Tips Psikotest Part 3 : Cerdik dalam Tes EPPS

Bagikan :

Psikotes kita ketahui bersama akan menghasilkan penilaian untuk kepribadian dan kemampuan kita. Nah, untuk menunjang salah satu aspek yaitu penilaian kepribadian, ada satu tes yang harus kalian lalui, yaitu tes EPPS. Kemungkinan besar sebagian orang akan sangat jarang mengetahui nama tes EPPS ini, karena kebanyakan orang akan menganggap ini adalah tes pilihan saja. Apa itu tes EPPS?

EPPS artinya adalah Edwards Personal Preference Schedule. Kalau kalian sudah pernah tes dengan tipe harus memilih jawaban yang benar, dan soalnya sampai berratus-ratus, maka itulah tes EPPS. EPPS adalah tes yang secara detail akan menunjukkan kepribadian kalian. Dalam tes ini, kalian hanya akan diberikan 2 pilihan yaitu A dan B, dan kalian harus memilih kira-kira opsi mana yang sesuai dengan kepribadian kalian.

temakitacom

Psikotes Tes EPPS (sumber : temakita.com)

Terkadang, kalau kalian sudah tahu isi opsi-opsinya, kalian akan merasa sangat dibingungkan. Mengapa? Kalian akan dihadapkan pada dua pernyataan yang sangat mirip artinya. Tetapi mau tidak mau kalian harus menganggap kedua pernyataan tersebut adalah berbeda, dan kalian harus memilih salah satu dari keduanya. Kebanyakan, tes EPPS terdiri dari 225 nomor, dan semua nomor harus kalian isi. Lah, kenapa harus diisi semua? Ya, kalian harus mengingat bahwa semua nomor tidak ada benar salahnya. Maka dari itu, walaupun ada 2 pilihan pernyataan yang sama-sama tidak ada dalam diri kalian, kalian harus memilihnya. Yaitu memilih opsi yang paling dekat dengan kepribadian kalian.

kumpulansoaljakartacom

Psikotes Tes EPPS (sumber : kumpulansoaljakarta.com)

Apakah ada tips-tips tertentu untuk menyelesaikan tes EPPS ini?

Jawabannya tidak ada. Kalian harus memilih opsi dari semua nomor yang ada, tentunya dengan kejujuran yang tinggi. Psikotes pada bagian ini akan membantu perusahaan mengetahui kepribadian kalian, dan menentukan apakah cocok bekerja pada posisi yang kalian lamar. Dengan tes ini, kalian juga diharapkan tidak akan salah masuk dalam posisi pekerjaan yang tidak sesuai dengan kepribadian kalian.

kampoengilmucom

Psikotes Tes EPPS (sumber : kampoengilmu.com)

Satu-satunya tips dalam mengisi opsi dari setiap nomor di tes EPPS ini adalah jujur pada diri sendiri. Tanpa disadari, akan ada beberapa pilihan yang terus diulang-ulang, dan kalian harus menjawabnya dengan jawaban yang sama. Jika kalian menjawab dengan opsi yang berbeda, maka kalian tidak mengisi tes EPPS tersebut dengan jujur. Tentunya, jika ditemukan hasil yang seperti itu, kalian sendiri yang akan dirugikan.

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info