Tentang Profesi: DRAFTER

Drafter merupakan sebuah profesi yang bergerak dibidang menggambar gambar-gambar kerja teknik agar gambar tersebut dapat dengan jelas dan mudah dimengerti oleh orang lain. Drafter juga membantu dalam proses pembentukan obyek gambar tersebut. Profesi ini biasanya diperlukan dalam pekerjaan manufaktur, mulai dari memproduksi mainan anak-anak, mesin industri, bangunan sipil bahkan hingga perancangan pesawat terbang. Jika dilihat pada masa lalu, pekerjaan sebagai drafter cukup sulit dan memakan waktu karena masih menggunakan sistem manual yaitu dengan menggunakan papan gambar, pensil, pena, kompas, protraktor, segitiga dan perangkat lainnya untuk menyiapkan rancangan gambar dengan tangan. Seiring berkembangnya teknologi, kini drafter dapat bekerja menggunakan sistem komputerisasi yaitu menggunakan AutoCAD plus, ArchiCAD, Sketchup, Studio 3Ds Max dan program lainnya. Namun terkadang masih kita bisa temukan beberapa drafter yang masih menggunakan sistem manual gambar tangan.

 

 

Sumber: Pexels.com

Drafter terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Aeronautical drafters
    Drafter jenis ini adalah mereka yang biasanya bertugas untuk membuat gambar teknik untuk pekerjaan yang berhubungan dengan pesawat terbang, peluru kendali, roket dan semua yang masih berhubungan dengan angkasa.
  • Architectural drafters
    Jika drafter macam ini pekerjaannya adalah menyiapkan gambar teknik untuk pekerjaan arsitektur dan sipil untuk proyek pembauatan bangunan atau gedung.
  • Civil drafters
    Pada umumnya bekerja untuk membuat gambar topografi, peta kontur dan gambar-gambar untuk pekerjaan sipil yang lain seperti ; jalan, jembatan, pemipaan, bendungan dan lain-lain.

 

 

  • Electrical drafters
    Drafter yang satu ini selalu berhubungan dengan pembuatan gambar-gambar pengkabelan,diagram layout yang akan di gunakan oleh para pekerja untuk menarik dan memasang instalasi kabel listrik pada pusat komunikasi, pembangkit listrik dan gedung-gedung
  • Electronics drafters
    Gambar-gambar seperti diagram pengkabelan, skema dan layout untuk pekerjaan instalasi listrik adalah pekerjaan drafter dalam bidang ini.
  • Mechanical drafters
    Menyiapkan gambar-gambar yang berhubungan dengan detail perakitan dari berbagai macam jenis perlatan permesinan.
  • Process piping or pipeline drafters
    Menyiapkan gambar-gambar yang akan gunakan pada pekerjaan konstruksi lapangan minyak dan gas, kilang minyak dan pabrik kimia.
  • Photovoltaic Drafters
    Mempersiapkan gambar yang menunjukkan lokasi gambar inverter Pad dan gambar konstruksi plat, juga menyiapkan rincian spesifik PV perakitan sistem dan beberapa diagram pengkabelan.

 

Sumber: Pexels.com

 

Kebanyakan drafter menghabiskan waktunya didepan komputer karena pekerjaan yang biasa mereka lakukan memerlukan kedetailan yang cukup tinggi. Namun bagi mereka yang masih bekerja secara manual menggunakan meja gambar tidak hanya memerlukan ketelitian, namun juga kesabaran dalam mengerjakan pekerjaannya. Karena jika terdapat kesalahan akan cukup memkan waktu dalam memperbaikinya.

 

 

Sumber: Pexels.com

Keahlian yang harus dimiliki oleh seorang drafter adalah:

  1. Mengusai Software Design
  2. Menguasai Bahasa Inggris pasif
  3. Memahami Sistem MEP
  4. Membaca Gambar Kerja
  5. Membuat Gambar Potongan & Isometrik
  6. Matematika
  7. Memahami Istilah Dasar Arsitek & Struktur
  8. Koordinasi
  9. Mengatasi Masalah
  10. Pembukuan

 

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info