Tips Bercocok Tanam Di Lahan Sempit, Yuk Simak Disini!

Tips Bercocok Tanam Di Lahan Sempit, Yuk Simak Disini!

Tips Bercocok Tanam Di Lahan Sempit, Yuk Simak Disini! – Bagi beberapa orang kegiatan bercocok tanam merupakan kegiatan yang menyenangkan dan sangat bermanfaat. Namun banyak juga yang beralasan kalau ingin berkebun memerlukan lahan yang luas. Akhirnya mereka memilih untuk tidak berkebun dikarenakan areal rumah mereka yang terlalu sempit untuk berkebun.

Perihal lahan sebenarnya tidak menjadi masalah untuk kegiatan berkebun, karena masih ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan lahan sempit. Apalagi dengan keadaan pandemi Covid-19 ini orang – orang diharuskan berada di rumah, berkebun bisa jadi kegiatan baru yang kalian bisa dalami.

Tips Bercocok Tanam Di Lahan Sempit

1. Beralih dari Pot Menjadi Kantong Tanaman

Tips Bercocok Tanam Di Lahan Sempit, Yuk Simak Disini!
Ilustrasi Kantong Tanaman | Image Source : Pinterest.com

Penggunaan pot untuk bercocok tanam tentu akan memakan banyak ruang. Jadi dengan menggantinya menggunakan kantong tanaman dan diletakankan secara vertical, tentunya akan mengurangi penggunakan ruang. Kalian cukup menggunakan kantong tanaman yang bisa kalian beli secara online untuk saat ini. Kantong tanaman tersebut bisa kalian gunakan sebagaimana seperti pot, kalian berikan tanah, pupuk dan benih tanaman kalian. Lalu kalian bisa letakkan pada dinding di areal halaman kalian.

2. Berkebun Secara Vertikal

Tips Bercocok Tanam Di Lahan Sempit, Yuk Simak Disini!
Ilustrasi Berkebun Secara Vertikal | Image Source : Pinterest.com

Berkebun dengan cara ini dapat kalian terapkan seperti menggunakan kantong tanaman sebelumn ya. Kalian bisa berkreasi juga, bisa kalian bangun sebuah bidang vertikal menggunakan besi ataupun kayu sebagai tempat kalian meletakkan  tanaman kalian. Kalian juga bisa memanfaatkan botol – botol bekas minuman kemasan kalian. Dengan cara menggunakan botol bekas ini , selain bercocok tanam kalian juga bisa membantu mengurangi sampah plastik.

3. Berkebun di Dapur Sekaligus Sebagai Hiasan

Berkebun di Dapur Sekaligus Sebagai Hiasan
Ilustrasi Berkebun di Dapur | Image Source : Pinterest.com

Dapur juga bisa kalian gunakan sebagai tempat untuk berkebun. Jika kalian memiliki dapur yang terdapat jendela da nada cahaya matahari yang masuk, kalian bisa memanfaatkan sedikit bidang pada dapur kalian yang dekat dengan jendela untuk bercocok tanam.

4. Hidroponik

Tanaman Hidroponik
Tanaman Hidroponik | Image Source : Pintersest.com

Hidroponik merupakan sebuah metode bercocok tanam yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Metode ini difokuskan pada pemenuhan nutrisi untuk tanaman. Media yang dapat digunakan biasanya adalah pipa. Kelebihan dari metode hidroponik ini adalah kalian bisa meletakkannya didalam maupun diluar ruangan.

Itulah beberapa tips untuk kalian yang ingin bercocok tanam di rumah. Untuk benih tanaman yang ingin kalian tanam, kalian masih bisa berbelanja secara online karena sekarang sudah ada banyak dijual di berbagai situs online. Intinya jika kalian memang benar – benar berniat untuk bercocok tanam, segala cara pasti bisa dilakukan.

Sekian artikel menarik tentang Tips Bercocok Tanam Di Lahan Sempit, Yuk Simak Disini!, semoga bermanfaat dan dapat membantu. Jangan lupa untuk simak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya disini.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka