Cara Mengatur Keuangan Untuk Anda Yang Kena PHK dan Belum Punya Tabungan

Cara Mengatur Keuangan Untuk Anda Yang Kena PHK dan Belum Punya Tabungan

Cara Mengatur Keuangan Untuk Anda Yang Kena PHK dan Belum Punya Tabungan – Saat ini pemutusan hubungan kerja (PHK) sedang banyak terjadi di beberapa perusahaan. PHK secara mendadak ini cukup membuat beberapa orang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Hal ini juga menjadi masalah untuk mereka yang tidak memiliki tabungan. Namun jangan menyerah dahulu, mari mulai untuk mengatur keuangan kalian.

Menurut seorang Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho menyampaikan beberapa hal yang dapat kalian lakukan disaat keadaan mendadak terkena PHK dan tidak memiliki tabungan.

Cara Mengatur Keuangan

1. Coba Jumlahkan Aset dan Uang Yang Saat Ini Anda Miliki

Cara Mengatur Keuangan Untuk Anda Yang Kena PHK dan Belum Punya Tabungan

Ilustrasi Menghitung Aset | Image Source : Unsplash.com

 

Hitunglah kembali dimana saja uang kalian, misal ada uang dari pesangon setelah PHK, coba cek di dompet dan di rekening kalian masih ada berapakah sisa uang kalian untuk saat ini. Selain uang, kalian bisa perkirakan aset apa saja yang kalian miliki.

2. Hitung Jumlah Cicilan dan Tanggung Jawab

Menghitung Jumlah Cicilan dan Tanggung Jawab
Ilustrasi Menghitung Jumlah Tanggung Jawab | Image Source : Unsplash.com

Setelah dapat jumlah dari keseluruhan uang dan aset yang kalian miliki, dilanjutkan dengan menghitung semua cicilan dan tanggung jawab per bulan kalian. Jangan lupa tambahkan pengeluaran sehari – hari kalian selama sebulan. Dengan mengetahui semua pengeluaran tersebut, setidaknya kalian dapat merencanakan keuangan dan kalian dapat mengetahui estimasi waktu keuangan kalian dapat bertahan berapa lama.

3. Keputusan Untuk Kembali Mencari Penghasilan

Keputusan Untuk Kembali Mencari Penghasilan
Ilustrasi Sedang Bekerja | Image Source : unsplash.com

Setelah menghitung berapa cicilan yang kalian miliki, berapa pengeluaran perbulan dan mengetahui estimasi waktu keuangan kalian. Inilah saatnya untuk merencanakan dan memutuskan kapan akan mulai mencari pekerjaan lain atau mencoba untuk membuka bisnis sendiri.

Dengan mengatur keuangan dan mengetahui estimasi waktu keuangan kalian. Kalian bisa memunculkan ide–ide atau keputusan lainnya untuk keluar dari kesulitan sebelum benar–benar berada di puncak terbawah kalian. Segala keputusan juga harus selalu diimbangi dengan perencanaan yang matang dan eksekusi nyata.

Sekian Cara Mengatur Keuangan Untuk Anda Yang Kena PHK dan Belum Punya Tabungan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang kebingungan untuk mengatur uang. Jangan lupa simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerbali.info

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka