Tips Psikotest Part 2 : Sukses Ujian Pohon & Manusia

Bagikan :

Bagian psikotest berikut ini pasti menjadi bagian yang tidak terlupakan, yaitu Test Pohon dan Manusia. Nah, sama seperti bagian psikotest yang lain, bagian ini juga tidak main-main, karena ada penilaian terselubung dari hasil test yang terlihat simpel ini. Aturan main dari tes ini, kalian akan diberi satu atau dua kertas putih kosong ukuran A4. Dalam waktu yang terbatas, kalian diminta untuk menggambar pohon dan manusia, masing-masing dalam satu kertas.

Aturan main yang lain, pohon yang digambar tidak boleh pohon kelapa atau tumbuhan kecil, Anda harus menggambar pohon yang ada rantingnya. Manusia yang digambar juga nantinya akan kalian beri nama, usia, dan harus dicantumkan apa yang sedang dikerjakannya. Dari aturan main tersebut, sudah jelas bahwa pohon yang harus digambar adalah pohon yang utuh seperti pohon yang ada di sekitar kita. Kemudian, begitu juga dengan aturan main menggambar manusia, yaitu manusia yang sebenarnya.

Tetapi jangan khawatir, walaupun kalian tidak pandai menggambar, jangan takut kalau kalian akan kalah saing dengan orang-orang yang pandai menggambar. Mengapa demikian? Karena gambaran yang akan kalian hasilkan, adalah menunjukkan kepribadian kalian masing-masing. Penilaian ini akan dilihat dari poin-poin yang tersembunyi dalam gambar tersebut.

Apa saja penilaian yang akan dihasilkan?

Letak Gambar

Letak kedua gambar, baik itu pohon, maupun manusia, akan menunjukkan kepribadian kalian. Jika gambar pohon ada di tengah-tengah kertas, artinya kalian rendah hati dan praktis, kalian juga pandai mengambil pendekatan jalan tengah. Jika di bawah, artinya kalian cukup membumi dan lebih suka melakukan riset sebelum membuat keputusan. Jika di atas dan mengambang, berarti kalian cukup tinggi dalam memandang kehidupan.

yayasanbiimblogspotcom

Test Pohon & Manusia (sumber : yayasanbiimblogspot.com)

Tinggi Pohon

Tanpa disangka, tinggi pohon yang kalian gambar juga bisa menimbulkan penilaian psikologis. Jika lebih dari setengah kertas, artinya kalian cukup ambisius untuk meraih prestasi. Namun jika tidak, artinya kalian sudah cukup puas dengan hidup kalian sekarang.

slidegossipcom

Test Pohon & Manusia (sumber : slidegossip.com)

Dahan Pohon

Dominansi otak dan pemikiran kalian dapat dinilai dari dahan pohon yang kalian gambar. Jika terdapat banyak dahan, maka kalian termasuk orang yang otak kirinya cukup kuat, sementara jika tidak, kalian lebih banyak melatih otak kanan.

Akar Pohon

Filosofi akar pohon akan menggambarkan pandangan kalian terhadap sejarah. Gambar pohon dengan akar menunjukkan masa lalu dan keluarga cukup penting bagi kalian, sementara kalian yang tidak menggambar akar berarti lebih fokus terhadap masa depannya.

utakatikotakcom

Test Pohon & Manusia (sumber : utakatikotak.com)

Nah, lalu bagaimana dengan gambar manusia? Usahakan kalian menggambar orang yang sedang bekerja, karena dengan begitu menunjukkan bahwa kalian adalah seorang pekerja keras yang tidak malas dan selalu ingin bekerja. Sebaliknya, kalian akan dianggap sebagai calon pencari kerja yang tidak memiliki etos kerja yang keras.

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info