Simak Tips Lolos FGD, Manjur! (Bagian 2)

Simak Tips Lolos FGD, Manjur! (Bagian 2)

Di artikel sebelumnya yang juga membahas tentang FGD, kami sudah mencoba memberikan tips-tips ringan buat kalian yang akan mengikuti FGD. Focus Group Discussion (FGD) atau Leaderless Group Discussion (LGD) biasanya menjadi hal yang cukup berat bagi sebagian besar orang yang mengikuti proses seleksi, termasuk seleksi ketika akan masuk dalam perusahaan.

Tantangan untuk berdiskusi dengan orang yang baru dikenal sangat susah untuk dilewati. Biasanya ketika kalian akan berdiskusi, maka sekelompok orang yang akan berdiskusi adalah orang-orang yang sudah dikenal, dan mudah untuk diajak bertukar pikiran.

Tetapi untuk diskusi yang satu ini justru sangat berbeda, kalian akan dihadapkan pada sekelompok orang yang berbeda-beda, dan belum pernah mengenal sama sekali.

 

Ilustrasi Berdiskusi
Sumber: Pexels.com

 

Ada banyak sekali tantangan yang ada di tahapan seleksi FGD ini. Tak heran kalau banyak orang merasa bahwa FGD adalah bagian terberat dari sebuah seleksi pekerjaan. Tips lain yang bisa kalian ikuti agar kalian bisa mempersiapkan diri kalian untuk sukses di FGD adalah sebagai berikut, Simak Cara Lolos FGD :

Be confident, smart, dan meyakinkan

Ilustrasi Saat Menjelaskan
Sumber: Pexels.com

 

Trik ini bukanlah trik yang curang, kalian harus benar-benar berpenampilan menarik selama diskusi. Kalian juga harus memiliki wawasan yang luas dengan memperbanyak bacaan mengenai perusahaan dan masalah apa yang sedang di hadapi perusahaan saat ini. Dari situ kalian juga bisa mulai memikirkan apa kira-kira masalah yang diangkat dalam FGD dan solusi apa yang dapat kalian tawarkan sehingga dalam FGD anda terlihat smart dan menyakinkan.

Jangan Kaku atau Terlalu Fleksibel

Ilustrasi Bekerja Sama
Sumber: Pexels.com

Pendapat dan kata-kata kalian yang akan menjadi tolok ukur penilaian selama FGD. Jangan terlalu mudah terbawa arus tapi jangan juga terlalu kaku alias terlalu kukuh pada pendapat dan pendirian kalian. Jika kalian di debat usahakan jangan langsung mengiyakan. Kalau begitu caranya kalian akan dicap oleh pengawas sebagai orang yang kurang teguh pendirian dan mudah terbawa arus. Upayakan sebaik mungkin agar pendapat kalian juga diterima oleh forum.

Tapi jika setelah 2 atau 3 kali kalian menjelaskan pada forum ternyata pendapat kalian tidak mereka terima maka hargailah pendapat yang diterima oleh forum. Dalam FGD jangan lupa untuk selalu menghargai pendapat dan kata-kata lawan, karena dalam etika berdiskusi, hal tersebut adalah yang paling ditekankan.

Kesimpulan? 

Jika waktu diskusi sudah hampir habis, ingatkan pada seluruh peserta. Kalau memang pada saat itu masih belum menemukan sebuah solusi bersama yang kongkrit maka ingatkan kembali teman-teman kalian untuk mencapai kata sepakat. Arahkan mereka pada sebuah kesimpulan. Tidak harus kalian yang menyimpulkan, tapi dengan kalian mengingatkan teman-teman untuk membuat kesimpulan sudah menjadi poin plus untuk anda. Dengan adanya aksi tersebut, kalian akan dinilai sebagai orang yang memiliki konsistensi waktu. Nah itu tadi tips dan cara lolos FGD, semoga bermanfaat ya.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka