Berhemat Saja Tidak Cukup, Jagalah Keuanganmu Agar Tak Tergerus Inflasi!

Membahas berbagai hal mengenai ekonomi, inflasi akan selalu menjadi topik utama. Inflasi tentunya menjadi kekhawatiran seluruh masyarakat. Kekhawatiran ini biasanya dikarenakan inflasi biasanya akan dibarengi dengan kenaikan berbagai kebutuhan sehari – hari di pasar.

Sumber: Pexels.com

 

Inflasi merupakan sebuah indicator sebagai tolak ukur tingkat perubahan harga barang – barang tertentu di pasar. Hal tersebut akan terlihat dari kenaikan harga – harga barang sehingga akan mempengaruhi sektor lainnya juga. Kondisi tersebut akan mempengaruhi tingkat pengeluaran dan biaya hidup, yang dimana artinya inflasi akan menyebabkan adanya kenaikan biaya hidup dan tentunya akan semakin mahal. Yang menjadi masalah biasanya kenaikan biaya hidup ini tidak dibarengi dengan kenaikan jumlah pendapatan.

 

 

Pengaruh inflasi dalam keuangan adalah semakin tinggi tingkat inflasi, maka makin turun juga nilai dari uang yang kalian miliki. Contohnya jika pada tahun lalu dengan uang Rp 100.000 kalian sudah bisa membeli 20 buah jeruk, maka dengan uang yang sama pada tahun ini kalian hanya bisa mendapatkan 17 jeruk saja. Jadi nilai uang kalian akan tergerus dan hal ini juga akan diikuti dengan kenaikan penghasilan yang kalian dapatkan setiap bulannya. Kenaikan inflasi juga akan mempengaruhi tabungan kalian walaupun kalian tabung di bank. Walaupun kalian mendapatkan bunga di bank setiap bulannya, namun bunga tersebut biasanya tidak bisa mengejar laju dari kenaikan inflasi. Bank di Indonesia biasanya hanya menawarkan bunga tabungan yang jumlahnya lebih kecil dari nilai inflasi. Hal ini akan berdampak buruk pada tabungan kalian karena dengan berlalunya waktu, nilai tabungan kalian akan tergerus oleh inflasi. Walaupun begitu, menyimpan uang di tabungan belum spenuhnya salah,kalian  tidak akan repot menyimpan uang tunai dalam jumlah besar dan tentunya akan aman.

 

Cara Mengatasi Inflasi

Sumber: Unsplash.com

 

Jika kalian sudah merasa uang kalian tergerus inflasi, kalian dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut. Langkah yang biasa di lakukan beberapa orang dan anda bisa lakukan juga adalah investasi. Kalian bisa melakukan investasi juga untuk mengatasi inflasi. Hingga saat ini, investasi menjadi langkah paling aman mengatasi inflasi. Nilai keuntungan dari investasi diharapkan dapat mengatasi laju inflasi yang meningkat tiap tahunnya. Nilai keuntungan ini harus lebih besar dari rata – rata kenaikan inflasi itu sendiri. Namun jangan asal memilih investasi, agar aktifitas keuangan ini dapat memberikan hasil maksimal di dalam keuangan. Sebelum melakukan investasi, kalian juga harus memikirkan resiko apa saja yang akan terjadi agar terhindar dari kerugian. Jangan sampai niat kalian mendapatkan untung dan melawan laju inflasi malah berakhir dengan beberapa kerugian, hanya karena kalian tidak mempertimbangkan beberapa hal yang berhubungan dengan investasi yang akan kalian jalani.

 

 

Investasikan Dana ke Deposito

Sumber: Unsplash.com

Alokasikan sebagian dana kalian ke dalam bentuk deposito. Walauopun deposito tidak memberikan bunga yang besar, namun biasanya bunga deposito setara atau bahkan sedikit lebih tinggi dari rata – rata tingkat inflasi, sehingga niali uang kalian tidak akan tergerus sepenuhnya di dalam tabungan. Hindari juga penarikan deposito sebelum jatuh tempo. Hal tersebut beresiko menimbulkan biaya pinalti. Lebih baik ambil uang kalian ketika jatuh tempo akan tiba.

 

Tetap Punya Tabungan

Sumber: Unsplash.com

 

Saat ini beberapa bank menawarkan bunga simpanan dalam bentuk tabungan lumayan besar. Sehingga tabungan yang kalian mikiki juga cukup bertahan untuk melawan laju inflasi. Dengan memiliki tabungan, kalian juga dapat mencairkan dana tanpa menunggu waktu jatuh tempo.

 

 

Miliki Dana Darurat

Sumber: Unsplash.com

 

Pastikan kalian memisahkan rekening untuk tabungan dan dengan rekening untuk dana darurat. Hal ini dilakukan agar tabungan dan dana darurat tidak tercampur. Dengan demikian, keuangan kalian akan terkendali. Dana ini digunakan jika sewaktu waktu kalian memerlukan dana diluar dari anggaran yang di tetapkan. Misal mendadak ada kecelakaan, ataupun hanya sekedar ada pernikahan teman yang harus kalian hadiri.

 

Pahami dan Atasi Inflasi dengan Cara yang Tepat

Inflasi tentunya selalu menjadi hal yang menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang. Mulailah mempelajari inflasi dengan tepat agar kalian dapat mengatasinya dengan tepat juga. Lakukan juga berbagai hal yang dapat mengatasi laju inflasi dala keuangan kalian, agar kondisi keuangan kalian tetap stabil tanpa gangguan dari inflasi.

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info