Mengenal Perbedaan Wawancara HRD dan User

Bagikan :

Menjadi mandiri merupakan salah satu wujud tanggung jawab terhadap diri sendiri. Bagi kalian yang sudah beranjak usia dewasa atau sudah menyelesaikan study, tentu akan mempersiapkan diri untuk mencari pekerjaan kan. Yup, menghasilkan uang sendiri untuk menghidupi diri sendiri adalah wujud kemandirian tahap selanjutnya. Bagi kalian yang baru pertama kali mencari pekerjaan, kalian akan mengenal istilah-istilah baru dalam dunia kerja. Begitu juga dengan jenis-jenis wawancara kerja yang mungkin terasa tidak familiar di telinga kalian. Nah sebelum mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan, ada baiknya kalian mengetahui Jenis-Jenis Wawancara Kerja terlebih dahulu. Selain itu, perlu juga menambah pengetahuan tentang istilah-istilah seperti walk in interview, wawancara HRD, wawancara user, dan istilah lainnya. Dalam artikel ini kalian akan Mengenal Perbedaan Wawancara HRD dan User dengan membaca ulasan berikut!

Mengenal Wawancara HRD

Wawancara HRD adalah tahap wawancara pertama setelah secara administrasi kalian dinyatakan lolos. Wawancara HRD diibaratkan seperti saringan. Pada wawancara HRD, tim recruiter perusahaan akan menyaring kandidat yang benar-benar sesuai dengan kompetensi yang diperlukan perusahaan. Tujuan dari wawancara HRD adalah untuk mengenal potensi kandidat lebih dalam. Ketika kalian berada pada tahap wawancara HRD, pertanyaan yang akan kalian terima adalah pertanyaan-pertanyaan yang lebih menekankan pada pengenalan karakter jobseeker secara personal dan menjelaskan lebih lanjut apa yang tertulis di CV. Beberapa hal sederhana yang perlu kalian perhatikan pada tahap wawancara HRD adalah sikap untuk menunjukkan first impression, confidence, gesture, dan lain-lain. Kadang HRD suka menanyakan pengetahuan anda tentang perusahaan yang dilamar. Oleh karena itu sangat dianjurkan kalian sudah mencari tahu tentang perusahaan incaran anda sebelum datang interview.

Mengenal Perbedaan Wawancara HRD dan User | sumber: www.pexels.com

Mengenal Perbedaan Wawancara HRD dan User | sumber: www.pexels.com

Mengenal Wawancara User

Jika kalian berhasil lolos tahap wawancara HRD, kalian akan melanjutkan proses rekruitment ke tahap wawancara user. Menghadapi wawancara user, nuansa pertanyaan teknis akan semakin terasa. Perusahaan akan menggali lebih dalam tentang keunggulan karakter dan kompetensi kalian sebagai pelamar. User umumnya adalah atasan kalian nanti. Pada saaat interviwe user, kalian bisa saja menghadapi Supervisor, Manager, Assistant Manager, atau bahkan langsung menghadapi Direksi, tergantung posisi yang kalian lamar. Dalam banyak perusahaan, tahap ini biasanya adalah tahap terakhir dalam proses rekrutmen karyawan khususnya untuk level staff. Pada tahap wawancara user, kalian juga akan dinilai dari segi team work. Apabila pada tahap intervew HRD sebelumnya kalian sudah berhasil “menjual” diri, maka pada tahap wawancara user adalah saat yang tepat untuk mempromosikan skill secara besar-besaran. Wawancara user adalah saat yang tepat untuk menunjukan kelebihan yang dimiliki, namun tetap berhati-hati agar tidak membuat kesan sombong.

Mengenal Perbedaan Wawancara HRD dan User | sumber: www.pexels.com

Mengenal Perbedaan Wawancara HRD dan User | sumber: www.pexels.com

Nah itu dia perbedaan wawancara HRD dan wawancara user. Baik wawancara pada tahap apapun itu, kalian harus tetap menunjukan penampilan terbaik agar mendapatkan hasil yang baik juga. Jika kalian bingung mau melamar pekerjaan dimana, kalian bisa membuka website Lowongan Hotel Bali untuk mencari pekerjaan di bidang perhotelan. Siapa tau ada yang cocok! Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat!

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info