Tips Mengatur Pos Keuangan

Bagikan :

Awal bulan rekening sudah terisi kembali nih! Bagi para kebanyakan pekerja, tanggal muda menjadi tanggal yang dinanti-nanti. Mengingat kebanyakan perusahaan memberikan gaji kepada karyawannya di awal bulan. Tidak jarang ketika menerima gaji, seseorang menjadi kalap alias ‘pengen ini pengen itu’. Rasanya semua benda yang dilihat menarik hati dan tiba-tiba menjadi perlu untuk dibeli. Tidak jarang, kondisi ‘kalap’ ini berujung sedih di akhir bulan. Alhasil kondisi keuangan di akhir bulan pun menjadi sekarat dan tak karuan. Lalu bagaimana cara menghindari kondisi akhir bulan yang terancam kekeringan tersebut? Mulailah untuk mengatur pos keuangan kalian. Berikut adalah Tips Mengatur Pos Keuangan yang sederhana untuk diterapkan!

1. Pos Keuangan Untuk Tabungan

Ingat kata-kata bijak rajin menabung pangkal kaya? Nah kata-kata itu tidak hanya sekadar kata-kata khiasan lho! Memang benar, memiliki tabungan adalah suatu keharusan demi kebaikan financial kalian. Menabung bisa dimulai dari jumlah terkecil yang sekiranya kalian mampu sisihkan. Kalian bisa mulai untuk membuat pos untuk tabungan sebanyak 5% dari penghasilan. Kemudian ditingkatkan ke 10%, hingga nanti 20% dari penghasilan kalian. Ini semua tergantung tingkat kemampuan kalian. Yang penting, sudah disisihkan dan ditabung. Untuk pos tabungan sendiri harus disisihkan dari awal. Jangan menabung di akhir bulan, karena bisa jadi uang kalian tidak tersisihkan karena sudah habis untuk hal-hal lain.

Tips Mengatur Pos Keuangan | sumber: www.pexels.com

Tips Mengatur Pos Keuangan | sumber: www.pexels.com

2. Pos Keuangan Untuk Biaya Hidup

Gunakan penghasilan untuk menghidupi diri sendiri secara mandiri. Setelah menyisihkan pos untuk tabungan, persiapkanlah pos untuk biaya hidup. Biaya hidup ini termasuk biaya makan, transport, dan biaya tak terduga lainnya yang digunakan sehari-hari. Gaya hidup biasanya menentukan jumlah biaya hidup yang kalian butuhkan. Semakin tinggi gaya hidup kalian, semakin banyak pula pengeluaran kalian untuk biaya hidup. Maka dari itu, biasakanlah untuk hidup sederhana dan secukupnya saja. Jangan sampai biaya hidup termakan gengsi ya!

Tips Mengatur Pos Keuangan | sumber: www.pexels.com

Tips Mengatur Pos Keuangan | sumber: www.pexels.com

3. Pos Keuangan Untuk Apresiasi Diri dan Sosial

Pos terakhir adalah untuk biaya mengapresiasi diri dan kehidupan sosial. Apresiasi diri disini adalah bagaimana kalian membeli sesuatu atau mengeluarkan uang untuk sesuatu yang bisa membuat kalian mengapresiasi jerih payah kalian. Termasuk juga biaya untuk nongkrong dengan teman-teman, ‘me time’ ke salon, atau beli koleksi mobil Hot Wheels. Selain untuk mengapresiasi diri, jangan lupa juga untuk membuat pos sosial, yaitu anggaran yang kalian sisihkan untuk berbagi dan membantu orang di sekeliling kalian. Ingat, berbagi rezeki tidak akan membuat kalian kurang. Asal kalian sudah mengatur pos keuangan kalian dengan baik.

Tips Mengatur Pos Keuangan | sumber: www.pexels.com

Tips Mengatur Pos Keuangan | sumber: www.pexels.com

Nah itu dia Tips Mengatur Pos Keuangan yang sederhana untuk bisa kalian terapkan. Jika kalian merasa bingung bagaimana mengatur keuangan untuk bisa membuat pos keuangan ini, kalian bisa baca artikel Langkah Mudah Mengatur Keuangan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info