Tips Agar Bijak dalam Berbelanja

Tips Agar Bijak dalam Berbelanja

Tips Agar Bijak dalam Berbelanja – Berbelanja dengan bijak akan sangat membantu kalian dalam berhemat. Karena kalian hanya membeli barang – barang yang benar-benar kalian perlukan dan yang sudah kalian rencakan. Jadi, sebanyak apapun kalian mempunyai uang, jika kalian tidak bijak dalam berbelanja akan sangat merugikan keuangan kalian. Bagaimana cara berbelanja dengan bijak? Berikut tips yang bisa kalian aplikasikan agar bisa berbelanja dengan bijak.

Tips Bijak Dalam Berbelanja

Membuat Catatan Belanja

Membuat Catatan Belanja
Ilustrasi Catatan Belanja | Image Source : Shutterstock.com

Jika kalian tipe yang pergi ke pusat berbelanja dengan bermodal pemikiran belanja “lihat saja nanti”, cobalah beralih dengan mulai mencatat belanjaan apa saja yang akan dan perlu kalian beli. Dengan cara ini selain menghemat waktu, juga bisa mengurangi membeli keperluan yang tidak perlu sehingga keuangan kalian akan terjaga juga. Buatlah catatan dengan mengkategorikan mana barang yang prioritasnya tinggi hingga ke prioritas yang rendah. Dengan begitu kalian bisa mengurangi pembelian barang yang tidak perlu dan lebih fokus pada kebutuhan yang sangat penting terlebih dahulu.

Hindari Jebakan Merek

Hindari Jebakan Merek
Ilustrasi Menghindari Jebakan Merk | Image Source : Shutterstock.com

Cobalah untuk lebih membandingkan kualitas daripada merek. Karena untuk beberapa barang terkadang memberikan kualitas yang sama walaupun merek barang tersebut kurang terkenal, dan tentu saja memberikan harga yang lebih murah. Tentu ini pertimbangan yang sangat baik bukan?

Bawalah Uang Tunai

Bawalah Uang Tunai
Ilustrasi Uang Belanja | Image Source : Shutterstock.com

Bawalah uang sesuai dengan catatan belanja kalian. Dengan begini kalian bisa lebih memikirkan mana barang yang harus dibeli terlebih dahulu dan tidak berbelanja secara sembarangan. Namun, lebihkan sedikit uang tunai yang kalian bawa, siapa tahu adanya perbedaan harga bulan lalu dengan bulan sekarang saat kalian belanja. Ini juga bisa jadikan pertimbangan untuk mencoba cari alternatif barang yang memiliki kualitas yang sama namun dengan harga lebih murah.

Miliki Produk Knowledge

Miliki Produk Knowledge
Miliki Produk Knowledge | Image Source : Shutterstock.com

Dengan kalian mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk, tentunya dapat membantu kalian dalam memilih produk dengan tepat. Sehingga semua barang yang kalian beli akan dapat digunakan secara optimal.

Manfaatkan Promo dan Diskon

Manfaatkan Promo dan Diskon
Manfaatkan Promo dan Diskon | Image Source : Shutterstock.com

Walaupun ada diskon, kalian juga harus tetap pada catatan belanja kalian. Jangan kalap saat melihat diskon. Kontrol diri juga dalam berbelanja saat diskon agar terhindar dari membeli barang yang tidak diperlukan. Cobalah cari informasi secara online terlebih dahulu sebelum mendatangi swalayan tempat anda berbelanja agar anda dirumah bisa mencatat mana barang yang bisa kalian beli saat diskon tersebut.

Gunakan Kartu Kredit Seoptimal Mungkin

Gunakan Kartu Kredit Seoptimal Mungkin
Ilustrasi Membayar dengan Kartu Kredit | Image Source : Shutterstock.com

Jika memang kalian menggunakan kartu kredit, kalian bisa saja tetap menggunakannya selagi kalian masih bisa mengontrol diri dalam berbelanja dan tetap pada catatan belanja kalian yang sudah kalian rencanakan.

Berbelanjalah dengan bijak, jangan panic buying agar tidak merugikan orang lain dan tentunya tidak merugikan keuangan kalian juga. Sekian artikel ini dari kami, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk berbelanja dengan bijak. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerbali.info.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka