Apa itu Kartu Prakerja dan Bagaimana Cara Daftar?

Apa itu Kartu Prakerja dan Bagaimana Cara Daftar?

Apa itu Kartu Prakerja dan Bagaimana Cara Daftar? – Siapa yang tidak tahu kartu prakerja? Nampaknya setiap orang sudah mengetahui tentang kartu satu ini. Dengan kartu satu ini, pemerintah berharap akan dapat mendorong perekonomian di Indonesia. Salah satu program yang tentunya dapat membantu masyarakat. Meski sudah tidak asing lagi, nampaknya masih ada beberapa orang yang belum tahu tentang kartu satu ini.

Apa itu Kartu Pra Kerja?

Apa itu Kartu Prakerja dan Bagaimana Cara Daftar?
Ilustrasi Kartu Prakerja | Image Source : Shutterstock.com

Kartu Pra Kerja merupakan sebuah program yang dibuat oleh pemerintah yang bertujuan untuk mendorong perekonomian. Dapat diterima setelah peserta mendaftarkan diri secara online di laman prakerja.go.id

Kartu Pra Kerja ini rencananya akan di terapkan mulai awal bulan April 2020 guna mendongkrak perekonomian yang sedang menurun akibat imbas dari pandemi virus corona. Bagi yang sudah memiliki kartu ini nanti akan diwajibkan untuk mengikuti pelatihan yang disediakan secara online maupun tatap muka.

Cara dan Syarat Mendaftar untuk Kartu Pra Kerja

Apa itu Kartu Prakerja dan Bagaimana Cara Daftar?
Langkah Mendaftar Kartu Prakerja | Image Source : Google Image

Cara Mendaftar

Pendaftaran dilakukan di situs prakerja.go.id serta di dampingi oleh petugas pengantar kerja dari Disnaker. Peserta yang akan mendaftar akan diminta untuk mengisi data. Kemudian akan diarahkan untuk login, setelah berhasil login peserta akan menjalani seleksi.

Seleksi ini akan dilakukan berdasarkan hasil tes, verifikasi data, kemampuan dasar dan motivasi serta kuota yang tersedia juga menjadi pertimbangan seleksi. Langkah terakhir, peserta yang lolos dapat memilih jenis pelatihan yang sesuai keinginan pada website prakerja.go.id.

Setelah semua beres, penerima kartu akan mendapatkan uang saku yang dikirimkan ke dompet digital atau e-wallet, penerima Kartu Pra Kerja akan mendapatkan sertifikat sebagai modal kerjanya untuk kedepan.

Syarat

Syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta Kartu Pra Kerja adalah, Pertama calon peserta harus berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Kedua, yang dapat mendaftar merupakan lulusan SMA/SMK dan perguruan tinggi. Dan yang terakhir adalah masyarakat yang mengalami PHK dan para pegawai yang memiliki keinginan untuk menambah keterampilan dalam bekerja.

Sekian artikel satu ini tentang Apa itu Kartu Prakerja dan Bagaimana Cara Daftar?, semoga bermanfaat dan dapat membantu. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya disini.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka