Nasi Babi Guling

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler – Bali tak hanya terkenal dengan ragam budaya dan wisata yang menarik. Tentunya ada sisi lain yang mungkin tak akan pernah terlupakan saat berkunjung ke Bali, salah satunya kuliner Bali yang memiliki rasa yang khas.

Di Pulau Dewata, ada beragam kuliner menarik yang bisa kamu coba jika berkunjung ke Bali. Makanan khas Bali dengan olahan bumbu rempah tentunya akan buat kamu ngiler. Maka dari itu jika kamu berkunjung ke Pulau Dewata, jangan lupa nikmati beragam kulinernya ya.

Ada beberapa makanan khas Bali yang memiliki rasa yang enak. Beberapa makanan ini tentunya wajib kamu coba jika berkunjung ke Bali. Untuk kamu yang masih bingung dengan kuliner khas Bali yang enak, kami akan berikan beberapa kuliner khas yang bisa buat kamu ngiler dan ketagihan.

Makanan Khas Bali

1. Ayam Betutu

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler
Ilustrasi Ayam Betutu Bali | Image Source : instagram.com/miss_kuliner/

Ayam betutu khas bali tentunya sangat terkenal dan menjadi makanan favorit wisatawan yang berkunjung ke Bali. Hidangan dengan bahan dasar ayam ini memiliki rasa yang nikmat karena dimasak dengan bumbu rempah yang nikmat khas Bali. Dengan cita rasa yang khas dan nikmat, tentunya makanan satu ini selalu menjadi incaran jika berkunjung ke Pulau Dewata.

Bagi kamu yang berkunjung ke Bali, makanan satu ini menjadi rekomendasi untuk kamu coba. Di Bali ada beberapa warung makan yang menyediakan menu ayam betutu ini. Bagai sayur tanpa garam jika kamu datang ke Bali namun tidak mencoba Ayam Betutu.

2. Nasi Babi Guling

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler
Ilustrasi Nasi Babi Guling | Image Source : instagram.com/babiguling_panana/

Tak kalah menarik dan lezat dengan ayam betutu, makanan khas Bali satu ini juga menjadi favorit di Bali. Apalagi kalau bukan Babi Guling yang sudah tidak asing lagi di telinga. Makanan khas Bali satu ini wajib kamu coba jika berkunjung ke Bali.

Makanan khas Bali satu ini tentunya sangat lezat, dengan baluran bumbu rempah khas Bali. Ada banyak warung babi guling yang bisa anda coba di Bali dan tentunya memiliki rasa yang lezat. Misalnya saja ada Nasi Babi Guling Chandra di Jalan Teuku Umar, nasi Babi Guling Men Repot di kesiman dan masih banyak lainnya. Untuk kamu yang belum pernah mencobanya, yuk coba dan buktikan kenikmatannya.

3. Sate Lilit

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler
Ilustrasi Sate Lilit Khas Bali | Image Source : instagram.com/viveratakarinaleime/

Pernah mendengar sate lilit? Salah satu makanan khas Bali dengan rasa yang nikmat. Berbeda dengan jenis sate lainnya yang biasanya dagingnya ditusuk, namun pada sate satu ini daging dihaluskan. Setelah dihaluskan, daging akan dicampurkan bumbu khas agar rasanya nikmat, lalu dililitkan pada tusukan sate.

Sate lilit ini memiliki beberapa macam, ada sate lilit daging babi, ayam dan ikan laut seperti tuna. Tentunya makanan khas satu ini sangat digemari dan menjadi favorit setiap orang. Untuk anda yang berkunjung ke Pulau Dewata, jangan lupa untuk coba sate lilit ya, dan rasakan kenikmatannya.

4. Sate Plecing

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler
Ilustrasi Sate Plecing | Image Source : instagram.com/sateplecing_arjuna/

Tak kalah nikmat dengansate lilit, sate plecing juga menjadi makanan khas Bali yang banyak digemari. Sate tusuk dengan daging babi, ayam atau ikat laut ini pun wajib untuk anda kunjungi. Dengan baluran bumbu plecing khas Pulau Dewata yang khas dan nikmat, tentunya akan membuat kamu ketagihan.

5. Lawar

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler
Ilustrasi Lawar Bali | Image Source : https://www.instagram.com/nasikambingbb/

Buat kamu yang sudah pernah membeli nasi babi guling, tentunya sudah tidak asing lagi dengan lawar. Lawar merupakan olahan campuran sayuran dan daging cincang yang diberikan bumbu khas Bali. Biasanya lawar dibuat oleh masyarakat bali saat melakukan upacara agama.

Kamu dapat menikmati makanan khas Bali satu ini saat kamu membeli nasi babi guling atau nasi lawar. Terdapat banyak warung yang menyediakan hidangan satu ini, dan kamu bisa mencobanya. Lawar tak hanya berbahan daging babi, namun juga daging ayam. Jadi untuk kamu yang berkunjung ke Bali, jangan lupa cobain kenikmatan lawar Bali yang pastinya bikin ketagihan.

6. Tum Ayam/Babi

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler
Ilustrasi Tum Ayam | Image Source : instagram.com/jenggokil.id/

Tum atau pepes ini juga wajib kamu coba jika berkunjung ke Bali. Terbuat dari campuran daging ayam atau babi, dengan aneka bumbu khas Bali yang tentunya akan menambah kenikmatan. Semua bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan memiliki bentuk yang cukup unik, sebelum akhirnya dikukus.

7. Kuah Balung

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler
Ilustrasi Kuah Balung Khas Bali | Image Source : instagram.com/babigulingjerokawansunset/

Kuah balung merupakan hidangan kuah bumbu rempah yang nikmat dan diisi dengan balung daging babi. Dalam pembuatannya, balung akan direbus lama dengan bumbu rempah hingga bumbu meresap ke dalam daging. Makanan satu ini tentunya wajib kamu coba jika kamu berkunjung ke Bali.

8. Jukut Ares

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler
Ilustrasi Jukut Ares| Image Source : instagram.com/viveratakarinaleime/

Salah satu makanan khas Bali yang unik karena berbahan dasar batang pohon pisang yang masih muda. Batang pohon pisang ini diiris tipis yang kemudian dimasak dengan bumbu genep khas Bali. Biasanya dalam jukut are ini akan dicampurkan daging, seperti daging ayam, babi, atau entog. Semua bahan tersebut dimasak hingga bumbu benar-benar meresap, agar nikmat saat disantap.

9. Serombotan

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler
Ilustrasi Serombotan Khas Bali | Image Source : instagram.com/laskarkuliner/

Serombotan merupakan berbagai sayuran yang hidangkan dengan bumbu khas yang tentunya lezat yang diolah tanpa campuran daging. Makanan khas Bali satu ini sangat pas jika disantap dengan nasi putih hangat. Makanan ini merupakan makanan khas dari daerah Klungkung, Bali. Jangan lupa cobain serombotan kalau berkunjung ke Bali.

10. Rujang Bulung/ Rujak Kuah Pindang

10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler
Ilustrasi Rujak Bulung | Image Source : instagram.com/waroeng_kelan_indah/

Untuk kamu yang suka akan makanan pedas, kamu bisa cobain makan satu ini. Rujak bulung atau rujak rumput laut merupakan salah satu makanan khas Bali yang dicampur dengan beberapa bumbu rujak dan diisi kuah pindang untuk penambah kenikmatan rasanya.

Rujak kuah pindang juga menjadi makanan favorit, dengan bumbu dan campuran kuah pindang yang kamu dapat isi dengan beberapa buah-buahan. Biasanya rujak kuah pindang ini dicampur dengan buah mangga yang tentunya enak, namun kamu juga dapat menambahkan buah lainnya sesuai keinginan kamu.

Sekian 10 Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahui ragam masakan khas Bali. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Loker Bali Info Blog. Mau tau tempat makan terdekat di Bali yang enak ? Yuk lihat di Kooliner, dapatkan info kuliner terdekat.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka