Tips Bekerja Dari Rumah Yang Aman Untuk Mencegah Virus Corona !

Bagikan :

Tips Bekerja Dari Rumah Yang Aman Untuk Mencegah Virus Corona! – Mewabahanya virus corona di Indonesia membuat pemerintah pusat dan daerah mewajibkan Anda untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Bekerja dari rumah atau Work From Home atau disingkat WFH. Namun bagi ribuan orang tua, bekerja di rumah alias bekerja jarak jauh merupakan tantangan ekstra. Sebab orang tua harus mencoba menyeimbangkan kehidupan kerja dengan kehidupan rumah tangga. Di sisi lain virus corona tetap jadi perhatian.

Memindahkan pekerjaan ke rumah menjadi hal yang realistis dan normal bagi sebagian besar pekerja untuk sementara waktu lantaran Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah resmi menjadikan wabah virus corona sebagai pandemik.  Beberapa karyawan akan bekerja dari rumah untuk pertama kalinya, yang berarti mencari tahu bagaimana tetap mengerjakan tugas di lingkungan baru yang mungkin tidak cocok dengan produktivitas.

Tetapi, ada beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas agar hasil kerja maksimal, dari menyiapkan ruang kerja yang baik hingga cara Anda berbicara dengan tim Anda. Berikut tipsnya :

1. Menyiapkan Ruang Kerja

Sumber Gambar (www.kompas.com)

Agar nyaman dan efektif bekerja di rumah, kamu harus lebih dulu menyiapkan ruangan untuk bekerja. Namun, yang paling penting juga saat bekerja dari rumah adalah komunikasi dengan rekan atau tim kerja.

Menjaga komunikasi dengan rekan kerja dari jarak jauh itu perlu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan intens berkomunikasi lewat grup WhatsApp ataupun rapat virtual melalui Skype atau Zoom.

2. Meminimalisir Gangguan

Namanya rumah, mungkin akan ada gangguan yang mengganggu konsentrasi bekerja. Karena itu saat mulai bekerja dari rumah, siapkan satu ruangan yang jauh dari gangguan. Hal ini penting untuk menjaga produktivitas kamu.

Buat peringatan sederhana kepada keluarga atau kerabat yang tinggal seatap bahwa Anda sedang bekerja dan tak bisa diganggu. Dengan ruang kerja khusus, anda bisa lebih konsentrasi, sehingga bekerja jarak jauh bisa lebih mudah.

3. Saling Menyemangati Sesama Rekan Kerja

Sumber Gambar (www.liputan6.com)

Saat bekerja dari rumah, bisa jadi kamu merasa jauh dari rekan-rekan kerja. Dampaknya, kamu jadi nggak semangat. Karena itu, selama bekerja dari rumah, usahakan agar melakukan hal-hal biasa bersama rekan kerja, walau melalui video conference.

Makan siang bersama-sama lewat video conference bisa jadi salah satu cara. Memang sih terdengar aneh, tapi ini bisa jadi menyenangkan dan jadi moodbooster untuk tetap semangat kerja setelah makan siang.

Walau terdengar sepele, saling menyemangati sesama rekan kerja berpengaruh terhadap mentalitas tim kerja. Apalagi saat situasi penyebaran virus corona yang semakin bertambah.

Karena itu, komunikasi yang intensif dan kata-kata positif sangat diperlukan, supaya kamu dan tim kantor bisa jauh-jauh dari perasaan terisolasi dan depresi selama social distancing berlaku.

Selama krisis, hal yang paling penting adalah mental. Karena itu, kamu juga harus tetap memperhatikan kesehatan mental saat bekerja dari rumah.

4. Berpakaian Rapi Saat Bekerja Dirumah

Walau bekerja dari rumah, kamu tetap wajib berpenampilan rapi. Jangan memakai baju tidur atau kaos oblong yang sudah belasan tahun. Jalani jam kerja seperti biasa.

Mandi serta berpakaian agar kamu segar. Selain itu, ini juga cara untuk menjaga kebersihan dan menunjukkan profesionalitas.

5. Jangan Lupa Beristirahat

Sumber Gambar (www.jobstreet.com)

Walaupun terkadang ada sebuah tugas dari atasan berupa target kerja yang harus dicapai, namun dalam hal istirahat tidak dapat ditinggalkan. Istirahat perlu untuk memberikan relaksasi kepada tubuh agar dapat menyelesaikan tugas kembali.

Perlu diatur kembali mengenai jam dan durasi istirahat, jangan memilih durasi yang terlalu lama untuk beristirahat karena tubuh akan lemas yang membuat tugas menjadi berantakan dan tidak dapat terselesaikan dengan baik.

Semoga artikel Tips Bekerja Dari Rumah Yang Aman Untuk Mencegah Virus Corona dapat bermanfaat, dan semoga kondisi dunia segera pulih. Agar kamu pun bisa bekerja seperti sedia kala dengan rekan kerja.

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info