Pentingnya Memiliki Hobi

Pengertian hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hobi adalah kata banda yang dapat diartikan sebagai kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan sebagai pekerjaan utama. Pentingnya memiliki hobi membuat hampir semua orang memiliki hobi masing-masing. Mulai dari hobi yang normal seperti membaca, menulis, memancing, bersepeda, hingga hobi yang sedikit tidak normal seperti mengumpulkan kotak rokok, menyimpan baju kenangan sekolah, hingga kegiatan-kegiatan lain yang tidak digemari orang pada umumnya.

Memiliki hobi akan berdampak pada kondisi fisik dan psikis seseorang. Meskipun terdengar sederhana, hobi ternyata memiliki peran yang sangat penting. Baik dalam menyeimbangkan aktivitas kita maupun untuk menopang karir di masa depan. Memang tak bisa dipungkiri bahwa hobi memiliki peran penting dalam karir seseorang. Seperti halnya para pemain sepak bola kelas dunia yang memilih memilih hobi sebagai profesi untuk digeluti. Mengapa hobi menjadi salah satu faktor penting dalam hidup seseorang? Yuk kita simak ulasan singkat tentang Pentingnya Memiliki Hobi!

1. Menyeimbangkan pikiran untuk menghindari stress

Pentingnya Memiliki Hobi | sumber: www.pexels.com

Pentingnya Memiliki Hobi | sumber: www.pexels.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hobi merupakan salah satu kegiatan rekreasi. Kegiatan rekreasi selalu identik dengan aktivitas untuk menenangkan pikiran dan membahagiakan diri. Ketika pekerjaan kantor sedang banyak, kemudian masalah sosial mulai mengusik ketenangan pikiran, maka melakukan hobi akan membantu menyelamatkan diri dari pikiran stres! Sebuah penelitian membuktikan bahwa sebagian orang yang menjalani hobinya memiliki detak jantung dan tingkat stres yang lebih rendah. Selain itu, mereka juga merasa lebih bahagia setelah melakukan hobi mereka. Jadi ketika kalian merasa pikiran dan kehidupan kalian mulai tidak seimbang, cobalah untuk meluangkan waktu dan melakukan hobi yang bisa membuat kalian merasa lebih bahagia. Setidaknya itu dapat membantu kalian untuk menjadi lebih bahagia dan tenang untuk selanjutnya dapat memecahkan permasalahan yang sedang kalian hadapi.

2. Mengenal diri sendiri dan menemukan bakat tersembunyi

Pentingnya Memiliki Hobi | sumber: www.pexels.com

Pentingnya Memiliki Hobi | sumber: www.pexels.com

Ketika melakukan hobi, tanpa disadari seseorang tengah mengenal dirinya sendiri lho! Ketika kalian mengetahui apa yang membuat kalian bahagia, secara tidak langsung kalian sudah mengenal siapa diri kalian dan apa yang kalian inginkan. Kadang ketika kalian meluangkan waktu untuk ‘me time’, kalian tengah memberi kesempatan pada diri sendiri untuk berdamai dan mengukuhkan jati diri. Selain itu, hobi juga dapat memberi peluang untuk menemukan bakat tersembunyi! Kadang kebanyakan orang tidak sadar bahwa mereka memiliki bakat karena terlalu sibuk dengan urusan luar dan lupa untuk mengenal diri sendiri. Bisa saja orang yang memiliki hobi bermain game online ternyata memiliki bakat untuk membuat strategi dan pemikir cerdas untuk menentukan taktik dan siasat. Ketika kalian mampu menemukan bakat tersembunyi dari hobi kalian, maka kalian akan merasa sangat puas dan bangga! Apalagi ketika berhasil menjadikan hobi tersebut sebagai profesi dan menghasilkan pemasukan.

3. Sebagai karir dan sumber penghasilan

Pentingnya Memiliki Hobi | sumber: www.pexels.com

Pentingnya Memiliki Hobi | sumber: www.pexels.com

Ini dia nih yang paling penting dari memiliki hobi. Hobi bisa mendatangkan rejeki sekaligus menentukan karir kalian lho! Tentu kalian sering mendengar kalimat ‘pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar’. Kalian setuju tidak dengan kalimat tersebut? Tentu saja melakukan hobi yang dibayar adalah pekerjaan idaman setiap orang. Misalnya penyanyi yang hobi bernyanyi memilih karir di dunia musik dan menekuni hobinya sebagai profesi. Hobi yang kalian latih terus menerus dengan serius akan berkembang menjadi bakat. Kemudian bakat tersebut bisa menjadi profesi yang kalian lakoni untuk mendapat penghasilan. Dengan demikian maka akan setarik tiga uang! Hobi jalan, uang dapat. Setuju kan?

Nah itu dia ulasan tentang Pentingnya Memiliki Hobi. Bagi kalian yang sudah memiliki hobi, cobalah untuk menekuni hobi tersebut dan jangan lupa luangkan waktu untuk melakukan hobi tersebut. Dan untuk kalian yang belum memiliki hobi, buka lah diri kalian untuk mengenal diri sendiri dan menemukan hobi yang bisa membuat kalian bahagia. Tapi jangan lupa, hobi yang sudah kita bahas diatas adalah hobi positif ya! Kalau kalian punya hobi negatif, yang merugikan diri sendiri dan orang banyak, buru-buru deh dirubah! Semoga artikel ini bermanfaat! Baca juga artikel Membuat Surat Lamaran Kerja untuk menambah pengetahuan kalian sebelum memasuki dunia kerja.

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info