Tips Menabung Buat Anak Muda

Mungkin sejak masih usia kanak-kanak beberapa dari kita sudah diajarkan untuk terbiasa menabung. Menyisihkan sebagian dari pendapatan kita memang tidak ada salahnya sama sekali. Kalau dulu sewaktu kanak-kanak kita dibiasakan menabung menggunakan celengan, tentu sekarang cara menabung kita sudah beda dong! Bagi kalian para anak muda yang sekarang sering disebut-sebut millenial, mulailah berkonsentrasi untuk menabung. Usia muda merupakan usia terbaik untuk menabung dan berinvestasi. Karena ketika muda, kita sudah memiliki pendapatan sendiri sehingga tidak bergantung dengan orangtua dan kita belum memiliki tanggungan besar seperti berumah tangga. Nah selagi muda, yuk kita intip tips menabung buat anak muda jaman now!

1. Prioritaskan 20% dari rejekimu untuk ditabung

Tips Menabung Buat Anak Muda | sumber: www.google.com

Tips Menabung Buat Anak Muda | sumber: www.google.com

Jika ingin menabung kalian bisa mulai dari menyisihkan 20% saja dari rejeki kalian. 20% bukan hanya sekedar disisihkan, tapi diprioritaskan! Sebelum kalian berbelanja atau menggunakan uang kalian untuk kebutuhan lainnya, prioritaskan 20% dari uang yang kalian miliki untuk ditabung. Jangan belanja dulu baru kemudian sisanya ditabung. Itu akan sangat riskan karena bisa jadi uang kalian habis duluan sebelum bisa ditabung.

2. Ikuti program tabungan berjangka

Tips Menabung Buat Anak Muda | sumber: www.pexels.com

Tips Menabung Buat Anak Muda | sumber: www.pexels.com

Nah kalau cara yang ini bisa dikonsultasikan bersama pihak ketiga alias bank. Jaman sekarang sudah banyak bank atau lembaga keuangan dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan yang menawarkan program perencanaan keuangan melalui tabungan berjangka. Dengan mengikuti program tabungan berjangka, kalian akan ‘dipaksa’ untuk menyimpan uang kalian dengan jangka waktu yang bisa kalian tentukan sendiri. Biasanya jangka waktu yang kalian bisa ikuti mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun. Tanpa terasa jika kalian mengikuti tabungan berjangka ini, dalam hitungan tahun kalian sudah punya uang yang bisa-bisa kalian pun tidak sadar sudah berhasil mengumpulkan sekian banyak.

3. Mulai berinvestasi

Tips Menabung Buat Anak Muda | sumber: www.pexels.com

Tips Menabung Buat Anak Muda | sumber: www.pexels.com

Investasi adalah cara nabung yang briliant! Banyak investasi yang bisa kalian ikuti. Mulai dari investasi saham, emas, dan lain-lain. Membuka bisnis bersama teman juga salah satu investasi yang bisa kalian coba. Namun dalam hal ini kalian perlu berhati-hati agar tidak sampai salah langkah dan ujung-ujungnya malah rugi. Mulailah sharing dengan teman yang sudah ahli berinvestasi atau konsultan keuangan terpercaya. Jadi uang yang kalian miliki tidak habis begitu saja, tapi tersimpan bahkan bisa diputar hingga menghasilkan lebih banyak.

Nah gimana, mau coba cara menabung yang mana nih semeton? Baik cara pertama, kedua atau ketiga bisa kalian coba dengan mencocokkan kemampuan kalian yah! Yuk mulai berhemat mumpung masih muda. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa juga untuk Lakukan 3 Hal Ini Agar Bisa Bangun Pagi dan Tidak Bermalas-Malasan Lagi Sampai Siang.

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info