Tentang Profesi: DESAINER GRAFIS

Desainer Grafis atau bisa disebut dengan Perancang Grafis adalah sebuah profesi yang biasanya menghasilkan sebuah ilustrasi, tipografi atau grafis motion.  Desainer Grafis tentunya mendalami ilmu tentang desain grafis, dimana desain grafis adalah salah satu bentuk dari komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan.

 

 

Sumber: Pexels.com

Desainer Grafis biasanya terjun dalam beberapa media, seperti:

  1. Media Jurnalisme (Televisi, Majalah dan Surat kabar)
  2. Percetakan (Buku, kartu nama, poster, logo, identitas perusahaan)
  3. Multimedia (Animasi, online game, computer game, console game dan video game)

 

 

Sumber: Pexels.com

Desainer Grafis juga bisa memberikan jasa yang berhubungan dengan desain grafis, yaitu:

  1. Telekomunikasi
    Dalam jasa telekomunikasi desainer grafis berperan dalam merancang materi iklan media cetak, cover proyek, print banner, standing banner, WEB/WAP banner
  2. Pendidikan
    Desainer grafis juga bisa terjun dalam bidang pendidikan. Dalam bidang ini, desainer grafis bisa memberikan jasa mendidik atau mengajar hal-hal yang ada pada lingklup desain grafis. Seperti mengajarkan cara dalam mendesain untuk orang awam atau hingga mengajarkan hal desain yang lebih professional dalam dunia kerja desainer grafis. 
  3. Forografi
    Karena desain grafis bergelut dalam bidang visual, maka jasa dalam fotografi juga masuk dalam lingkup desainer grafis. Desainer grafis bisa membuat sebuah karya dari fotografi mungkin untuk dalam hal periklanan yang kemudian diedit sehingga bisa membuat hasil foto menjadi iklan yang menarik. Desainer grafis dapat menambahkan teks, mengedit warna dan pencahayaan foto bahkan hingga bisa memanipulasi foto sesuai kebutuhan. 
  4. Periklanan
    Dalam periklanan, hal yang dikerjakan desainer grafis adalah seperti brosur, spanduk, POP (Point of Purchase) seperti standing banner, hanging mobile, Packaging (kemasan produk).
  5. Teknologi Informasi
    Desainer Grafis dalam bidang teknologi informasi dapat mengerjakan hal-hal seperti membuat user interface situs web dan situs wap, web banner dan wap banner, pemasaran internet dan E-commerce.

 

 

Selainer: Pexels.com

Selain pekerjaan dalam media dan jasa, Desainer Grafis juga dapat mengerjakan pekerjaan dalam bidang mafaktur, Seperti:

  • Tekstil
    Menentukan warna, membuat objek atau pola yang akan diaplikasikan ke bahan kain, proses pembuatan film negatifnya disebut dengan tehnik step and repeat (pengulangan pola desain).
  • Garmen
    Mendesain pakaian, menentukan warna bahan dan membuat illustrasi (berupa gambar atau typografi) pada sebuah baju.
  • Otomotif
    Mendesain logo, striping dan menentukan warna dari sebuah motor.
  • Elektronik
    Terutama dalam mendesain icon pada tampilan pengguna disebuah hpkomputernotebooktablet pc dan sebagainya.
  • Helm
    Membuat pola-pola stiker yang akan ditempelkan pada permukaan helm.
  • Mode
    Tugasnya hampir sama dengan bidang fotografi, yaitu mengedit hasil foto dan menjadikannya lebih menarik dengan cara menaikkan ketajaman & kecerahan foto, dan lainnya.

 

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info