Tips Psikotest Part 1 : Lulus Tes Wartegg

Bagikan :

Aneh juga ya nama test ini? Ya, salah satu jenis tes yang ada di psikotest adalah Tes Wartegg. Bagi kalian yang pernah mengikuti psikotest sebelum masuk sebagai karyawan, maka kalian pasti juga mengerjakan test wartegg ini. Wartegg ini bukan berarti Warung Tegal ya! Wartegg adalah penemu atau pencetus test ini, yaitu Ehrig Wartegg, seorang psikolog berkebangsaan Jerman. Jika kalian ingat, maka dalam kertas test tersebut, kalian diminta untuk melanjutkan pola-pola yang sudah tersedia.

Nah, bagaimana sebenarnya tips dan trik agar kalian sukses mengerjakan Test Wartegg ini?

Dalam tes warteg, akan disajikan 8 kotak yang memiliki pola berbeda-beda, yaitu titik, garis melengkung, garis lurus berjejer, kotak hitam kecil, dua buah garis tegak lurus, dua garis tak beraturan, titik-titik yang melingkar, dan garis lengkung. Kalian diharuskan untuk menggambar pada kotak-kotak tersebut, tetapi melanjutkan pola yang sudah ada. Urutan menggambar bebas boleh dari kotak mana pun, namun nantinya kalian harus menomori urutan gambar dari yang pertama kali dibuat hingga yang terakhir diselesaikan.

edulogiblogspotcom

Test Wartegg (sumber : edulogi.blogspot.com)

Apakah kalian tahu?

Ternyata urutan dari pengerjaan akan menentukan seberapa teratur diri kalian. Orang yang menggambar sangat teratur dari mulai kotak pertama, kedua, dan selanjutnya hingga kotak kedelapan menunjukkan bahwa orang tersebut cukup konservatif dan sangat teratur, bisa dibilang sedikit kaku. Penilaian ini yang akan membantu rekruiter menemukan pola pikir kalian.

Pola?

Sebenarnya apa yang akan kalian gambar adalah sesuatu yang bebas. Tetapi, tiap pola yang ada semestinya menjadi petunjuk dari apapun yang harus kalian gambar. Garis lengkung melambangkan benda hidup, jadi cobalah untuk menggambar jamur yang tumbuh, atau hewan dari garis yang lengkung. Sementara garis lurus yang kaku melambangkan benda mati. Gambarlah pintu, tangga, lemari, atau apapun benda mati untuk garis lurus.

youtubecom

Test Wartegg (sumber : youtube.com)

Kelainan seksual?

Apakah ada penilaian tentang pemikiran seksual di tes ini? Percaya tidak percaya, ternyata jika seorang pria memulai urutan gambar dari kotak ke-5, pria tersebut kemungkinan mengalami kelainan seksual. Dari pernyataan ini, kalian sudah tahu kan harus mulai menggambar dari kotak berapa?

Jaga kebersihan kertas!

Etika menggambar yang baik adalah menjaga kertas tes agar tetap bersih. Itu juga yang diharapkan oleh rekruiter, agar kalian menggambar semua pola, tetapi tetap mempertahankan kebersihan kertas. Penilaian akan kerapian, kebersihan, dan keteraturan kalian dalam bekerja dapat diambil dari hasil tes ini.

pelajaransekolahonlinecom

Test Wartegg (sumber : pelajaransekolahonline.com)

Nah, sekarang kalian juga perlu tahu tentang makna dari setiap kotak yang ada. Dari sisi psikologi, makna dari setiap kotak yang harus kalian lewati adalah sebagai berikut :

  • Kotak 1 (titik kecil) : Pusat dari suatu benda, menggambarkan kelincahan.
  • Kotak 2 ( huruf S miring) : Menunjukkan kebebasan, cobalah menggambar burung.
  • Kotak 3 (garis lurus berjejer) : Keinginan memperbaiki diri, cobalah gambar tangga.
  • Kotak 4 ( kotak kecil) : Menunjukkan konstruksi yang kuat, gambarlah bangunan.
  • Kotak 5 ( dua garis lurus) : Menggambarkan ketepatan pemecahan masalah.
  • Kotak 6 (dua garis membentuk persegi) : Kesederhanaan dan realitas.
  • Kotak 7 (titik-titik) : Benda yang harus diperlakukan hati-hati, seperti ular, ulat.
  • Kotak 8 (garis lengkung) : Kebesaran dan kebijaksanaan, seperti gajah.

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerBali.info

LokerBali.info adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Bali terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerBali.info