Cara Mengontro Rasa Cemas Berlebihan Akibat Pandemi

Kamu Masih Cemas Berlebihan Saat Pandemi Sedang Berlangsung? Baca ini Yuk

Kamu Masih Cemas Berlebihan Saat Pandemi Sedang Berlangsung? – Virus corona atau Covid-19 yang berpengaruh atau berdampak ke seluruh aspek kehidupan. Penyebarannya yang massif tidak hanya menyerang aspek ekonomi dam social, namun juga persoalaan kesehatan mental. Banyak orang yang merasakan cenas di tengah pandemi covid-19 ini. Banyak rencana yang harus tertunda karena pandemi ini terjadi. Bagi beberapa orang, ganguan kecemasan yang mereka alami semakin bertambah seiring meningkatnya kasus positif covid-19 ini. Banyak yang ketakutan karena khawatir dengan masa depan yang tak pasti. Pasalnya, pandemic yang angkanya selalu meningkat ini sangat sulit diprediksi kapan akan berakhir.

Pandemi ini juga mengharuskan para pekerja untuk bekerja dari rumah atau work from home. Namun, kebanyakan orang diputuskan dari pekerjaan mereka karena perusahaan tidak dapat berjalan dalam masa pandemi ini. Meskipun beberapa orang yang bisa bekerja dari rumah, nyatanya mereka msaih kesusahan dalam mengatur jam kerja mereka. Banyak diantara mereka yang kehilangan waktu untuk sekedar menikmati waktu luang. Tentunya pemicu rasa cemas tak hanya didukng oleh factor yang terlihat, terkadang malah sebaliknya.

Meski tidak mudah, bagimanapun juga aktivitas haruslah berjalan. Jangan sampai rasa cemas menguasai pikiranmu yang jelas dapat menghambat aktivitasmu. Bahkan, kecemasan yang berlebihan dapat membuatmu gampang terserang penyakit. Banyak orang yang kebingungan dan bertanya-tanya tentang cara mengontrol rasa cemas. Nah, dari itu kami berniat memberikan cara mengortrol rasa Cemas Berlebihan Saat Pandemi untukmu agar bisa beraktifitas tanpa hambatan.

Cara Mengontro Rasa Cemas Berlebihan Akibat Pandemi

  1. Cemas Itu Wajar Kok

Cara Mengontro Rasa Cemas Berlebihan Akibat Pandemi

Perlu anda ketahui bahwa merasa cemas di tengah pandemi ini merupakan hal yang wajar. Cemas merupakan bentuk mekanisme pertahanan seseorang dalam menghadapi suatu ancaman. Kamu juga perlu tahu, bahwa diluarsana banyak yang mengalami hal serupa seperti rasa cemas yang kamu rasakan.

  1. Lakukan Identifikasi

Cara Mengontro Rasa Cemas Berlebihan Akibat Pandemi

Indentifikasi factor penyebab timbulnya kecemasan yang berlebihan. Setelah kamu menyadari bahwa kamu tidak sendiri merasakan semua ini, selanjutnya cari sebab kecemasanmu. Kamu harus mengidentifikasi penyebab timbulnya rasa ini, sehingga kamu bisa melakukan antisipasi lebih awal.

  1. Tidur Berkualitas

Cara Mengontro Rasa Cemas Berlebihan Akibat Pandemi

Sebaiknya jangan terlalu overthing sehingga tidurmu menjadi tidak nyaman bahkan menjadi tidak berkualitas. Tahukah kamu, bahwa tidur yang berkualitas dihitung dari nyenyak atau tidaknya kamu tertidur. Bukan berdasarkan lamanya tertidur karena tidur, namun tidur berkualitas meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

  1. Puasa Informasi

Cara Mengontro Rasa Cemas Berlebihan Akibat Pandemi

Bukannya tenang, terpapar informasi tentang pandemi covid-19 secara berlebihan malah membuatmu semakin cemas dan mejadi parno. Ini merupakan hal yang dapat menimbulkanrasa cemas secara berlebihan. Maka dari itu, jika berita tentang covid-19 masih beredar di media onlinemu atau televisimum, baiknya kamu hindari. Ini dilakukan agar tidak timbul ketakutan dan kecemasan yang berlebihan sehingga tidak menghambat aktivitas.

  1. Filter Konten Digital

Cara Mengontro Rasa Cemas Berlebihan Akibat Pandemi

Cobalah untuk lebih selektif terhadap pemilihan tontonan konten. Carilah konten yang membuat anda senang dan lupa dengan pandemi ini. Hindari toxic dan akan meringankanmu dari kecemasan yangberlebihan dimasa pandemi ini.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menghindari kecemasan dengan berlebihan. Jangan terlalu memikirkan pademi serta informasinya, karena dapat membuat mentalmu terganggu. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda mengatasi kecemasan yang berlebihan. Simak artikel menarik lainnya hanya di Lokerbali.info.

Mungkin Kamu Juga Suka

Artikel terbaru

Kategori