Peluang Kerja Menggiurkan Live Streaming sambil Jualan

Peluang Kerja Menggiurkan Live Streaming sambil Jualan – Berbisnis atau berjualan online saat ini menjadi pekerjaan yang cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mereka biasanya akan menjual produk lewat sosial media ataupun platform online pribadi, hingga mendaftarkannya ke marketplace. Selain itu, sekarang ini banyak sosial media yang dilengkapi dengan fitur teknologi live streaming. Setelah masa pandemi, fitur sosial media berupa live streaming yang semua menjadi media sosial semata, banyak difungsikan sebagai lapak berjualan.

Banyak penjual produk yang menggelar dagangannya layaknya seperti di pasar, dan ditampilkan dalam sesi live streaming itu. Hal ini terus menjamur karena banyak contoh penjual online yang meraup cuan dengan sangat cepat karena bantuan live straming. Beberapa contoh diantaranya adalah Kak Jill yang menual Gordyn, Natasha Surya yang menjual produk elektronik, dan masih banyak lagi.

Nah, karena fitur live streaming ini sudah bisa dimiliki dan digunakan oleh siapapun, maka peluang bisnis melalui media ini juga terbuka lebar untuk siapapun. Apakah kalian tertarik untuk berjualan produk secara online melalui live streaming?

Berikut ini adalah beberapa media sosial yang menyediakan fitur live straming dan banyak digunakan untuk berjualan secara online.

Shopee Live

Berjualan di marketplace Shopee menjadi salah satu cara agar pasar kalian bisa berkembang secara lebih luas dengan bantuan digitalisasi. Saat ini, pengguna Shopee menjadi salah satu yang terbesar, sehingga tidak heran jika produk jualan di Shopee akan lebih cepat laku jika dibandingkan dengan marketplace lainnya. Selain itu, Shopee memberikan banyak paket promo dan diskon yang menggiurkan bagi produk kalian yang terjual, hal ini pasti akan cepat menggaet pembeli.

Shopee Live – Source: Antaranews

Bagi kalian para penjual produk di Shopee, kalian juga bisa menawarkan produk jualan kalian dengan cara Live Streaming. Wah, fitur ini lah yang tidak banyak ditemukan di marketplace lainnya. Penjual produk di Shopee bisa memanfaatkan fasilitas Live Streaming untuk mendapatkan calon pembeli lebih cepat. Kalian bisa menjelaskan dengan sangat gamblang, produk yang kalian jual di etalase. Dengan model penawaran seperti ini, calon pembeli akan lebih tergiur dan tertarik untuk mengambil produk kalian dibandingkan yang dijual oleh pihak lain.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan live di Shopee:

  • Live menggunakan Aplikasi di Handphone atau Tablet
  • Live menggunakan Website
  • Live melalui Sub Akun

Facebook Live

Selain menjadi media sosial, facebook juga dikenal dengan inovasi live streaming yang tergolong menjadi inisiator berbagai macam media live streaming saat ini. Hal ini dimanfaatkan bagi para pelaku bisnis yang sebelumnya sudah menggunakan Facebook sebagai lapak berjualan, untuk menggaet lebih banyak pengunjung dan calon pembelinya.

Facebook Live tidak terbatas hanya dapat diakses ataupun dilihat oleh orang-orang tertentu saja, tetapi bisa diakses dan dilihat oleh semua pengguna facebook dari seluruh dunia. Inilah yang memungkinkan kalian menjangkau calon pembeli dengan lebih luas dan lebih berragam.

Live Streaming Facebook – Source: BFI Finance

Calon pembeli yang mengunjungi “lapak” online kalian memungkinkan untuk mengirimkan komentar dan seolah bertanya jawab langsung dengan kalian sebagai penjual. Para penjual juga dimungkinkan untuk secara fleksibel menjelaskan produk mereka dengan detail.

Instagram Live

Ingin meraup keuntungan yang banyak dengan cara berjualan online melalui instagram live? Ya benar, saat ini instagram sudah dilengkapi dengan fitur live streaming, yang juga memungkinkan kalian berinteraksi dengan para penonton. Selama ini, fitur instagram live ini sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha atau bisnis.

Hampir sama dengan media live streaming lainnya, Instagram Live juga membutuhkan interaksi yang menarik dari kalian sebagai penjual. Kalian perlu mengenalkan dan menjelaskan produk yang kalian jual dengan baik dan lengkap. Kalian bisa mencari banyak referensi penjual produk lewat instagram live, dan menjadikan mereka inspirasi untuk metode berjualan kalian.

Instagram Live – Source: Grid ID

Salah satu untuk berjualan via Instagram Live adalah akun yang memiliki follower yang cukup banyak. Jika live streaming kalian dijangkau lebih banyak orang, maka produk jualan kalian juga akan lebih cepat dikenal para calon pembeli.

Tiktok

Jualan via online tidaklah lengkap jika kita tidak membahas tentang Tiktok Live. Saat ini, di Indonesia sendiri, Tiktok menjadi salah satu media sosial papan atas dengan pengguna yang sangat banyak. Kalian bisa menemukan pengguna tiktok dimana saja, baik itu para kreator konten, hingga para penikmatnya. Akhir-akhir ini, bisnis berjualan produk juga sudah merambah di Tiktok, dan tergolong cukup sukses meraup angka keuntungan bagi para penjualnya.

Tiktok menerapkan beberapa aturan yang cukup ketat untuk fitur live streaming ini. Akun yang akan digunakan untuk live streaming harus merupakan akun yang bebas pelanggaran, ataupun tidak sedang ditangguhkan karena pelanggaran media sosial sesuai aturan platform ini. Selain itu, akun kalian juga harus memiliki followers diatas 1000 aktif.

 

Nah itulah beberapa platform yang bisa kalian manfaatkan untuk live streaming berjualan. Lantas apakah segampang itu melakukan berjualan via live streaming? Tentunya kalian harus mengetahui beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan beberapa trik yang harus dilakukan agar jualan kalian bisa laku keras.

Berjualan Online Live Streaming – Source: Maucash

Berikut ini beberapa tips agar berjualan online via Live Streaming bisa laris manis!

  • Siapkan produk kalian dengan paket kemasan dan tampilan yang menarik untuk dilihat
  • Siapkan ruangan atau area yang akan tertampil dalam live streaming, dengan menarik dan merepresentasikan produk yang akan kalian jual
  • Siapkan konsep berjualan yang menarik. Kalian harus berlatih terlebih dahulu bagaimana bisa pede berbicara di depan umum atau di depan kamera. Jangan sampai kalian terlihat gugup dan kebingungan ketika sudah berada di depan kamera, dan bahkan jika sudah ada yang menyaksikan sesi live kalian
  • Informasikan detail deskripsi produk kalian dengan jelas saat live
  • Saat live, kalian sebagai penjual harus sambil berinteraksi dengan para pengunjung lapak kalian. Mereka pasti akan meramaikan kolom komentar dengan sambil melontarkan berbagai pertanyaan. Jangan lupa sambil menjelaskan produk yang kalian jual, kalian juga harus menjawab apa yang mereka tanyakan.
  • Penjual juga perlu menyediakan paket promo yang menarik untuk produk yang kalian jual. Promo yang menarik bisa membuat calon pembeli melontarkan ketertarikan berlipat kali pada produk kalian
  • Pastikan media penjualan dan media pembayaran sudah siap untuk menerima dan melakukan transaksi. Jangan sampai ada kendala teknis tentang hal tersebut ketika sudah ada calon pembeli yang checkout barang dari “toko” kalian

Itulah tadi beberapa tips agar kalian bisa sukses berbisnis online, terutama berjualan produk melalui media online. Kalian yang belum memiliki pengalaman di media penjualan digital, tidak perlu takut karena ada banyak sekali tutorial dan pengalaman sukses dari orang yang terlebih dulu memiliki pengalaman di bidang ini. Semua kesuksesan perlu dimulai dari langkah dan keberanian awal kalian. Jangan lupa untuk bagikan lapak jualan kalian di media online agar bisa segera laris manis ya!

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka