Pendaftaran Seleksi CPNS 2021 Resmi Dibuka! Simak Jadwal Disini

Pendaftaran Seleksi CPNS 2021 Resmi Dibuka! Simak Jadwal Disini

Pendaftaran Seleksi CPNS 2021 Resmi Dibuka! Simak Jadwal Disini – Ada berita penting untuk kalian! Sekarang pendaftaran seleksi CPNS 2021 telah dimulai. Untuk anda yang mau mendaftar CPNS, yuk bisa simak tanggal pendaftarannya dibawah ini.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang selaku Ketua Pelaksanaan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Telah merilis jadwal pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021. Pengumunan ini disampaikan melalui Surat Kepala BKN Nomor 5587/B-KS.04.01/SD/K/2021 tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non-Guru Tahun 2021.

Surat Kepala BKN Nomor 5870/B-KS.04.01/SD/K/2021 tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan PPPK Guru Tahun 2021 juga mengacu kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Instansi Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2021

Pendaftaran Seleksi CPNS 2021 Resmi Dibuka! Simak Jadwal Disini
Ilustrasi PNS | image Source : Shutterstock.com

Pelaksanaan seleksi akan diawali dengan pendaftaran online melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN dengan link https://sscasn.bkn.go.id. Akan dibuka mulai tanggal 30 Juni 2021 hingga 21 Juli 2021 mulai pukul 18.30 WIB. Pada rangkaian seleksi, PPPK Guru dan Non-Guru Tahun 2021 yang meliputi pendaftaran hingga penetapan Nomor Induk Kepegawaian (NIP) yang akan berlangsung hingga bulan Februari 2022 nanti.

Instansi Pemerintah yang membuka formasi seleksi ASN Tahun 2021 dengan jumlah total 568 formasi. Yang meliputi :

  • 55 Instansi Pusat.
  • 33 Instansi Pemerintah Provinsi.
  • 480 Instansi Pemerintah Kabupaten/Kota.

Jumlah diatas berdasarkan progress finalis formasi pada SSCASN  30 Juni 2021.

Adapun tahapan pelaksanaan pada masing-masing seleksi, sebagai berikut :

  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Serta Seleksi Kompentensi Bidang (SKB).

Untuk seleksi CPNS, meliputi Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi (Kompetensi Teknis, Manajeral dan Struktural), Wawancara untuk Seleksi PPPK.

Pada Seleksi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non-Guru tahun 2021, BKN akan tetap menyediakan layanan masa sanggah 2 kali kesempatan. Yakni setelah pengumuman hasil seleksi administrasi dan setelah integrasi nilai SKD dan SKB sebelum pengumuman akhir hasil seleksi. Setiap peserta dapat menggunakan layanan masa sanggah ini melalui portal SSCASN. Seluruh pendaftaran seleksi akan dilakukan melalui satu portal SSCASN yang diintegrasikan dengan sejumlah data, yakni :

  • Data Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dikelola oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)
  • Data Guru Non-ASN dan lulusan PPG untuk pelaksanaan seleksi PPPK Guru yang bersumber dari Kemendibudristek dikti dan data Tenaga Honorer K2 BKN.
  • Akreditasi Program Studi maupun Akreditas Universitas dan Lembaga Pendidikan Tinggi yang dikelola oelh Kemendiburistek.Serta terintegrasi dengan Surat Tanda Registrasi (STR) untuk formasi Tenaga Kesehatan yang dikelola Kementerian Kesehatan.

Baca Juga Persiapan Mengikuti Tes CPNS agar kamu tidak bingung nantinya. Semoga informasi ini membantu dan jangan lupa kirim ke teman, saudara, atau kerabat kamu yang membutuhkan info lowongan CPNS 2021 yang sudah dibuka per tanggal 30 Juni 2021. Semoga semua sukses!

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka