Langkah Mudah Mengatur Keuangan

Bagikan :

Awal bulan sebentar lagi. Sudah tidak sabra menunggu gaji masuk ke rekening? Tentu saja dong! Tanggal muda selalu menjadi tanggal yang dinanti-nanti bagi para pekerja. Karena selalu ada yang dirindukan dari tanggal muda, yaitu gaji. Tapi, gaji yang nominalnya terlihat besar, tapi kok cepat ludesnya? Seperti tidak terasa belum sampai akhir bulan, sisa gaji sudah hampir habis saja. Apa kalian pernah mengalami hal seperti ini? Jika iya, mungkin kalian perlu memulai mengatur keuangan kalian. Mengatur anggaran sangat penting demi kelangsungan hidup di masa depan. Yuk kita simak Langkah Mudah Mengatur Keuangan berikut!

1. Buat Catatan Pengeluaran Keuangan Sehari-hari

Kedengarannya memang ribet jika harus mencatat setiap hari seluruh pengeluaran kita. Namun hal sederhana ini sangat berpengaruh untuk mengatur financial kalian. Karena dari sinilah kalian bisa mengetahui alokasi keuangan kalian. Kalian bisa menggunakan Ms. Excel, Google Sheets, Note, atau aplikasi-aplikasi lain yang berfungsi untuk catatan. Dengan memiliki catatan pengeluaran sehari-hari, kalian dapat mengevaluasi kebutuhan dan pengelolaan keuangan kalian.

Langkah Mudah Mengatur Keuangan | sumber: www.pexels.com

Langkah Mudah Mengatur Keuangan | sumber: www.pexels.com

2. Membuat Rekapan Pemasukan Keuangan

Selain mencatat pengeluaran sehari-hari, kalian juga perlu memiliki catatan pendapatan. Setiap pemasukan yang kalian dapat diluar gaji pokok kalian, catatlah sedetail mungkin. Hal ini penting untuk nanti membandingkan jumlah pemasukan dan pengeluaran kalian. Dengan memiliki catatan pendapatan dan pengeluaran, kalian akan mengetahui berapa total biaya operasional yang kalian habiskan. Serta berapa jumlah pendapatan yang cukup untuk memenuhi pengeluaran kalian tersebut. Selain untuk mengatur keuangan, catatan pendapatan ini juga dapat berfungsi sebagai penyemangat untuk mencari pendapatan tambahan.

Langkah Mudah Mengatur Keuangan | sumber: www.pexels.com

Langkah Mudah Mengatur Keuangan | sumber: www.pexels.com

3. Review dan Perbaiki Anggaran Keuangan Setiap Bulannya

Setelah mengetahui pendapatan dan pengeluaran berdasarkan catatan harian, kalian bisa membuat review anggaran kalian. Review ini dapat kalian gunakan sebagai evaluasi. Dari review ini, kalian dapat mengetahui kemana uang kalian lebih banyak habis dalam satu bulannya. Disini juga kalian akan menemukan kesadaran jika sudah menggunakan uang dengan hura-hura. Review ini pun juga dapat menyadarkan kalian jika sudah membeli barang yang tidak penting. Alhasil, kalian bisa mulai merencanakan keuangan kalian dengan lebih bijak kedepannya.

Langkah Mudah Mengatur Keuangan | sumber: www.pexels.com

Langkah Mudah Mengatur Keuangan | sumber: www.pexels.com

4. Rencanakan Alokasi Pendapatan Untuk di Bulan Selanjutnya

Nah setelah mengetahui hasil review keuangan kalian, silahkan mulai merancanakan alokasi pendapatan kalian. Dengan demikian, kalian dapat mengatur keuangan kalian dengan lebih bijak. Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Demikian juga dalam hal mengatur keuangan. Review pendapatan dan pengeluaran di bulan sebelumnya akan menjadi pengalaman untuk bulan selanjutnya. Akhirnya, kalian bisa mengatur keuangan lebih baik!

Langkah Mudah Mengatur Keuangan | sumber: www.pexels.com

Langkah Mudah Mengatur Keuangan | sumber: www.pexels.com

Nah itu dia Langkah Mudah Memulai Mengatur Keuangan yang bisa kalian terapkan. Mulailah dari hal yang sederhana. Untuk mendapat hasil yang maksimal, kalian harus konsisten melakukan hal diatas. Jangan menyerah duluan dan ujung-ujungnya kembali boros ya. Jika kalian ingin Menjadi Mapan Sebelum Usia 40 tahun, bisa lihat tips-tipsnya dengan meng-klik artikel berikut! Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info