6 Salam Bahasa Bali yang Wajib Kamu Tau

6 Salam Bahasa Bali yang Wajib Kamu Tau

6 Salam Bahasa Bali yang Wajib Kamu Tau – Bali merupakan daerah wisata yang memiliki ragam tradisi adat yang menarik dan pemandangan yang indah. Ini yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berlibur ke Pulau Dewata. Tak hanya keunikan dalam adat istiadatnya, Bali juga terkenal dengan ragam kuliner yang khas.

Bali juga memiliki bahasa daerah yang khas dan unik. Bahasa sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat bali untuk berkomunikasi. Terkadang wisatawan juga harus mengerti sedikit tentang bahasa Bali, seperti salam dalam bahasa Bali.

Ada beberapa salam dalam bahasa Bali yang mungkin pernah kamu dengar namun tidak tahu artinya. Untuk itu, kami akan berikan contoh salam bahasa Bali dan penjelasannya.

Salam Dalam Bahasa Bali

6 Salam Bahasa Bali yang Wajib Kamu Tau
Salam Bali | Image Source : Pinterest.com

1. Om Swastiastu

Om Swastiastu merupakan kata sapaan yang kerap digunakan oleh masyarakat Bali saat bertemu dengan seseorang. Dapat diartikan sebagai kata “Halo” dalam bahasa Indonesia. Kata ini juga selalu digunakan dalam pembukaan acara resmi di Bali.

Kata Om merupakan Prenawa dalam Weda. Salam Om Swastiastu menjadi salam resmi dan kerap digunakan dalam sidang-sidang Dewan Perwakilan hingga pertemuan lainnya. Ketika membuka dengan kata om swastiastu, maka mengakhirinya dengan Om shanti, shanti, shanti Om yang berarti damai.

2. Rahajeng

Rahajeng merupakan salam dengan keterangan waktu khusus, atau salam yang digunakan untuk mengucapkan selamat pada hari tertentu. Misalnya :

  • Rahajeng semeng : Merupakan salam yang digunakan pada saat pagi hari. Rahajeng yang berarti “Selamat” dan Semeng yang berarti “Pagi”. Maka dari itu, salam ini digunakan menyapa seseorang saat pagi hari.
  • Rahajeng tengahi : Merupakan salam yang digunakan pada siang hari. Rahajeng yang berarti “Selamat” dan Tengahi yang berarti “Siang”. Dengan inilah, salam ini selalu digunakan pada waktu siang hari.
  • Rahajeng wengi : Merupakan salam yang digunakan ketika malam hari. Sama seperti diatas, rahajeng wengi berarti selamat malam. Maka dari itu, salam ini digunakan ketika menyapa atu bertamu pada waktu malam hari.

3. Rahajeng Wanti Warsa

Salah satu salam yang kerap digunakan oleh masyarakat Bali. Salam ini digunakan saat mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang dalam bahasa Bali. Rahajeng yang berarti “Selamat” dan Wanti Warsa berarti “Ulang Tahun”.

4. Rahajeng Warsa Anyar

Rahajeng warsa anyar merupakan salah satu salam atau ucapan dalam bahasa Bali yang berarti “Selamat tahun baru”. Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa kata rahajeng juga merupakan salam yang memiliki keterangan waktu khusus atau mengucapkan selamat pada hari tertentu.

5. Rahajeng Rahina Suci

Salam ini digunakan ketika kita akan mengucapkan selamat saat hari raya suci tertentu di Bali. Misalnya, Hari Raya Galungan dan Hari Raya Kuningan, dengan pengucapan sebagai berikut :

Begitulah pengucapannya, atau bisa juga Rahajeng Hari Suci Galungan lan Kuningan yang berarti Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan. Selain itu, masih banyak lagi ucapan hari raya yang menggunakan kata Rahajeng. 

6. Punapi Gatra?

Mungkin kata ini sering kamu dengar ketika berlibur ke Bali. Punapi gatra memiliki arti “apa kabar?” dalam bahasa Indonesia. Salam ini digunakan jika bertemu seseorang. Biasanya salam ini akan dijawab dengan kata “Becik” yang berarti “Baik”.

***

Sekian 5 Salam Bahasa Bali yang Wajib Kamu Tau, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahuinya. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerbali.info Blog.

Mungkin Kamu Juga Suka