Mengapa Curriculum Vitae Penting saat Melamar Kerja?

Mengapa Curriculum Vitae Penting saat Melamar Kerja?

Melamar Pekerjaan baik secara online maupun secara konvensional adalah sesuatu yang harus dihadapi oleh banyak orang yang baru lulus kuliah. Dalam proses itu, perusahaan akan menyeleksi anda dan pelamar lainnya, dan menentukan kandidat mana yang layak diterima. Ada banyak sekali aspek yang menjadi komponen penilaian, mulai dari karakter diri, pembawaan ketika interview, materi wawancara, dan juga dokumen pendukung. Nah, salah satu dokumen pendukung yang ternyata sangat penting dan sangat dipertimbangkan ketika anda melamar kerja adalah Curriculum Vitae.

Begitu melamar pekerjaan, anda pasti dimintai untuk menyertakan curriculum vitae atau riwayat hidup. Kalau selama ini anda berfikir bahwa menulis curriculum vitae itu apa adanya aja, sebaiknya anda mengubah cara berfikir anda. Ternyata CV adalah hal yang pertama kali menentukan keberhasilan anda untuk mendapatkan pekerjaan. Apa saja alasannya? Berikut ini adalah alasan yang menunjukkan pentingnya CV dalam proses lamaran pekerjaan :

1. Menunjukan kesan pertama.

Sebelum rekruter memanggil anda untuk interview, mereka akan melihat CV anda terlebih dahulu. Pihak perusahaan akan melihat dan menilai kepribadian anda dari lembaran kertas yang berisi riwayat hidup anda tersebut. Secara tidak langsung, CV akan memberikan kesan pertama anda kepada para rekruiter, dan mereka dapat melihat diri anda walaupun belum bertemu atau menanyakan sesuatu dalam sesi wawancara.

2. Memperlihatkan profesionalitas.

Saat masuk ke dunia kerja tentu anda sudah harus bersikap profesional, karena hal itulah yang dibutuhkan. Maka dari itu, tunjukan profesionalitas anda sejak awal. Profesionalitas sejak awal dimulai dari keseriusan anda menyusun dokumen riwayat hidup. Melalui pembuatan CV anda dapat menjadi orang yang profesional dengan memperhatikan riwayat kehidupan anda.

3. Menarik perhatian.

Pastikan anda menulis curriculum vitae yang dapat membuat rekruter tertarik untuk membaca CV anda pertama kali dibandingkan dengan CV orang lain. Nah, untuk membuat CV yang menarik perhatian, ada banyak sekali triknya. Salah satu caranya adalah dengan mendesain CV anda dengan menarik dan berbeda dari yang lain, namun tetap terlihat profesional.

BikinCV.com

Sumber : www.bikincv.com

4. Menjelaskan diri anda secara singkat.

Sebagaimana riwayat hidup, CV akan menuliskan data diri anda sendiri, berikut dengan prestasi dan pengalaman yang sudah pernah anda kerjakan. Oleh sebab itu, CV akan memperkenalkan anda kepada perusahaan dengan singkat, sebelum anda diberi kesempatan untuk menceritakan pengalaman anda secara lebih detail di sesi wawancara.

5. Menonjolkan kemampuan anda.

Setiap orang tentu mempunyai kelebihan dan kelemahan, untuk itu tulislah kemampuan anda dengan jujur, tetapi jangan sampai terlalu berlebihan. CV yang baik adalah tidak memuat kelemahan anda sebagai obyek yang diceritakan dalam dokumen tersebut.

Kesimpulannya, Curriculum Vitae yang baik adalah yang bisa membawa anda untuk mendapatkan pekerjaan. Sehingga, susun dan buat dokumen riwayat hidup anda itu dengan baik dan maksimal. Untuk update CV kamu atau mau Buat CV Baru yuk coba buat di BikinCV.com, Praktis dan Cepat. Hanya butuh waktu 15menit untuk membuat CV. Yuk klik Mulai Buat CV Online Menarik sekarag! Cara mendapat perkerjaan secara online baca disini

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info