5 Manfaat Magang Untuk Karir

Bagikan :

Bagi mereka yang baru saja menyelesaikan studi dan akan memasuki dunia kerja, tentu menjadi beban tersendiri apabila tak kunjung mendapat pekerjaan. Apalagi menyandang status sebagai fresh graduate, seolah-olah dunia menghakimi agar kalian harus mendapat pekerjaan yang bagus. Padahal, mencari pekerjaan tidak semudah membalikan telapak tangan kan? Oleh karena itu, bagi kalian yang sebentar lagi akan menghadapi masa pencarian pekerjaan, magang dapat menjadi solusi untuk dicoba! Agar kalian lebih semangat dalam menjalani magang, perlu kalian ketahui 5 Manfaat Magang Untuk Karir kalian pada artikel ini.

1. Menambah Pengalaman dan Pengetahuan dari Magang

Perlu kalian ketahui bahwa sering kali HRD menanyakan pengalaman kerja si pelamar. Bagi kalian yang sudah pernah magang, tentu sudah pernah merasakan bagaimana bekerja di dunia kerja yang sesungguhnya dong! Selain menjadi nilai tambah di mata HRD, pengalaman dan pengetahuan ini juga sebenarnya merupakan aset pribadi kalian yang akan sangat bermanfaat di masa depan. Meskipun magang artinya kalian bukan menjadi karyawan tetap perusahaan tersebut, tapi setidaknya bagi HRD kalian sudah punya gambaran tentang dunia kerja. Sehingga jika kalian diterima, kalian tidak perlu merasa canggung dan lebih mudah beradaptasi.

5 Manfaat Magang Untuk Karir | sumber: www.pexels.com

5 Manfaat Magang Untuk Karir | sumber: www.pexels.com

2. Magang Untuk Menambah Relasi Profesional

Manfaat lainnya adalah menambah relasi profesional. Ketika kalian magang, kalian pasti akan berkenalan dengan orang-orang baru yang sudah profesional. Mungkin rekan satu tim yang sudah lebih berpengalaman, supervisor, atau teman kantor lainnya. Semakin luas pergaulan ketika magang, semakin besar pula peluang dan relasi yang kalian bangun. Dengan memiliki relasi yang luas dan baik, kalian akan lebih memiliki kesempatan untuk mendapatkan informasi tentang peluang karir. Semakin sering kalian berinteraksi dengan kaum profesional, maka semakin kalian belajar bagaimana cara berkomunikasi dalam lingkungan profesional. Dari relasi profesional ini, kalian juga bisa mendapatkan referensi dan menemukan kesempatan kerja dari mereka.

5 Manfaat Magang Untuk Karir | sumber: www.pexels.com

5 Manfaat Magang Untuk Karir | sumber: www.pexels.com

3. Magang Untuk Menambah Nilai Jual Pada CV

Nah seperti manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, pengalaman magang akan menambah nilai jual CV kalian. Sebagai pertimbangan awal menilai siapa diri kalian, HRD akan mempertimbangkan CV kalian. Semakin menarik dan berkualitas isi CV kalian, maka semakin besar kemungkinan untuk dipanggil interview. Nah untuk menambah nilai jual pada CV ini, selain dengan pengalaman organisasi, pengalaman magang juga sangat menopang lho! Bahkan tidak jarang sebuah perusahaan justru akan menjadikan karyawan magang sebagai karyawan kontrak, atau bahkan tetap. Menarik, bukan?

5 Manfaat Magang Untuk Karir | sumber: www.pexels.com

5 Manfaat Magang Untuk Karir | sumber: www.pexels.com

4. Magang Untuk Menambah Wawasan

Bagi kalian yang belum pernah mengenal dunia kerja, biasanya akan menghadapi masa-masa bingung menentukan karir. Sebelum benar-benar terjun ke dunia pekerjaan sebagai pekerja tetap, pengalaman magang akan sangat membantu dalam mempertimbangkan kembali karir yang ingin kalian tekuni. Terlebih apabila kalian memutuskan untuk magang di tempat yang mungkin kalian memang sudah inginkan dari sejak lama. Pengalaman magang tersebut akan membantu kalian lebih mengenal pekerjaan tersebut. Jika merasa cocok, kalian akan mendapatkan pengetahuan lebih banyak yang tidak hanya sebatas teori, tetapi juga praktek. Namun apabila merasa tidak cocok, kalian bisa mencoba yang lain dan setidaknya tidak membuat kalian sampai salah pilih sebelum terjun sebagai karyawan tetap kan?

5 Manfaat Magang Untuk Karir | sumber: www.pexels.com

5 Manfaat Magang Untuk Karir | sumber: www.pexels.com

5. Membuka Peluang Untuk Dipilih Sebagai Karyawan Tetap Pasca Magang

Nah bagi kalian yang memang sudah tau pekerjaan apa yang akan ditekuni, pengalaman magang akan membantu kalian untuk berkesempatan direkrut langsung sebagai karyawan tetap! Tak jarang mereka yang mengincar posisi di kantor idaman yang sulit didapatkan karena tingginya kualifikasi calon karyawan mengajukan diri dengan melamar magang terlebih dahulu. Jika sudah diterima magang di perusahaan tersebut, tinggal menunjukan performa terbaik dari kalian. Bukanlah hal yang tidak mungkin bila akhirnya kalian ditawari posisi untuk menjadi karyawan tetap di perusahaan tersebut! Karena jika perusahaan tersebut membutuhkan karyawan baru, perusahaan akan lebih memprioritaskan untuk memilih mereka yang sudah teruji dengan hasil kerja yang sudah baik.

Nah itu dia 5 Manfaat Magang Untuk Karir untuk kalian! Selain magang, kalian juga bisa menambah persiapan diri menghadapi dunia kerja dengan mempelajari tips dan trik interview. Salah satunya bisa kalian baca tentang 3 Pertanyaan Umum Saat Wawancara. Atau baca juga artikel tentang Mengenal Profesi Social Media Specialist sebagai referensi menentukan karir. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info