Tari Kecak Bali

Tari Kecak : Tarian Tradisional Bali yang Mendunia

Halo teman-teman! Hari ini, kita akan membahas tentang tari kecak yang merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Bali, Indonesia. Tari ini merupakan salah satu tarian yang paling terkenal di Bali dan sering ditampilkan untuk wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut.

Tari kecak diciptakan oleh Wayan Limbak pada tahun 1930-an dan pertama kali ditampilkan di hadapan umum pada tahun 1936. Tari ini terinspirasi dari cerita Ramayana, yaitu sebuah kisah epik yang berasal dari India dan sangat populer di Indonesia.

Tarian kecak terdiri dari sekitar 50 hingga 100 orang laki-laki yang menyanyikan nyanyian kecak dengan irama yang menyerupai suara “cak cak cak” dengan menepuk tangan mereka. Selain itu, tari ini juga menampilkan pemain-pemain yang menyamar menjadi tokoh-tokoh dalam cerita Ramayana, seperti Rama, Sita, dan Hanuman.

Baca juga : Salam Bahasa Bali yang Terkenal

Tarian ini juga sering diselenggarakan di pura (temple) sebagai bagian dari upacara adat Bali. Selain itu, tari kecak juga sering ditampilkan di taman hiburan sebagai pertunjukan untuk wisatawan.

Berikut adalah beberapa tempat di Bali yang sering menampilkan pertunjukan tari kecak:

1. Uluwatu

Menonton Tari Kecak di Uluwatu Ditemani Sunset
Menonton Tari Kecak di Uluwatu Ditemani Sunset – src : istock.com

Menyaksikan penampilan tarian ini di Uluwatu tentu akan kamu ingat sepanjang masa. Bagaimana tidak, panggung untuk menyaksikan tarian ini tepat diatas bukit dengan panorama laut lepas dan sunset yang indah. Belum lagi kamu dapat melihat Pura Uluwatu dari tempat dudukmu. Pementasan dilakukan setiap hari dan dibuka sekitar jam 17.15. Untuk pementasan sendiri dilaksanakan pukul 18.00 dan berakhir pukul 19.00 Wita. Untuk harga tiket orang dewasa mulai Rp.175.000 dan untuk anak-anak mulai Rp.75.000. Anak dibawah tahun gratis.

2. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot merupakan salah satu pura terkenal di Bali yang terletak di desa Beraban, Kabupaten Tabanan. Selain menjadi tempat wisata yang indah, Pura Tanah Lot juga sering menyelenggarakan pertunjukan tari kecak yang ditampilkan oleh para pedanda (pendeta) di pura tersebut.

3. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Taman Hiburan Garuda Wisnu Kencana merupakan salah satu taman hiburan terkenal di Bali yang terletak di desa Bukit Ungasan, Kabupaten Badung. Selain menyelenggarakan pertunjukan tari kecak, taman ini juga menyajikan berbagai pertunjukan lainnya seperti tari barong, tari pendet, dan tari oleg tamulilingan.

Tari inimerupakan salah satu tarian yang sangat indah dan menarik untuk ditonton. Jika kamu berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk menonton tarian kecak yang pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi kamu.

Terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa lagi di blog post selanjutnya! Lihat juga selain kecak, 10 tari yang sering dipentaskan untuk turis

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka