Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Rapi

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Rapi

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Rapi – Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen yang harus disiapkan ketika melamar kerja. Sama seperti Curriculum Vitae (CV), surat lamaran kerja juga merupakan dokumen penting yang harus dibuat dengan baik dan benar.

Meski kini telah banyak terdapat contoh surat lamaran kerja, namun masih ada beberapa orang yang bingung atau sembarangan dalam membuatnya, terutama lamaran kerja tulis tangan.

Surat lamaran kerja tulis tangan masih digunakan saat ini, ada beberapa perusahaan dan tidak hanya perusahaan di Bali saja yang meminta kandidat untuk membuat dokumen satu ini dengan tulis tangan.

Biasanya kandidat akan diminta membuat surat lamaran kerja tulis tangan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Alasan perusahaan meminta kandidat untuk membuat surat lamaran tulis tangan juga beragam.

Tujuan dari pembuatan surat lamaran ini tiada lain untuk menilai kandidat, salah satunya menjadi penilaian dari kepribadian pelamar.

Sebab, tulisan manual dapat menyiratkan kepribadian dari seorang calon pekerja. Selain itu, surat lamaran tulis tangan dibuat untuk menunjukan keseriusan kandidat. Bagaimana kandidat menyusun surat lamaran kerja yang rapi, baik dan benar, serta nyaman untuk di baca.

Surat ini bisa digunakan untuk melamar kerja sebagai kasir ataupun lainnya.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Rapi
Ilustrasi Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan | Image Source : pexels.com

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat/menyusun surat lamaran kerja tulis tangan bahasa Indonesia, diantaranya :

1. Bagian pembuka surat

Pada bagian pembuka surat biasanya berisi informasi mengenai surat dan tujuan dari pengiriman surat tersebut,  berikut isi dari pembuka surat :

  • Judul : surat haruslah berisi judul surat, terlebih surat itu akan kamu gunakan untuk memalar kerja. Untuk lebih memperjelas, maka jangan lupa untuk memberi judul pada surat yang kamu buat.
  • Informasi tanggal surat : Sama seperti surat pada umumnya, tanggal pembuatan surat juga penting untuk di cantumkan.
  • Tujuan surat : bagian ini merupakan bagian penting, sebab tujuan ini dapat menentukan surat diterima pada divisi yang di tuju.

Baca juga : Contoh CV Fresh Graduate

2. Bagian isi surat lamaran kerja

 Pada bagian isi surat, ada beberapa hal yang harus diperhaikan diataranya,

  • Salam pembuka
  • Penjelsan tentang informasi lowongan pekerjaan
  • Data pribadi
  • Pendidikan yang pernah dijalani
  • Informasi pengalaman kerja secara singkat
  • Dokumen yang dilampirkan

3. Bagian penutup

Pada bagian ini penutup, sertakan tanda tangan dan nama lengkap.

Beberapa hal di atas harus kamu perhatikan saat membuat surat lamaran kerja tulis tangan bahasa Indonesia. Bagi kamu yang masih kebingungan dalam membuat surat lamaran kerja ini, berikut kami akan berikan contoh surat lamaran kerja yang benar menggunakan tulis tangan dalam Bahasa Indonesia.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Tim Loker Bali Info sudah menyiapkan satu contoh surat tulis tangan untuk kamu agar mendapatkan inspirasi dalam membuat surat versi kamu.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Rapi
Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Rapi

Sekian Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dalam bahasa Indonesia. Simak video tentang Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di bawah ini untuk cara pembuatannya yang lebih jelas.

Di atas telah kami berikan contoh dan video (Diambil dari YouTube Channel BikinCV) cara pembuatan surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam membuat surat lamaran kerja.

Jangan lupa untuk membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang rapi, agar pihak rekruter dapat menilai kamu sebagai kandidat yang layak diterima. Simak informasi menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di Loker Bali Info.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka