Gaji Pelayaran di Indonesia Terbaru!

Gaji Pelayaran di Indonesia Terbaru!

Gaji Pelayaran di Indonesia Terbaru! – Industri pelayaran sangat digemari oleh orang – orang yang sedang mencari lowongan pekerjaan. Diminati karena gaji yang ditawarkan sangat menarik. Selain gaji yang menarik, kamu juga dapat bekerja sekaligus liburan.

Sangat menarik bukan ? di bawah ini terdapat ulasan lengkap tentang industri pelayaran, jenis pekerjaan di industri tersebut dan tentu saja gaji yang ditawarkan.

Pengertian Pekerjaan di Industri Pelayaran

Kapal Pesiar
Kapal Pesiar | Sumber : Istock

Sebelum kamu mengetahui apa saja jenis pekerjaan yang tersedia di industri pelayaran dan berapa gaji yang diberikan, pertama – tama kamu harus mengetahui apa itu Industri Pelayaran ?. Industri pelayaran adalah sektor ekonomi yang terkait dengan pengangkutan barang dan penumpang melalui laut.

Secara garis besar pekerjaan dalam industri pelayaran terbagi menjadi dua yaitu bagian mesin dan bagian dek. Setiap bagian memiliki besaran gaji yang berbeda – beda tergantung dari jabatan dan posisi yang kamu pegang. Jabatan tertinggi di pekerjaan pelayaran adalah nahkoda atau kapten kapal.

Besaran Gaji Pelayaran 

Gaji dalam industri pelayaran di Indonesia relatif tinggi karena tunjangan dan fasilitas – fasilitas menarik. Keadaan ini disebabkan oleh perhatian pemerintah terhadap profesi dalam industri pelayaran serta kompleksnya- tuntutan pekerjaan dan lingkungan kerja yang tidak mudah.

Gaji pelayaran di Indonesia didasari oleh Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 2 Tahun 2019. Peraturan tersebut berisi pembahasan tentang Komponen Biaya dan Pendapatan yang  Diperhitungkan dalam Penyelenggaraan Angkutan Kewajiban Pelayanan Publik Bidang Angkutan Laut untuk Penumpang Kelas Ekonomi.

Gaji Pokok 

Gaji pokok untuk kapten dan awak kapal di industri pelayaran Indonesia akan disesuaikan dengan pangkat dan golongan mereka. Berikut ini besaran gaji pokok yang akan diterima bilaman kamu berkari di industri pelayaran

  • Golongan I berkisar antara Rp319.000 hingga Rp693.000
  • Golongan II berkisar antara Rp432.000 hingga Rp1.085.000
  • Golongan III berkisar antara Rp572.000 hingga Rp1.400.300
  • Golongan IV berkisar antara Rp668.000 hingga Rp1.703.900

Tunjangan Tetap 

Pekerja di industri pelayaran tidak hanya akan menerima gaji pokok, tetapi juga berbagai jenis tunjangan. Jenis tunjangan tetap akan secara rutin diberikan kepada nakhoda dan ABK. Untuk besaran tunjangan tetap tidak ada hubungan dengan apa saja pencapaian yang kamu dapatkan.

Besar tunjangan yang kamu dapat dibedakan dengan penggolongan kelas. Berikut ini  besaran tunjangan tetap bagi pekerja dalam bidang industri pelayaran Indonesia.

  • Kelas jabatan 2 berkisar Rp7.060.667
  • Kelas jabatan 3 berkisar Rp6.060.673
  • Kelas jabatan 4 berkisar Rp5.230.495
  • Kelas jabatan 5 berkisar Rp4.898.518
  • Kelas jabatan 6 berkisar Rp4.184.568
  • Kelas jabatan 7 berkisar Rp3.570.048
  • Kelas jabatan 8 berkisar Rp3.302.124
  • Kelas jabatan 9 berkisar Rp2.819.642
  • Kelas jabatan 10 berkisar Rp2.646.889
  • Kelas jabatan 11 berkisar Rp2.548.909
  • Kelas jabatan 12 berkisar Rp2.502.333
  • Kelas jabatan 13 berkisar Rp2.346.221
  • Kelas jabatan 14 berkisar Rp2.330.869
  • Kelas jabatan 15 berkisar Rp2.216.288

Tunjangan Komando 

Dalam industri pelayaran Indonesia, seorang yang memegang jabatan tertentu di kapal memenuhi syarat untuk menerima tunjangan khusus yang dikenal sebagai tunjangan komando. Orang-orang seperti kepala kamar mesin, mualim I, dan Masinis I akan memperoleh tunjangan komando dalam industri pelayaran Indonesia.

Tunjangan ini akan disesuaikan dengan jenis kapal dan jabatan yang diemban oleh penerima.

Tunjangan Profesi 

Bagi para dokter dan perawat yang bertugas di atas kapal akan mendapatkan tunjungan khusus yang disebut tunjangan profesi.

Tunjangan Cuti

Tunjangan cuti dalam industri pelayaran merujuk pada tunjangan yang setara dengan satu kali gaji, yang terdiri dari gaji pokok ditambah tunjangan tetap dan tambahan tunjangan tidak tetap, seperti tunjangan khusus dan tunjangan prestasi.

Biasanya, tunjangan ini diberikan pada akhir setiap tahun kepada para pekerja di industri pelayaran.

Jenis Pekerjaan Pelayaran yang Paling Diminati

Setelah kamu mengetahui berapa besaran gaji yang didapatkan dalam industri pelayaran, di bawah ini terdapat penjelasan tentang apa saja jenis pekerjaan di industri ini yang paling banyak diminati.

Tentu saja dalam melamar pekerjaan di industri pelayaran kamu harus menyiapkan beberapa dokumen seperti SKCK, KTP, Pas Foto, Surat lamaran kerja dan tentu saja CV.

Juru Masak 

Juru masak kapal adalah seseorang yang bertanggung jawab atas persiapan, memasak, dan penyajian makanan di kapal. Mereka memiliki peran penting dalam memastikan ketersediaan makanan yang bergizi dan memenuhi kebutuhan gizi awak kapal dan juga penumpang selama pelayaran.

Juru Kemudi

Juru kemudi kapal, atau yang sering disebut dengan istilah timonier dalam bahasa prancis adalah awak kapal yang memiliki tugas untuk menjaga kemudi kapal tetap pada jalur yang benar sesuai dengan instruksi dari perwira kapal atau nakhoda.

Kelasi

Awak kapal yang memiliki jabatan sebagai kelasi memiliki tugas dalam merawat bagian lambung kapal dan juga membantu dalam mengelola muatan yang dibawa kapal. Kelasi juga akan ikut membantu pekerjaan lain sesuai dengan arahan kapten kapal.

Masinis 

Masinis kapal adalah seorang yang memiliki tanggung jawab dalam mengelola dan menjaga kinerja mesin kapal. Biasanya, terdapat tiga masinis di sektor mesin kapal, masing-masing dengan tugas dan tanggung jawab yang spesifik.

Masinis 1 memiliki tanggung jawab terhadap mesin induk kapal, sementara Masinis 2 bertugas di wilayah mesin bantu kapal. Selanjutnya, Masinis 3 memiliki tugas terkait semua jenis mesin pompa di kapal.

Mualim 

Sama seperti jabatan masinis, jabatan mualim di kapal biasanya diisi oleh tiga orang. Mualim 1 memiliki tanggung jawab mengelola muatan, mengatur arah kapal, dan mengurus persediaan air tawar.

Mualim 2 bertanggung jawab membuat jalur pelayaran dan mengatur peralatan navigasi. Sementara itu, mualim 3 memiliki tugas untuk melakukan pemeliharaan, mengatur, dan melakukan pemeriksaan pada peralatan keselamatan kapal.

Oiler 

Awak kapal bagian mesin ini bertugas untuk membuang dan mengisikan bahan bakar serta minyak pelumas adalah tugas dari juru minyak atau oiler di kapal.

Mereka memiliki kewajiban untuk memberitahu masinis jika terdapat masalah pada mesin kapal.

Chief Engine 

Jabatan Chief Engine adalah jabatan yang tertinggi di bagian mesin. Seseorang yang memegang jabatan ini memiliki tanggung jawab tentang mesin pada kapal. Tugas – tugasnya yaitu mengawasi mesin bantu, mesin pompa, mesin induk, mesin sekoci, mesin freezer dan jenis mesin lainnya.

Selain itu untuk chief engineer sendiri akan menerima laporan dari pihak masinis 1, 2 dan 3 serta oiler tentang bagaimana jalannya tugas mereka.

Nahkoda atau Kapten Kapal 

Nakhoda memegang tanggung jawab atas segala aspek di dalam kapal dan berperan sebagai pemimpin selama pelayaran. Jabatan ini adalah jabatan yang tertinggi di sebuah kapal.

Nah sekian pembahasan dari artikel Gaji Pelayaran di Indonesia Terbaru!. Semoga dengan ulasan ini dapat menjadi sebuah refrensi bagi kamu tentang berkarir di industri pelayaran. Simak artikel menarik lainnya di LokerBali.info.

Semoga Bermanfaat !

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka