Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu! Fresh Graduate Wajib Tahu

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu! Fresh Graduate Wajib Tahu

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu! Fresh Graduate Wajib Tahu – Mencari info lowongan kini lebih mudah. Sebab, sudah banyak terdapat akun-akun info lowongan kerja pada media sosial. Meski begitu, tentu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat menerima informasi lowongan kerja. Apa saja hal tersebut? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Perkembangan teknologi saat ini memang memberikan banyak perubahan dan kemudahan dalam mengakses apapun, salah satunya informasi. Kini kita bisa mendapatkan berbagai informasi pada media sosial. Jika dibandingkan dengan jaman dahulu, tentu berbeda. Kini kita dapat menyimak berbagai macam informasi di sosial media yang diakses melalui smartphone.

Informasi tentang lowongan kerja contohnya. Kini informasi ini dapat dengan mudah kita jumpai di media sosial, seperti Instagram, Facebook dan yang lainnya. Banyak terdapat akun lowongan kerja di berbagai daerah yang memposting informasi tentang loker ini. Ini tentunya dapat memudahkan kita, terlebih sosial media ini dapat kamu akses dimana saja dan kapan saja, asalkan tersambung internet.

Dari kemudahan mendapatkan informasi lowongan kerja, bukan berarti kamu percaya dengan lowongan kerja yang diberikan. Sebab kini banyak oknum nakal yang menggunakan kesempatan ini untuk berbuat jahat. Biasanya mereka akan memberikan informasi lowongan palsu dengan iming-iming yang membuat banyak orang tertarik untuk melamar.

Memperhatikan lowongan kerja pada media sosial itu sangat penting. Agar tidak terjerat lowongan kerja palsu, baiknya kamu ketahui dahulu ciri-ciri lowongan fiktif yang dapat merugikan kamu. Jadi ketahuilah ciri-ciri lowongan kerja palsu ini untuk menghindari modus penipuan.

Masih banyak orang yang belum mengetahui ciri-ciri dari lowongan kerja palsu ini. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa ciri-ciri dari loker palsu agar kamu tidak terjerat oleh oknum nakal tersebut.

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu! Fresh Graduate Wajib Tahu
Ilustrasi Interview Kerja | Image Source : iStockphoto.com

1. Persyaratan terlalu mudah

Pada iklan lowongan kerja, tentu berisi persyaratan yang diberikan oleh perusahaan untuk pelamar kerja. Biasanya persyaratan ini akan sesuai dengan posisi yang diperlukan oleh perusahaan. Apakah wajar jika persyaratan yang diberikan tidak masuk akal dan tidak sesuai dengan posisi yang dicari?

Jadi, setiap perusahaan akan mencantumkan segenap persyaratan yang sesuai dengan posisi yang dicari. Tidak mungkin jika perusahaan tersebut membuka lowongan kerja pada posisi tertentu dengan syarat yang tidak sesuai.

Jika ada lowongan kerja yang memiliki sarat tidak masuk akal, seperti tanpa tesm menerima semua jenjang pendidikan, bahkan langsung diterima untuk bekerja. Maka dapat dipastikan bahwa lowongan tersebut fiktif atau palsu.

Perlu kamu ketahui, perusahaan asli membutuhkan waktu 1-2 minggu untuk proses rekrutmen. Selain itu, perusahaan juga menyaring kandidat berdasarkan skill, pengalaman kerja dan pendidikan dari kandidat tersebut.

2. Alamat dan nama perusahaan tidak jelas

Jika kamu mendapatkan informasi lowongan yang tidak jelas nama dan alamat perusahaan yang membuat kamu ragu, maka sebaiknya kamu searching di internet. Kamu dapat mencari dengan mencari nama perusahaan tersebut. Dengan ini kamu akan mendapatkan ulasan mengenai perusahaan tersebut.

Biasanya jika perusahaan yang berbau penipuan, akan banyak ulasan yang mengaikatnya dengan kata palsu, penipuan atau fiktif. Ini bisa kamu lakukan jika kamu merasa ragu, jangan sampai terjebak pada oknum tersebut.

3. Berisi Pemungutan Biaya

Kalian harus tahu, perusahaan asli tidak pernah meminta ongkos sejak interview hingga offering letter. Perusahaan tidak akan pernah memungut biaya, malah perusahaan yang akan membayar kamu saat bekerja nantinya.

Jadi, lowongan palsu akan meminta sejumlah uang untuk proses rekrutmen. Mereka biasanya berdalih bahwa uang tersebut akan digunakan untuk membeli tiket pesawat, sewa tempat pelatihan, ongkos training atau administrasi.

4. Banyak typo pada iklan

Loker palsu biasanya menggunakan kalimat yang berbelit-belit, EYD berantakan, serta logo perusahaan terkesan tidak jelas. Jika melihat loker dengan ciri-ciri seperti ini, jangan langsung terkecoh ya. Baca dengan baik dan cari informasi agar dapat mengetahui kejelasannya.

5. Iming-iming gaji yang fantastis

Loker palsu biasanya mencantumkan gaji dan tujangan pada lowongan kerja dengan nominal yang fantastis untuk menarik perhatian. Padahal sebenarnya, penentuan gaji baru dilakukan ketika proses interview. Gaji merupakan informasi rahasia antara perusahaan dan karyawan. Jadi, tidak etis jika gaji dibicarakan saat masih berstatus kandidat.

6. Domain perusahaan meragukan

Biasanya perusahaan memiliki domain resmi untuk proses perekrutan. Pada umumnya berupa [nama divisi]+[namaperusahaan].com. Ini juga bisa menandakan perusahaan tersebut asli atau tidak asli.

Jika kamu dihubungi oleh oknum yang mengaku HRD, namun alamat email yang digunakan masih menggunakan domain gratis, seperti Yahoo atau Gmail, maka kemungkinan lowongan tersebut palsu. Tapi, terkadang ada beberapa perusahaan yang menggunakan email gratisan, sebab kendala teknis internal.

Sabaiknya, untuk masalah domain ini kamu lakukan beberapa verifikasi, misalnya dengan menelpon nomor telepon resmi perusahaan atau menanyakan via sosial media resmi perusahaan.

Cara Terhindar Dari Lowongan Kerja Palsu

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu! Fresh Graduate Wajib Tahu
Ilustrasi Interview | Image Source : iStockphoto.com
  • Melamar dari situs karir resmi perusahaan

Untuk menghindari penipuan yang sering terjadi, kamu dapat melamar lewat situs karir perusahaan kamu kamu tuju. Disini kamu akan mendapatkan informasi lengkap, seperti posisi yang dibutuhkan, kualifikasi, bahkan dapat langsung mengirimkan CV dan surat lamaran kerja.

  • Cek Linkedin HRD

Banyak orang yang kerap dihubungi oleh pihak yang mengaku dari perusahaan, padahal orang tersebut tidak pernah melamar sebelumnya. Jika ada yang seperti ini, jangan terburu-buru untuk mengiyakan tawaran tersebut, sebab bisa saja iu adalah penipuan.

Sebaiknya kamu pastikan apakah orang yang menghubungi nkamu tersebut benar-benar pegawai di perusahaan terbut. Kamu dapat mengetik [nama orang/HRD yang menghubungi kamu+nama perusahaan] pada kolom pencarian Linkedin. Jika terjadi hal yang janggaol atau masih ragu, kamu dapat menghubungi nomor telepon resmi perusahaan yang bersangkutan.

***

Itulah penjelasan dan ciri-ciri lowongan kerja palsu dan cara mengatasinya. Jika melihat lowongan pekerjaan, sebaiknya cek terlebih dahulu untuk memastikannya. Jangan sampai kamu terjerat oknum yang tidak bertanggung jawab dan dapat merugikan dirimu.

Sekian artikel tentang Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu! Fresh Graduate Wajib Tahu dan Cara Menghidarinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang ingin melamar kerja. Simak artikel menarik seputar dunia kerja lainnya hanya di Lokerbali.info Blog.

Dapatkan informasi lowongan kerja di daerah Bali terbaru dan terpercaya hanya di Lokerbali.info.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka