5 Kunci Sukses Komunikasi

Komunikasi adalah proses menyampaikan informasi/pesan/sinyal yang terjadi antara dua orang atau lebih, sebagai pengirim dan penerima melalui berbagai macam metode baik lisan atau tulisan hingga isyarat non verbal. Komunikasi juga merupakan mekanisme yang kita gunakan untuk membangun dan memodifikasi hubungan. Dalam berkomunikasi, sering kali terjadi kesalah pahaman antara pemberi informasi dengan penerima informasi yang bisa terjadi karena beberapa faktor. Padahal, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam membangun hubungan baik dalam keluarga, kantor atau pun lingkungan masyarakat yang lebih luas. Oleh karena itu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi. Berikut adalah 5 kunci sukses komunikasi:

5 Kunci Sukses Komunikasi

5 Kunci Sukses Komunikasi | sumber: pexels.com

1. Pandanglah Mata Lawan Bicara

Memandang mata lawan bicara Anda dapat memberi kesan bahwa Anda benar-benar ada di dalam pembicaraan tersebut. Memandang mata lawan bicara bisa membuat interaksi menjadi lebih berhasil. Kontak mata atau yang sering disebut eye contact  tersebut menunjukan ketertarikan dan membuat lawan bicara Anda juga tertarik untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan Anda. Selain itu, dengan memandang mata lawan bicara Anda dapat membantu Anda untuk menjaga fokus terhadap pembicaraan.

2. Condongkan Badan ke Arah Lawan Bicara

Mencondongkan badan ke arah lawan bicara juga salah satu cara untuk menunjukan bahwa Anda tertarik pada topik pembicaraan. Namun jangan terlalu mencondongkan badan Anda karena tentu akan membuat lawan bicara Anda merasa risih. Mencondongkan badan disini memberi kesan bahwa Anda tertarik dengan pembicaraan dan tidak menciptakan jarak antara Anda dengan lawan bicara.

5 Kunci Sukses Komunikasi | sumber: pexels.com

5 Kunci Sukses Komunikasi | sumber: pexels.com

3. Ajukanlah Pertanyaan

Tujuan terpenting dari komunikasi adalah tersampainya pesan dari pembicara kepada lawan bicaranya sehingga lawan bicara mengerti dan menangkap apa yang diinginkan oleh si pembicara. Terkadang sebagai pendengar, kita cenderung lupa untuk memastikan apakah kita sudah benar-benar memahami apa yang disampaikan lawan bicara kita karena terlalu larut dalam pembicaraan. Oleh karena itu, pastikan Anda menangkap pembicaraan dengan baik dan benar dengan cara menanyakan beberapa pertanyaan menyangkut pembicaraan tersebut. Jangan malu untuk bertanya, namun jangan juga menanyakan pertanyaan yang sama berulang-ulang karena itu akan membuat lawan bicara Anda merasa bosan dan tidak nyaman.

4. Jangan Menyela

Dalam berkomunikasi, perlu diperhatikan etika berbicara dengan lawan bicara. Etika memiliki tujuan untuk mengarahkan manusia dalam mengambil tindakan yang tepat untuk dilakukan, bebas namun bertanggung jawab, sehingga menciptakan kebahagiaan. Etika mengajarkan cara hidup yang baik sebagai seorang manusia. Salah satu bentuk etika dalam berkomunikasi adalah dengan tidak menyela pembicaraan. Menyela pembicaraan membuat Anda terkesan tidak sabar dan ingin menguasai pembicaraan, atau membuat Anda terlihat ingin tampil menjadi pusat pembicaraan. Selain itu, menyela pembicaraan juga membuat Anda mendapatkan informasi yang tidak lengkap dari lawan bicara Anda. Maka dari itu, jangan sekali-sekali menyela siapa pun yang sedang berbicara.

5 Kunci Sukses Komunikasi | sumber: pexels.com

5 Kunci Sukses Komunikasi | sumber: pexels.com

5. Tetaplah Pada Topik Pembicaraan

Ketika berkomunikasi mungkin Anda tidak sadar bahwa apa yang Anda sampaikan telah melenceng dari topik pembicaraan semula. Hal itu bisa saja terjadi karena Anda terlalu larut dalam pembicaraan atau karena ketika menyampaikan sesuatu disampaikan dengan menggunakan kalimat tidak efektif alias bertele-tele. Melencengnya pembicaraan dari topik semula dapat menghabiskan waktu Anda sementara maksud dan tujuan pembicaraan tidak tercapai. Dalam kondisi tertentu yang menuntut Anda untuk berbicara sesingkat namun sejelas mungkin, tetap fokus pada topik pembicaraan dapat membantu Anda untuk menyampaikan inti pembicaraan dengan cepat dan tepat.

5 Kunci Sukses Komunikasi | sumber: pexels.com

5 Kunci Sukses Komunikasi | sumber: pexels.com

Keberhasilan berkomunikasi juga menentukan keberhasilan Anda dalam berbagai aspek di kehidupan. Sehingga, kunci sukses komunikasi juga merupakan salah satu kunci sukses dalam kehidupan. Mungkin untuk para mahasiswa yang baru memasuki babak baru dalam kehidupannya, bisa mengikuti beberapa kegiatan kepanitiaan kampus dan mendapatkan beberapa manfaat darisana, seperti salah satunya manfaat dalam hal berkomunikasi. Manfaat mengikuti kegiatan kepanitiaan di kampus bisa kalian baca juga pada artikel Manfaat Mengikuti Kepanitiaan Kegiatan Kampus. Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu anda berkomunikasi.

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info