Kisi-Kisi SKD CPNS 2019

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS sudah dibuka sejak 2019 lalu. Bagi kalian yang sudah lolos seleksi administrasi, tentu harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes SKD yaitu Seleksi Kompetensi Dasar. Beberapa instansi sudah menyelenggarakan seleksi tahap pertama ini. Namun, ada juga instansi yang belum menyelenggarakannya. Bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk tes SKD, perlu kalian ketahui apa sih Tes SKD itu? Baru-baru ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) merilis informasi tentang Kisi-Kisi SKD CPNS 2019. Apa sajakah itu?

1. Tes Karakteristik Pribadi SKD CPNS 2019

Kisi-kisi pertama adalah tentang Tes Karakteristik Pribadi atau TKP. TKP terdiri dari 35 soal. Pada tes ini, penilaian akan meliputi: pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, dan profesionalisme. Jadi bagi kalian yang sedang bersiap mengikuti seleksi kompetensi dasar, jangan lupa untuk mempelajari materi seputaran point-point yang sudah disebutkan sebelumnya ya!

Kisi-Kisi SKD CPNS 2019 | image source: www.pexels.com

Kisi-Kisi SKD CPNS 2019 | image source: www.pexels.com

2. Tes Wawasan Kebangsaan SKD CPNS 2019

Selanjutnya adalah Tes Kawasan Kebangsaan. Tes Wawasan Kebangsaan dalam juga disebut TWK. TWK ini terdiri dari 30 soal. Untuk point-point yang dinilai dari tes ini meliputi penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan: nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia. Jadi mulai sekarang kalian bisa mempelajari buku-buku atau bacaan lainnya yang memuat tentang pengetahuan seputar wawasan kebangsaan.

Kisi-Kisi SKD CPNS 2019 | image source: www.pexels.com

Kisi-Kisi SKD CPNS 2019 | image source: www.pexels.com

3. Tes Intelegensia Umum SKD CPNS 2019

Kisi-Kisi terakhir adalah Tes Intelegensia Umum atau juga disebut TIU. Tes ini terdiri dari 35 soal. Penilaian untuk Tes Intelegensia Umum terdiri dari: kemampuan verbal, kemampuan numerik dan kemampuan figural. Kemampuan verbal adalah kemampuan peserta tes dalam menguasai analogi, silogisme dan analitis. Sementara kemampuan numerik adalah kemampuan peserta tes dalam menguasai berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif dan soal cerita. Kemudian terakhir mengenai kemampuan numerik dan kemampuan figural, peserta tes akan diuji mengenai analogi, ketidaksamaan dan serial.

Kisi-Kisi SKD CPNS 2019 | image source: www.pexels.com

Kisi-Kisi SKD CPNS 2019 | image source: www.pexels.com

Nah itu dia Kisi-Kisi SKD CPNS 2019 yang dirilis oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Dalam SKD CPNS 2019, soal akan berupa pilihan ganda sebanyak 100 soal. Waktu pengerjaan soal adalah selama 90 menit menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Jadi bagi kalian yang akan mengikuti seleksi kompetensi dasar ini, silahkan mempersiapkan diri sebaik mungkin! Selamat bertarung!

Sementara bagi kalian yang tidak ingin berkarir sebagai PNS, kalian bisa baca artikel tentang 3 Peluang Profesi Menjajikan di Era Digital berikut!

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info