Apa itu Kartu Prakerja dan Bagaimana Cara Daftar?

Kartu Pra Kerja merupakan sebuah program yang dibuat oleh pemerintah yang bertujuan untuk mendorong perekonomian. Kartu ini dapat diterima setelah peserta mendaftarkan diri secara online di laman prakerja.go.id

 

 

Kartu Pra Kerja ini rencana akan di terapkan mulai awal bulan April 2020 guna mendongkrak perekonomian yang sedang menurun akibat imbas dari pandemi virus corona. Bagi yang sudah memiliki kartu ini nanti akan diwajibkan untuk mengikuti pelatihan yang disediakan secara online maupun tatap muka.

Sumber: Pexels.com

 

Cara dan Syarat Mendaftar untuk Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id:

  1. Cara Mendaftar

Pendaftaran dilakukan di situs prakerja.go.id serta di dampingi oleh petugas pengantar kerja dari Disnaker. Peserta yang akan mendaftar akan diminta untuk mengisi data. Kemudian akan diarahkan untuk login, setelah berhasil login peserta akan menjalani seleksi. Seleksi ini akan dilakukan berdasarkan hasil tes, verifikasi data, kemampuan dasar dan motivasi serta kuota yang tersedia juga menjadi pertimbangan seleksi. Langkah terakhir, peserta yang lolos dapat memilih jenis pelatihan yang sesuai keinginan pada website prakerja.go.id. Setelah semua beres, penerima kartu akan mendapatkan uang saku yang dikirimkan ke dompet digital atau e-wallet, penerima Kartu Pra Kerja akan mendapatkan sertifikat sebagai modal kerjanya untuk kedepan.

Sumber: Pexels.com

 

  1. Syarat

Syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta Kartu Pra Kerja adalah, Pertama calon peserta harus berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Kedua, yang dapat mendaftar merupakan lulusan SMA/SMK dan perguruan tinggi. Dan yang terakhir adalah masyarakat yang mengalami PHK dan para pegawai yang memiliki keinginan untuk menambah keterampilan dalam bekerja.

 

 

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info