Kena PHK dan Belum Punya Tabungan? Jangan Nyerah Dulu, Yuk Coba Atur Keuangan

Bagikan :

Saat ini pemutusan hubungan kerja (PHK) sedang banyak terjadi di beberapa perusahaan. PHK secara mendadak ini cukup membuat beberapa orang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Hal ini juga menjadi masalah untuk mereka yang tidak memiliki tabungan. Namun jangan menyerah dahulu, mari mulai untuk mengatur keuangan kalian.

 

 

Menurut seorang Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho menyampaikan beberapa hal yang dapat kalian lakukan disaat keadaan mendadak terkena PHK dan tidak memiliki tabungan.

Coba Jumlahkan Aset dan Uang Yang Saat Ini Anda Miliki

Sumber: Unsplash.com

 

Hitunglah kembali dimana saja uang kalian, misal ada uang dari pesangon setelah PHK, coba cek di dompet dan di rekening kalian masih ada berapakah sisa uang kalian untuk saat ini. Selain uang, kalian bisa perkirakan aset apa saja yang kalian miliki.

 

 

Hitung Jumlah Cicilan dan Tanggung Jawab

Sumber: Unsplash.com

 

Setelah dapat jumlah dari keseluruhan uang dan aset yang kalian miliki, dilanjutkan dengan menghitung semua cicilan dan tanggung jawab per bulan kalian. Jangan lupa tambahkan pengeluaran sehari – hari kalian selama sebulan. Dengan mengetahui semua pengeluaran tersebut, setidaknya kalian dapat merencanakan keuangan dan kalian dapat mengetahui estimasi waktu keuangan kalian dapat bertahan berapa lama.

 

 

Keputusan Untuk Kembali Mencari Penghasilan

Sumber: Unsplash.com

 

Setelah menghitung berapa yang kalian miliki, berapa pengeluaran perbulan dan mengetahui estimasi waktu keuangan kalian, inilah saatnya untuk merencanakan dan memutuskan kapan akan mulai mencari pekerjaan lain atau mencoba untuk membuka bisnis sendiri. Dengan mengatur keuangan dan mengetahui estimasi waktu keuangan kalian, kalian bisa memunculkan ide – ide atau keputusan lainnya untuk keluar dari kesulitan sebelum benar – benar berada di puncak terbawah kalian. Segala keputusan juga harus selalu diimbangi dengan perencanaan yang matang dan eksekusi nyata.

 

Jangan menyerah dahulu, coba, usaha dan jalankan.

 

 

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info