan keliling rumah. Karena otak kalian juga perlu istirahat setelah melakukan 100% fokus pada kegiatan sebelumnya.

 

 

Sesi Fokus 90 Menit

Sumber: Google

 

Tahukah kalian bahwa tubuh manusia mempunyai siklus yang bernama Ultradian Rhythms? Singkatnya, Untradian Ryhthms  adalah siklus dimana tubuh dan pikiran kalian beroprasi secara maksumal selama 90-120 menit. Selain itu, kalian akan merasa kelelahan dan harus istirahat sebelum siklus tersebut terjadi lagi. Jadi, sesi ini kalian bisa gunakan untuk mengatur waktu saat sedah WFH. Caranya simple, bekerjalah nonstop selama 90 menit, kemudian istirahat sekitar 20-30 menit. Lalu ulangi sesi tersebut hingga jam kerja kalian berakhir.

Sesi ini terlihat banyak istirahatnya, namun kemungkinan besar metode ini bisa bikin kalian lebih produktif dibandingkan bekerja seharian. Karena jika kalian perhatikan saat kalian bekerja seharian, seperti saat kalian bekerja nonstop seharian, disiang hari anda merasa kelelahan namun kalian tetap memaksakan untuk bekerja, yang ada pekerjaan tidak beres dan berantakan. Jadi dengan mengetahui Ultradian Rhythms kalian, kalian bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dan meminimalisir kesalahan dalam bekerja karena kalian sudah tahu kapan badan kalian merasa kelelahan.

Catatan:
  1. Tak selalu harus 90 menit. Karena kekuatan tubuh seseorang berbeda – beda. Jadi intinya kalian harus istirahat jika sudah merasa kelelahan. Namun, usahakan kelelahan setelah benar – benar melakukan kegiatan full secara fokus.
  2. Istirahat juga tak selalu 20-30 menit. Karena tidak semua orang memiliki waktu untuk istirahat 20-30 menit, karena tuntutan dari bos yang juga harus tetap menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Jadi kalian bisa lakukan istirahat sekitar 5-10 menit saja setiap siklusnya. Istirahat 5 menit lebih baik daripada tidak istirahat samasekali.
  3. Jangan Kebablasan. Jangan jadikan sesi fokus 90 menit ini untuk alasan kalian beristirahat 30 menit tiap setelah 90 menit bekerja. Jadi pekerjaan kalian akan banyak terhenti dan jadinya banyak pekerjaan yang tertunda. Ingat, metode ini bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran agar dapat produktif kembali. Jadi, jika kalian belum merasa lelah selama 90 menit (atau bahkan 120 menit) kalian bisa saja melanjutkan pekerjaan kalian hingga kalian memerlukan istirahat. Tapi jangan lupa juga untuk menyetel alaram untuk istirahat agar kalian tidak overwork.

 

Sudah menemukan metode yang tepat untuk kalian?

Awal kalian mencoba akan terasa susah, karena belum terbiasa. Namun jika kalian ada niat dan mau mencoba, jika dilakukan secara terus menerus pasti akan terasa mudah dan kalian pun menjadi lebih produktif dalam bekerja.

Selamat mencoba.

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info