Persiapan Mengikuti Tes CPNS

Persiapan Mengikuti Tes CPNS – Pelaksanaan seleksi CPNS 2019 sudah berlangsung hingga tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Sebagian instansi sudah menyelenggarakan seleksi tersebut. Sementara beberapa instansi khususnya kementerian, masih belum melaksanakan seleksi. Namun jadwal seleksi dan lokasi seleksi sudah ditentukan dan diinfokan melalui website resmi masing-masing instansi. Bagi kalian yang akan mengikuti seleksi, ada beberapa hal yang harus kalian siapkan. Selain mempelajari materi-materi soal, ada juga beberapa hal sederhana yang harus diperhatikan dan disiapkan jauh-jauh hari sebelum tes. Nah apa saja nih yang perlu disiapkan selain belajar latihan soal? Berikut adalah Persiapan Mengikuti Tes CPNS yang perlu kalian perhatikan.

1. Perhatikan Jadwal dan Lokasi Tes CPNS

Karena masing-masing instansi menyelenggarakan tes di waktu dan lokasi yang berbeda-beda, maka kalian harus secara aktif mencari informasi tentang jadwal dan lokasi tes. Hal yang perlu dicatat adalah jangan mengandalkan orang lain untuk mencari informasi. Jadilah pribadi yang aktif dan bertanggungjawab untuk diri sendiri. Setelah mengetahui jadwal dan lokasi tes, catatlah dalam agenda agar kalian tidak lupa. Terkadang, perubahan jadwal dan lokasi bisa saja terjadi. Maka dari itu, teruslah mengikuti informasi melalui sosial media atau website instansi tempat kalian melamar. Sehingga jika terjadi perubahan jadwal dan lokasi, kalian tidak ketinggalan informasi tersebut.

 

Persiapan Mengikuti Tes CPNS
Persiapan Mengikuti Tes CPNS | image source: www.pexels.com

2. Perhatikan Ketentuan Seragam Mengikuti Tes CPNS

Persiapan mengikuti tes CPNS selanjutnya adalah persiapan seragam. Perhatikan dengan seksama pengumuman mengenai pelaksanaan tes CPNS. Pada pengumuman pelaksanaan tes, seragam yang kalian gunakan sudah ditentukan oleh penyelenggara. Mulai dari baju, celana/rok hingga alas kaki. Jika sudah mengetahui ketentuan seragam, segera persiapkan. Kalian bisa cek lemari kalian apakah baju dan celana/rok kalian sudah siap dikenakan atau belum. Begitu pula dengan sepatu, apakah sudah siap pakai atau tidak. Gunakanlah pakaian dan alas kaki senyaman mungkin agar tidak mengganggu konsentrasi kalian saat mengerjakan soal-soal tes. Jangan sampai kalian tidak bisa mengikuti tes karena tidak memperhatikan ketentuan seragam yang seharusnya digunakan ya!

 

Persiapan Mengikuti Tes CPNS
Persiapan Mengikuti Tes CPNS | image source: www.pexels.com

3. Perhatikan Barang Bawaan Untuk Mengikuti Tes CPNS

Barang bawaan merupakan hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan sebelum mengikuti tes CPNS. Perhatikan dengan seksama dokumen apa saja yang harus kalian bawa. Pastikan barang bawaan yang sudah ditentukan tersebut sudah kalian bawa pada saat mengikuti tes CPNS. Sebelum berangkat, alangkah baiknya jika kalian memeriksa kembali seluruh kelengkapan kalian. Sehingga tidak ada yang tertinggal dan mengganggu pikiran kalian dalam mengerjakan soal-soal tes.

 

Persiapan Mengikuti Tes CPNS
Persiapan Mengikuti Tes CPNS | image source: www.pexels.com

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan mengikuti tes CPNS. Bagaimana, apakah kalian sudah siap menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara? Baca juga artikel tentang Kisi-Kisi SKD CPNS 2019 untuk melengkapi persiapan kalian. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka