Tentang Profesi : AKUNTAN

Jenis-jenis Profesi Akuntan Yang Harus Kalian Tahu!

Jenis-jenis Profesi Akuntan Yang Harus Kalian Tahu! – Akuntan merupakan sebuah profesi yang tentunya bergerak dalam bidang akutansi. Akutansi yang dapat ditafsirkan sebagai suatu seni dalam mencatat, menggolongkan, mengikhtisarkan serta  menafsikantransaksi – transaksi finansial yang dilakukan oleh perusahaan. Akutansi juga dapat diartikan sebagai bentuk informasi yang berhubungan dengan milik dan hak milik, dan untuk menunjukan bagaimana milik dan hak – haknya dipengaruhi oleh kegiatan perusahaan.

Apa saja manfaat dari Akutansi?

Tentang Profesi: AKUNTAN
Ilustrasi Berprofesi Sebagai Akuntan | Image Source : Pexels.com
  1. Dapat digunakan sebagai rincian informasi kepada pemilik perusahaan tentang kondisi keuangan perusahaan, sehingga dapat dijadikan evaluasi untuk masalah keuntungan maupun kerugian sebuah perusahaan.
  2. Dapat digunakan sebagai pertimbangan oleh investor tentang bagaimana keungan dari perusahaan yang akan diinvest oleh mereka.
  3. Informasi yang dibuat oleh akuntan dapat digunakan oleh menajemen perusahaan guna dijadikan pertimbangan untuk mencari cara mengembangkan perusahaan.

Jenis-jenis laporan yang dibuat oleh akuntan

  • Laporan Neraca
    Laporan Neraca akan memberikan informasi tentang Aktiva (Harta) yang dimiliki oleh Perusahaan, Utang yang menjadi tanggungan perusahaan dan modal yang dimiliki perusahaan.
  • Laporan Laba Rugi
    Laporan Laba Rugi akan memberikan informasi atas operasional perusahaan apakah mengalami keuntungan atau kerugian.
  • Laporan Perubahan Modal
    Laporan Perubahan Modal akan memberikan informasi tentang perubahan modal perusahaan dalam periode tertentu (satu bulan, satu semester atau satu tahun) dan memberikan informasi penyebab terjadinya perubahan modal.
  • Laporan Arus Kas
    Laporan Arus Kas akan memberikan informasi tentang likuiditas dan solvabilitas keuangan perusahaan serta kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas dimasa yang akan datang.

Keahlian yang dimiliki Akuntan

  1. Teori akuntansi
  2. Akuntansi biaya
  3. Pengauditan
  4. Sistem akuntansi
  5. Perpajakan
  6. Sistem informasi manajemen
  7. Akuntansi keuangan
  8. Ekonomi perusahaan

Macam Profesi Akuntan

Tentang Profesi : AKUNTAN
Ilustrasi Seorang Bekerja Sebagai Akuntan | Image Source : Pexels.com
  1. Akuntan Publik
    Jenis akuntan ini merupakan akuntan indipenden yang memberikan jasanya dengan bayaran tertentu. Akuntan public biasanya mebangun kantornya sendiri dan tidak terikat dengan perusahaan. Tugas dari akuntan public adalah melakukan pemeriksaan / audit, memberikan jasa perpajakan dan memberikan jasa konsultasi manajemen.
  2. Akuntan Intern
    Akuntan intern bisa disebut juga dengan Akuntan manajemen. Profesi satu ini bekerja dalam suatu perusahaan/organisasi. Jabatan akuntansi intern pada perusahaan dapat diduduki oleh staff biasa, kepala bagian atau direktur keuangan. Tugas umum dari Akuntan Intern adalah menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keungan yang ditujukan atau disiapkan untuk menghadapi audit eksterna, menyusun anggaran, menangani masalah perpajakan, melakukan audit internal perusahaan.
  3. Akuntan Pemerintah
    Akuntan Pemerintah sudah jelas bekerja dalam sektor pemerintahan. Tugas umum dari Akuntan Pemerintah adalah Akuntan ini bekerja pada lembaga2 pemerintah seperti BUMN / BUMD, Inspektorat jendral, dsb. Mereka mengikuti aturan kerja yang diterapkan di masing2 departemen.
  4. Akuntan Pendidik
    Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas sebagai pemberi pendidikan tentang akuntansi, melakukan penelitian, pengembangan akuntansi, mengajar dan menyusun kurikulum pendidikan akuntansi.

Sekian artikel tentang Jenis-jenis Profesi Akuntan Yang Harus Kalian Tahu!. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengetahui tentang profesi satu ini. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerbali.info.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka