Tips Berpakaian Saat Wawancara

Tips Berpakaian Saat Wawancara – Wawancara (interview) merupakan sebuah sesi penting yang dapat mempengaruhi calon tempat bekerjamu. Momen yang seperti ini jangan sampai kamu lewati begitu saja. Banyak sekali yang mempengaruhi hasil wawancara, mungkin salah satunya adalah dari aspek penampilan. Seperti apa pakaian yang pantas saat wawancara atau interview? Simak tipsnya berikut ini.

  1. Hindari Pakaian yang Terlalu Kasual

Hindari pakaian wawancara yang memiliki kesan “terlalu” kasual. Misalnya, kamu harus menghindari mengenakan kaos atau celana jeans saat kamu datang di sesi interview. Penampilan yang seperti itu tentu akan mendapatkan pandangan yang kurang baik. Pewawancara akan menganggapmu tidak serius dan menganggap sesi interview tersebut hanya main-main semata. Jadi, pastikan kamu terlihat rapi dan profesional ya.

Hindari Pakaian yang Terlalu Kasual | Sumber : http://fashiondaily12.blogspot.co.id/2015/06/pakaian-pria-trendy.html
Hindari Pakaian yang Terlalu Kasual | Sumber : http://fashiondaily12.blogspot.co.id/2015/06/pakaian-pria-trendy.html

 

 

  1. Kesan Seksi Bukanlah Solusi

Hidari pakaian yang meberikanmu kesan yang terlalu seksi. Misalnya, hindari pemakaian celana ketat atau rok yang terlalu mini saat kamu di sesi interview. Khususnya wanita, hindari juga pemakaian kemeja dengan potongan kerah yang terlalu rendah ya. Kesan seksi akan mempengaruhi penilaian bagi si penilai.

Mereka akan lebih berfokus dari penampilanmu daripada kualitas jawabawan wawancara yang kamu lontarkan.

Baca juga : Pertanyaan Jebakan Saat Interview Kerja

 

Ilustrasi Berpakaian
Sumber: Pexels.com

 

  1. Bersihkan Kuku dan Jangan Pakai Perhiasan Berlebih

Banyak wanita yang memakai cat kuku. Memang benar bahwa cat kuku akan memberikan kesan cantik dan atraktif. Namun, itu bukanlah penilaian yang akan diberikan oleh sang pewawancara. Kuku yang kurang baik, justru dapat mengurangi nilai kerapian. Perhiasan berlebihan juga perlu kamu tanggalkan sejenak. Kamu tidak perlu menggunakan semua perhiasanmu, bagi wanita ada baiknya apabila kamu hanya menggunakan cukup 1 cincin saja.

 

Ilustrasi Memakai Perhiasan
Sumber: Pexels.com

 

  1. Tata dan Rapikan Rambut

Peran rambut tidak kalah penting saat wawancara. Pastikan rambut kamu tertata rapi. Khususnya wanita, rambut akan  menyempurnakan penampilanmu secara keseluruhan. Kamu haru memperhatikan kondisi rambut, buatlah tatanan rambut serapi mungkin dan terlihat formal. Bagi wanita yang memiliki rambut panjang sebaiknya dikuncir. Bagi pria disarankan lebih baik memiliki rambut rapi dan bila perlu menggunakan gel.

 

Ilustrasi Penampilan Rapi
Sumber: Pexels.com

 

  1. Gunakan Parfum Secukupnya

Memiliki aroma yang wangi nan lembut memang sudah sewajarnya kamu lakukan. Namun, jangan membuat asumsi yang salah dengan memberikan aroma parfum yang berlebihan dan sangat mencolok. Sebaiknya kamu gunakan parfum secukupnya saja. Berikan kesan yang profesional saat wawancara, salah satunya dengan menggunakan parfum yang tepat. Kamu juga perlu memerhatikan penggunaan kosmetik saat interview. Gunakanlah warna yang netral untuk lipstik, blush on, atau bedak.

 

Gunakan Parfum Secukupnya | https://www.pegipegi.com/travel/tips-memilih-dan-memakai-parfum-saat-traveling/
Gunakan Parfum Secukupnya | https://www.pegipegi.com/travel/tips-memilih-dan-memakai-parfum-saat-traveling/

 

Itu dia tips-tips dalam berpakaian saat wawancara, semoga bermafaat! Jangan lupa simak juga artikel kami lainnya untuk mendapatkan tips-tips lebih banyak lagi.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka