Tentang Profesi: VIDEO EDITOR

Industri kreatif dalam bentuk digital sedang berkembang dengan pesat. Pembuatan konten dibuat sekreatif mungkin dengan berbagai bentuk. Salah satu bentuk media yang sedang banyak digeluti adalah dalam bentuk video. Sehingga, profesi sebagai video editor sedang banyak digandrungi. Profesi sebagai video editor memiliki tanggung jawab mengolah beberapa materi dalam bentuk video yang diperlukan sebuah perusahaan, usaha maupun kebutuhan branding pribadi. Materi yang dibuat dapat berupa footage, dialog, wawancara, grafis dan soundeffect. Editor adalah posisi kunci dalam proses pascaproduksi yang akan menentukan kualitas dari produk yang dibuat. Orang yang berprofesi sebagai video editor biasanya akan bekerjasama langsung denganorang yang memiliki konsep video/ si pemilik project yang akan dibuat. Tujuannya agar hasil yang dicapai sesuai dengan rencana rancangan.

 

 

Sumber: Unsplash

Berikut adalah beberapa tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang Video Editor:

  1. Menerima arahan yang biasanya dapat berupa shot list atau pun naskah
  2. Mengumpulkan semua footage dari berbagai sumber untuk dirapikan sesuai arahan
  3. Menyortir materi yang dibutuhkan untuk dipakai dan diolah menjadi video utuh sesuai arahan
  4. Menentukan transisi, sentuhan, pewarnaan, juga efek yang akan diterapkan pada video sesuai arahan konsep yang ada
  5. Memastikan bahwa kualitas dari video maupun audio baik
  6. Mampu memperbaiki dan memberikan solusi jika ada kekurangan dari materi video dan audio yang tersedia

 

Sumber: Unsplash.com

Berikut keahlian yang setidaknya harus dimiliki oleh seorang Video Editor:

Pada umumnya, para rekruter akan lebih mempertimbangkan keterampilan dan porfolio yang dimiliki oleh sang Video Editor. Jadi, pengalaman dan hasil karya kalian sangatlah penting dalam mencari client untuk kalian ajak bekerjasama. Selain itu, pendidikan komunikasi atau seni, pengalaman sebagai desain grafis, multimedia, fotografi, atau pengalaman di industri film, media, dan TV juga bisa dijadikan latar belakang yang dapat dipertimbangkan oleh rekruter. Dalam hal keterampilan, seorang video editor setidaknya bisa mengoprasikan software editing seperti Final Cut Pro, Adobe Premiere Pro, Openshot, iMovie, Vegas Pro, dan lain-lain. Selain itu, tidak hanya dapat mengoperasikan software, video editor yang baik juga harus memiliki kreativitas dalam mengolah materi menjadi sebuah video yang memuaskan.

Hal-hal berikut bisa kalian tunjukan saat ingin melamar pekerjaan sebagai Video Editor:

  1. Mampu untuk memberi perhatian terhadap hal-hal yang detail
  2. Memiliki kreativitas dan minat yang tinggi pada bidang film dan video
  3. Kesabaran dan konsentrasi yang tinggi
  4. Kemampuan mendengar dan menerjemahkan arahan yang diberikan oleh tim
  5. Tingkat komitmen dan dedikasi yang tinggi
  6. Manajemen waktu yang baik
  7. Kemampuan bekerja di bawah tekanan dan deadline
  8. Kemampuan berkomunikasi yang baik, menulis maupun secara langsung

 

 

Sumber: Unsplash.com

Jenjang karir Editor Video

Profesi sebagai Video Editor memiliki potensi untuk bekerja di perusahaan, seperti di perusahaan animasi, penyiaran, perfilman, produksi film independent, post production agency atau perusahaan video/game. Mungkin dalam awal bekerja, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan kalian mengikutin arahan mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, kalian bisa sepenuhnya yang mengurus sesuai dengan kreativitas kalian. Jika kalian ingin menjalani sebagai Freelance video editor, kalian bisa memulainya dengan projek-projek kecil sembari membuat porfolio karya kalian.

Intinya jika kalian benar – benar menekuninya, project video apapun bisa kalian capai. Mulailah dari yang kecil, cari pengalaman yang banyak, senantiasa pencapaian tinggi akan bisa kalian capai.

Semoga Sukses!

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info