Apa saja Manfaat Magang di Perusahaan bagi Mahasiswa?

Apa saja Manfaat Magang di Perusahaan bagi Mahasiswa? –  Mahasiswa di zaman sekarang, memiliki banyak kesempatan untuk mengasah kemampuan mereka diluar bidang akademik. Universitas memfasilitasi berbagai kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa, untuk mendukung perkembangan kemampuan berorganisasi mereka. Tidak hanya universitas negeri, universitas swasta pun juga memiliki banyak fasilitas kegiatan dan organisasi yang bisa dipilih mahasiswa. Tentunya, semua kegiatan tersebut akan membuat mahasiswa menjadi semakin berkembang di bidang organisasi, kepemimpinan, kepedulian, dan lain sebagainya.

Selain semua kegiatan di internal kampus, saat ini makasiswa juga memiliki kesempatan untuk mengikuti magang atau internship di perusahan. Mereka akan masuk ke dalam perusahaan layaknya karyawan, loh!

Demi membuka kesempatan belajar mahasiswa seluas-luasnya, pemerintah melalui kementerian terkait mengatur Program Magang ini dengan sangat detail dan terarah. yaitu:

  • Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagang Dalam Negeri
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yang didalamnya juga mengatur klaim kredit SKS mahasiswa dari program magang di perusahaan yang mereka ikuti

Bagi kalian, mahasiswa yang berkuliah di kampus yang sudah memberlakukan Magang sebagai mata kuliah, maka kalian tentu akan melewati pengalaman tersebut . Tapi tidak sedikit juga kampus yang belum memberlakukan program Magang ini sebagai salah satu mata kuliah yang dipehitungkan.

Tapi, kalian juga wajib tahu bahwa sebagai mahasiswa, jika kalian melakukan magang ke Perusahaan, kalian akan dapat banyak manfaat. Apa saja manfaat yang bisa Mahasiswa dapatkan jika mereka mengikuti Magang di Perusahaan?

Upgrade Kualitas Diri

Salah satu yang paling utama akan kalian pelajari sepanjang masa Magang di Perusahaan, adalah meningkatkan kualitas diri pada aspek apapun. Mahasiswa akan bertemu dengan berbagai sifat rekan kerja yang berbeda, dan dengan kondisi pekerjaan yang berbeda-beda. Di situasi tersebut, secara tidak langsung mahasiswa akan mengasah rasa percara dirinya untuk mau berkomunikasi dengan senior.

Upgrade Keterampilan

Walaupun belum berstatus sebagai karyawan, kalian akan dianggap sebagai karyawan yang mampu mempelajari sebagian dari pekerjaan di perusahaan tersebut. Dalam situasi seperti ini, mahasiswa akan mulai mempelajari keterampilan yang baru. Bahkan mungkin belum pernah dirasakan dan dilakukan selama masa perkuliahan ataupun berorganisasi di kampus.

Membuka Wawasan di luar Perkuliahan

Mahasiswa bisa mendapatkan wawasan baru dari berbagai situasi. Kalian akan bertemu dengan berbagai sifat karyawan lain, mendapatkan insight dari relasi bawahan dan atasan, dan lainnya. Karena lingkungan kalian adalah pekerja atau orang profesional, tentunya setiap hari kalian akan mendapatkan wawasan baru di luar perkuliahan.

Mendapatkan Pengalaman Kerja sejak Dini

Usia mahasiswa tentunya sudah wajib belajar hal baru terutama untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja. Jika kalian masuk ke program magang, secara tidak langsung kalian akan belajar pengalaman kerja sejak dini. Kalian akan mendapatkan pembelajaran dengan cara mengamati cara kerja rekan kerja dan atasan kalian di perusahaan tersebut. Selain itu, tentunya kalian akan mendapatkan pengalaman kerja sejak dini karena kalian akan diberi pekerjaan layaknya karyawan lain, dan kalian harus menyelesaikannya.

Magang Kerja – Source: Qiscus

Mendapatkan Kredit Pengalaman Kerja pada Resume

Karena termasuk pengalaman kerja yang legal, kalian bisa menuliskan riwayat pekerjaan kalian saat magang di perusahaan ini di Resume ataupun CV. Nantinya jika kalian memberikan Resume ini ke Recruiter, setelah kalian wisuda, kalian akan dipandang lebih baik daripada pelamar kerja lainnya. Tentunya karena kalian sudah pernah memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Bahkan kalian bisa mengatur waktu antara pekerjaan dan perkuliahan di masa semester yang sama.

Meningkatkan Relasi di Lingkungan Profesional

Selama menjadi karyawan magang, kalian akan banyak kenal orang baru. Mereka akan berrelasi dengan kalian sepanjang masa magang, baik itu rekan kerja dalam satu divisi, hingga yang dari luar divisi. Relasi ini yang akan menguntunggkan kalian untuk kedepannya.

Program Magang Kampus Merdeka – Source: SindoNews

Mungkin akan Mendapatkan Gaji

Tidak sedikit perusahaan yang memberikan gaji pada karyawan magang. Wah, ini yang seru! Kalian ketika magang, memungkinkan akan mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang kalian kerjakan. Lumayan untuk tambahan uang jajan. Jadi selain kalian akan mendapatkan nilai untuk mata kuliah Magang yang sedang kalian jalani, pendapatan bulanan sudah dapat dipastikan masuk kantong saat tanggal gajian.

 

Saat ini, kesempatan magang sangat difasilitasi oleh Pemerintah melalui program Kampus Merdeka. Pemerintah menawarkan berbagai channel perusahaan pilihan yang memiliki kualitas perusahan yang baik pastinya. Bidang yang bisa calon peserta magang pilih juga banyak, mulai dari bidang Teknologi, Kesehatan dan Pelayanan, Badan Usaha Milik Negara, Lembaga Multilateral dan Non-profit, Jasa dan lainnya. Dari halaman program Magang Kampus Merdeka, kalian bisa secara dini melihat peluang kerja yang terbuka lebar untuk kalian.

Selain magang di perusahaan yang tersedia di halaman Kampus Merdeka, kalian tentunya juga bisa mencari perusahaan sesuai keinginan kalian. Pasti, jika kalian memilih perusahaan dan bidang kerja yang sesuai keinginan, akan membuat program magang yang kalian ikuti menjadi lebih menyenangkan. Kalian tidak akan merasa tertekan untuk masuk dan berbaur dalam dunia kerja di perusahaan tersebut.

Menyiapkan Internship – Source: Tokopedia

Apa yang Perlu Disiapkan?

Nah, apakah kalian adalah mahasiswa yang sedang berrencana untuk magang dalam waktu dekat? Jangan lupa untuk mempertimbangkan banyak hal berikut sebelum kalian mulai melangkah:

  • Pastikan Magang adalah salah satu mata kuliah yang berlaku di kampus kalian. Silahkan berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing dan Pihak Kampus terkait, untuk rencana magang yang akan kalian lakukan
  • Jika magang bukan menjadi mata kuliah di kampus kalian, pastikan kalian memiliki tujuan yang pasti di program magang ini. Salah satu yang wajib kalian miliki adalah sikap untuk mau belajar lebih dini di dunia kerja
  • Pilih bidang magang dan perusahaan yang sesuai dengan keinginan kalian. Misalnya kalian adalah mahasiswa seni, mungkin kalian bisa magang di perusahaan yang bergerak di bidang produksi musik
  • Tentukan pembagian jadwal antara magang dan kuliah. Jangan sampai waktu magang kalian menggangu jadwal perkuliahan yang sudah ditentukan oleh kampus selama satu semester kedepan
  • Ibaratkan kalian sudah bekerja secara profesional, siapkan waktu yang terdedikasi untuk magang ini. Jangan sampai jadwal magang kalian terganggu dengan jadwal lainnya, termasuk main dan liburan
  • Berkonsultasilah dengan calon atasan dan rekan kerja. Pastikan kalian menyiapkan semuanya sebelum masuk di magang hari pertama

Wah banyak ya yang harus dipersiapkan dan dipikirkan sebelum magang! Tapi jangan khawatir, kalian pasti sudah sangat tahu ada banyak sekali manfaat yang kalian bisa dapatkan dalam program ini. Jadi jangan ragu lagi untuk memanfaatkan waktu luang kalian, di sela-sela perkuliahan, untuk mengikuti magang.

Jangan lupa untuk bagikan pengalaman magang kalian di perusahaan ya! Pasti banyak mahasiswa di luar sana yang tertarik untuk mengikuti magang di perusahaan, seperti kalian!

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka