10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis – Bali menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk berlibur. Memiliki banyak destinasi wisata, Bali juga memiliki terkenal dengan budaya dan adat istiadatnya yang kental. Ini tentunya yang menjadi daya tarik wisatawan untuk selalu berlibur ke Bali.

Beragam keunikan bisa ditemukan di Pulau Dewata, begitupun bagi memiliki ragam kesenian, salah satunya tarian. Ada beragam tarian bisa kamu temukan di Bali yang dipentaskan saat upacara agama dan untuk wisatawan. Tentu saja, tarian di Pulau Dewata ini turut menjadi daya tarik. Selain unik, tarian-tarian ini juga memiliki makna disetiap geraknya.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Bali, jangan lupa untuk menonton pementasan tarian khas Bali. Sangat sayang jika datang ke Bali, namun tidak menyaksikan kesenian di Pulau Dewata. Apalagi kalau ke Pulau seribu pura ini hanya untuk mencari lowongan admin. Ada beberapa tempat pementasan yang bisa kamu kunjungi untuk dapat melihat pertujukan tari Bali.

Baca juga : 6 Salam Bahasa Bali yang Wajib Kamu Tau

Untuk kamu yang belum mengetahui tentang tarian Bali, kami akan memberikan 10 tari bali yang sering dipentaskan saat upacara dan untuk turis yang berkunjung ke Bali.

Tarian Bali Yang Sering Dipentaskan

1. Tari Kecak

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis
Kecak Dance | Image Source : Pexels.com

Tari Kecak, Salah satu tarian Bali yang kerap dipertunjukan untuk wisatawan yang berkunjung ke Bali. Tarian satu ini cukup populer di seluruh penjuru dunia. Uniknya, tari ini dilakukan oleh banyak orang yang dominan adalah seorang pria dengan duduk melingkar sembari menyerukan kata “Cak“.

Perpaduan yang dihasilkan oleh tarian satu ini sangatlah indah dan kompak. Tak heran jika tarian ini selalu menjadi salah satu pilihan para wisatawan untuk ditonton. Sangat sayang sekali jika kamu berlibur ke Bali, namun melewati hal satu ini.

2. Tari Barong

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis
Barong Dance | Image Source : Shutterstock.com

Tari Barong merupakan tarian Pulau Dewata yang sakral. Tarian satu ini ditarikan oleh dua orang dengan posisi depan belakang. Ada berbagai jenis barong, diantaranya barong gajah, macan, bangkung dan masih banyak lagi yang lainnya. Tarian ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang datang ke Bali. Karena unik dan seni, tak heran jika banyak wisatawan yang menonton pertujukan satu ini dari berbagai kalangan.

3. Tari Pendet

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis
Pementasan Tari Pendet | Image Source : Pinterest.com

Tari Pendet merupakan salah satu tarian Bali yang dipentaskan ketika upacara keagamaan. Tarian ini juga kerap dipersembahkan sebagai tari penyambutan tami dan pembukaan suatu acara penting. Tari ini ditarikan oleh para gadis. Dengan riasan dan gerak yang penuh makna, tarian satu ini juga menjadi pilihan wisatawan untuk ditonton.

4. Tari Baris

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis
Tari Baris | Image Source : Google Image

Tari Baris merupakan salah satu tarian adat Bali yang masih dilestarikan hingga saat ini. Sesuai dengan namanya, tarian ini dengan cara berbaris dan ditarikan oleh 8 hingga 40 orang. Tari satu ini menggambarkan pasukan yang tengah berperang. Melukiskan kesan kegagahan kesatria dalam menghadapi peperangan. Dengan kostum yang khas dan unik, tentunya memiliki banyak makna di dalamnya. Tak heran jika banyak wisatawan yang kagum dengan tarian satu ini.

5. Tari Janger

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis
Pementasan Tari Janger | Image Source : Pinterest.com

Tari Janger merupakan tarian Bali yang masuk dalam kelompok tari pergaulan anak muda yang dipercaya telah ada sejak 1930. Tarian ini ditarikan oleh pasangan penari putra dan putri yang berjumlah 10 sampai 16 orang. Penari dalam pementasan tarian ini juga akan menyanyikan lagu Janger secara bersahut-sahutan. Menjadi salah satu tarian yang disukai oleh para wisatawan atau masyarakat sebagai hiburan.

6. Tari Rejang

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis
Tari Rejang | Image Source : Pinterest.com

Tari Rejang merupakan seni tari Bali yang populer digelar saat kegiataan keagamaan di Pulau Dewata. Tarian dengan gerakan yang lincah ini tentunya memiliki makna tertentu. Tari rejang merupakan simbol pengabdian kepada Dewa-Dewi umat Hindu Bali. Para penari ini biasanya akan mengenakan pakaian adat Bali dengan hiasan yang khas. Penari akan membentuk barisan saat pementasannya, biasanya akan dipentaskan di halaman Pura saat hari Raya Hindu di Bali.

7. Tari Topeng Bali

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis
Tari Topeng Tua | Image Source : Pinterest.com

Tari topeng merupakan salah satu tarian sakral di Pulau Dewata. Bagi masyarakat Hindu Bali, topeng memiliki arti dan makna penting dalam upacara keagamaan. Tarian ini kental dengan unsur magis dan menjadi seni yang sakral. Filosofi topeng yang dikenakan penari merupakan representasi dari para Dewa yang menganugerahkan ketentraman dan keselamatan bagi masyarakat Bali.

8. Tari Legong

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis
Tari Legong | Image Source : Pinterest.com

Dalam sejarahnya, Tari Legong merupakan tarian yang berasal dari lingkungan keraton. Namun pada perkembangan zaman saat ini, tarian ini menyebar ke masyarakat dan dapat ditonton saat acara-acara lain. Kata “Legong” memiliki makna, yaitu “Leg” artinya luwes dan “Gong” yang berarti gamelan tradisional Bali.

Penari pada tarian ini berjumlah 2 atau 3 orang, membawakan gerakan elok dan gemulai dengan membawa kipas. Ada beberapa jenis tarian legong, seperti legong keraton, legong jebog, legong legod bawa, legong sudarsana dan legong kuntul.

9. Tari Condong

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis
Tari Condong | Image Sorce : Pinterest.com

Tari Condong merupakan tarian Bali yang berasal dari mimpi Pangeran dari Sukawati saat sakit pada abad ke-19. Ketika itu, ia bermimpi berjumpa dengan dua orang gadis cantik yang sedang menari dengan gerakan lemah gemulai nan anggun. Sang Pangeran yang melihat gerakan tersebut diiringi dengan gamelan Bali tersebut sangat terkagum. Kemudian setelah sembuh, ia mengajarkan gerakan tarian yang dilihat kepada beberapa wanita.

10. Tari Tenun

10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis
Tari Tenun | Image Source : Pinterest.com

Tari tenun merupakan tariat adat Bali yang menggambarkan seorang perempuan Bali saat sedang membuat kain tenun. Para penari menyuguhkan ekspresi gembira saat melakukan tarian. Tarian ini dicipatakan pada tahun 1962 oleh I Nyoman Ridet dan I Wayang Likes. Biasanya tarian ini ditarikan oleh 3 orang penari atau bahkan lebih. Keunikan tarian ini pada bagian kepala penari memakai lelunakan, menggunakan tapih, kamen dan selendang yang dililit pada dada, sabuh prada, bunga sandat berjumlah 3 buah, serta bunga semanggi. Keunikan tarian ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk menonton pementasan tarian satu ini.

Sekian artikel 10 Tarian Bali Paling Sering Dipentaskan Saat Upacara dan Untuk Turis. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahui beberapa jenis tarian di Bali. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya seputar Bali hanya di Loker Bali Info Blog.

Jangan lupa selama liburan tetap jaga kesehatan. Buat kamu yang mempunyai masalah sakit pinggang, sakit punggung atau sakit area leher bisa datang langsung ke Back To No Pain – Bali Chiropractic. Disini kamu akan ditangani oleh dokter khusus yang punya pengalaman lebih dari 40 tahun. Terapi natural tanpa obat.

Simak juga Makanan Khas Bali yang Bikin Ngiler. Mau tahu kuliner enak di Bali ? Yuk lihat di Kooliner – info kuliner bali, untuk mendapatkan informasi tempat makanan enak di Bali.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka