Pura Ulun Danu Beratan, Provinsi Bali

Gubernur Bali Dari yang Pertama Hinga Sekarang

Gubernur Bali Dari yang Pertama Hinga Sekarang –  Sampai saat ini Pulau Bali sudah memiliki 9 Gubernur. Provinsi Bali lahir setelah penyatuan kembali wilayah Negara Indonesia Timur (NIT) ke dalam pangkuan Republik Indonesia. Provinsi Bali sudah terbentuk dari 1950 setelah lepas dari RIS (Republik Indonesia Serikat).

Namun, pembentukan dikukuhkan dengan Undang-Undang No. 64 Tahun 1958 tentang Pembentukan Daerah Tingkat I Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Sama seperti provinsi – provinsi lain yang ada di Indonesia, Provinsi Bali dipimpin oleh seorang Gubernur.

Apakah kamu mengetahui siapa saja yang pernah menjadi Gubernur Bali ? Yuk simak di bawah ini !

Daftar Gubernur Bali Sampai Sekarang 

Berikut ini adalah urutan Gubernur Bali dari yang Pertama sampai sekarang:

1. Anak Agung Bagus Sutedja

Anak Agung Bagus Sutedja Gubernur Bali
Anak Agung Bagus Sutedja  | Sumber : Wikipedia

Merujuk pada informasi dari situs resmi Pemerintah Provinsi Bali, setelah Bali melepaskan diri dari Republik Indonesia Serikat pada tahun 1950, sebuah sistem pemerintahan baru dibentuk, dimulai dengan pembentukan DPRD Sementara Daerah Bali. Gusti Putu Merta terpilih sebagai Ketua DPRD Bali, sementara Ida Bagus Oka menjadi wakilnya.

Setelah pelantikan DPRD Bali, dilaksanakan pemilihan Kepala Daerah Bali dengan dua calon, yakni Anak Agung Bagus Sutedja dan Tjokorda Anom Putra. Presiden Soekarno kemudian menyetujui Anak Agung Bagus Sutedja sebagai Kepala Daerah Bali pada tahun 1950.

Pada masa pertama berdirinya Provinsi Bali, dibentuklah DPRD Bali yang baru. Anak Agung Bagus Sutedja kembali ditetapkan sebagai Kepala Daerah Provinsi Bali dan dilantik oleh Presiden Soekarno pada 1959. Jadi Beliau menjabat sebagai Gubernur dari 1950-1958 dan 1959-1965.

2. I Gusti Ngurah Bagus Oka

I Gusti Ngurah Bagus Oka
I Gusti Ngurah Bagus Oka | Sumber : Wikipedia

I Gusti Ngurah Bagus Oka merupakan Gubernur provinsi Bali pada masa transisi setelah Provinsi Bali resmi dibentuk pada 14 Agustus 1958. Beliau menjabat sebagai Pejabat Kepala Daerah Tingkat I Bali yang pertama. Dia hanya menjabat pada tahun 1958-1959.

3. I Gusti Putu Martha

I Gusti Putu Martha
I Gusti Putu Martha | Sumber : Wikipedia

I Gusti Putu Martha merupakan Gubernur Bali ke-4 dengan masa jabatan 1965–1967. Beliau menggantikan Anak Agung Bagus Sutedja yang sebelumnya sudah menjabat dua periode.

4. Soekarmen

Soekarmen
Soekarmen | Sumber : Wikipedia

Brigjen TNI (Purn) Soekarmen pernah menjadi Gubernur Bali selama dua periode. Beliau merupakan Kepala Daerah Bali pertama yang beragama Islam. Gubernur yang memiliki latar belakang militer dengan pangkat terakhir sebagai Brigjen Purnawirawan terpilih menjadi Gubernur selama dua periode, pada tahun 1967-1971 dan 1971-1978

5. Ida Bagus Mantra

Ida Bagus Mantra
Ida Bagus Mantra | Sumber : Wikipedia

Ida Bagus Mantra adalah salah satu tokoh yang memiliki dampak signifikan di Bali. Mengacu pada informasi dari situs Kebudayaan Kemdikbud, Beliau pernah menjabat sebagai Gubernur Bali dalam dua masa jabatan, yaitu pada periode 1978-1983 dan 1983-1988.

Selain perannya sebagai Gubernur, dia juga dikenal sebagai tokoh di balik pendirian Fakultas Sastra Udayana yang merupakan cabang dari Universitas Airlangga Surabaya, dan fakultas ini resmi diresmikan pada tanggal 29 September 1958.

6. Ida Bagus Oka 

Ida Bagus Oka
Ida Bagus Oka | Sumber : Wikipedia

Gubernur Bali ke-7 ini menjabat pada periode 1988-1998. Beliau menjadi Kepala Daerah Provinsi Bali menggantikan Ida Bagus Mantra. Selain menjadi Kepala Daerah Bali, Beliau juga dikenal memegang jabatan sebagai Menteri Negara Kependudukan/Kepala BKKBN pada pemerintahan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie.

Beliau mendapatkan sanksi satu tahun penjara pada tahun 2001 atas kasus korupsi sebesar Rp 2,3 miliar.

7. Dewa Made Beratha 

Dewa Made Beratha 
Dewa Made Beratha | Sumber : Wikipedia

Pernah menjabat sebagai Bupati Bangli sebelum ditetapkan sebagai Gubernur Bali pada 1998. Sebelumnya, Dewa Made Beratha juga menjabat sebagai Sekda Bali. Beliau  menjadi Gubernur Bali pertama di era awal reformasi yang didukung oleh Partai PDI Perjuangan. beliau menjadi Kepala Daerah Bali sebanyak dua periode, yaitu 1998-2003 dan 2003-2008.

8. I Made Mangku Pastika 

I Made Mangku Pastika Gubernur Bali
I Made Mangku Pastika | Sumber : Wikipedia

Memiliki karier dalam kepolisian yang sangat gemilang, beliau pernah menjadi Wakapolda Bali dan Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (BNN) serta menjadi pemimpin tim investigasi Bom Bali. Jabatan terakhir I Made Mangku Pastika adalah Komjen Pol (Purn).

Beliau menjabat sebagai Gubernur selama 2 kali periode yaitu 2008-2013 dan 2013-2018.

9. I Wayan Koster

I Wayan Koster
I Wayan Koster | Sumber : Wikipedia

I Wayan Koster menjabat dari tahun 2018 – 2023. Beliau diusung oleh Partai PDI Perjuangan. Untuk saat ini jabatan beliau dipegang oleh Drs. Sang Made Mahendra Jaya, M.H sebagai Penjabat Gubernur Bali.

Nah sekian uraian lengkap tentang Gubernur Bali Dari yang Pertama Hinga Sekarang. Semoga artikel ini memberikan informasi baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Simak artikel menarik lainnya tentang Bali selalu di LokerBali.Info.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka