Tips Jitu agar Sukses Berbisnis Frozen Food

Tips Jitu agar Sukses Berbisnis Frozen Food – Saat ini ada banyak jenis pekerjaan dan bisnis baru yang menjamur di kalangan masyarakat. Semakin berkembangnya media digital, bisnis berbasis media online semakin banyak. Bahkan banyak pekerja kantoran yang banting setir ke ranah bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih menjanjikan. Salah satu bisnis yang sekarang ini sangat berkembang adalah bisnis frozen food atau makanan beku.

Bisnis berjualan frozen food semakin menjamur karena banyak orang yang membutuhkan produk tersebut. Sekarang ini banyak keluarga yang memilih membeli frozen food atau makanan/bahan makanan yang dibekukan, agar memperoleh kualitas yang baik dibandingkan makanan jadi. Selain itu, frozen food tentunya bisa disimpan dalam waktu yang lama, sehingga bisa menjadi stock makanan di rumah.

Nah, ide berbisnis frozen food ini masih bisa kalian gunakan jika kalian ingin mulai berbisnis. Tapi kalian juga wajib tahu ada berbagai macam trik dan tips agar kalian sukses berbisnis frozen food. Apa saja ya?

Pebisnis Frozen Food – Source: Surya.co.id

Cari Produk yang Unik dan Khas

Kita mengenal banyak sekali frozen food yang dijual di pasaran. Mulai dari nugget, kentang, ikan, sampai dengan ayam, sayuran, buah-buahan, dan lainnya. Ketika kalian ingin membuka bisnis frozen food, kalian harus memilih produk yang unik dan khas. Biasanya, kalian perlu melihat di pasaran, apa saja yang laris dan apa saja yang paling dibutuhkan. Setelah itu, kalian bisa mengolah ide itu untuk menjadi sebuah komitmen produk yang jelas. Kalian bisa masuk dengan produk yang sama tetapi punya kualitas yang lebih baik. Begitu juga kalian bisa memasarkan produk yang banyak dicari, tapi sebetulnya sulit untuk ditemukan.

Riset pasar bisa diawali dari lingkungan rumah dan keluarga, dan nantinya akan berkembang seiring dengan perluasan area pemasaran produk kalian.

Pelajari Produk yang Akan Dijual

Tentu, penjual wajib tahu dengan produk yang akan mereka jual. Kalian harus mengetahui Unique Selling Point (USP) dari produk tersebut. Untuk mempertajam product knowledge kalian, kalian juga harus mempelajari cara memasak dan membuat produk tersebut. Mulai dari bahan baku, bumbu dan campuran bahan, hingga teknik membekukannya. Kalian juga wajib tahu bagaimana produk ini harus disimpan agar tidak rusak, mulai dari kemasan yang digunakan, hingga suhu yang tepat dari tempat penyimpanan tersebut.

Ketahui dan Tentukan Target Pasar

Saat kalian merencanakan penjualan produk apapun, kalian harus terlebih dahulu mempelajari dan mengetahui target pasar dari produk kalian. Termasuk jika produk yang kalian jual adalah frozen food, kalian perlu menentukan dulu apakah produk frozen food ini akan kalian pasarkan secara eceran ataupun grosir. Jika dipasarkan secara eceran, kalian harus menyediakan jenis paket yang bisa dibeli secara individual. Jika akan dipasarkan untuk peminat grosiran, kalian mungkin bisa berstrategi untuk menjualnya dalam paket-paket khusus.

Pelajari Target Pasar – Source: Accurate Online

Biasanya frozen food banyak dijual di supermarket untuk pengonsumsi individu, yang ingin membeli sebayak satu atau dua bungkus pun masih bisa. Tapi bisa juga kalian membuka jalur pasar untuk restoran atau pengusaha kuliner, yang membutuhkan pasokan paket frozen food dalam jumlah banyak dan berulang.

Pikirkan dan Siapkan Metode Pengemasan

Untuk produk makanan, pengemasan adalah salah satu hal yang penting. Banyak orang yang memilih membeli makanan karena pengemasannya yang bersih dan aman. Jika akan dikirimkan ke lokasi yang jaraknya jauh, pengemasan yang kuat dan awet juga penting. Begitu juga dengan frozen food, kalian harus memikirkan pengemasan yang pas agar cocok dengan makanan yang ada di dalamnya. Kalian bisa mendapatkan referensi pengemasan frozen food ini dari kompetitor ataupun frozen food lain yang pernah kalian konsumsi.

Makanan beku seperti ini biasany perlu dikemas menggunakan plastik yang khusus, agar jika disimpan dalam media penyimpanan dingin tidak rusak. Selain itu, kalian membutuhkan mesin vakum agar bisa mengambil semua udara dalam kemasan plastik tersebut. Makanan beku harus disimpan dalam kemasan yang tertutup rapat dan kedap udara. Tentunya metode-metode ini diperlukan untuk mencegah bakteri, ataupun benda asing agar tidak merusak kualitas masakan. Jika tidak ada zat ataupun bakteri yang masuk, maka makanan beku yang kalian kemas dapat awet lebih lama.

Disiplin dan Komitmen

Dalam semua jenis pekerjaan dan bisnis, disiplin dan komitmen harus kalian miliki agar bisnis dapat berjalan lancar dan tahan lama. Banyak orang yang memiliki pengalaman bisnis dengan produk yang baik dan sangat diminati pasaran, tapi akhirnya harus gulung tikar karena pengelolanya tidak disiplin. Salah satunya kalian harus melihat produk mana yang paling diminati, dan kalian perlu memproduksi makanan beku tersebut secara rutin. Tentunya hal ini harus dilakukan agar peminat yang selama ini sudah rutin berdatangan tidak kehabisan produk karena kalian tidak disiplin membuatnya.

Disiplin dalam Bisnis – Source: Enervon

Selain itu adalah komitmen, mulai dari komitmen untuk memberikan pelayanan yang baik, produk makanan beku yang enak dan konsisten, dan kejujuran dalam segala hal. Salah satunya, kalian wajib berkomitmen untuk membuat produk makanan beku yang bersih dan sehat. Para pembeli pastinya akan bisa menilai mana makanan beku yang berkualitas baik, dan membuat mereka bisa kembali membeli produk yang kalian pasarkan.

Siapkan Bonus Pemasaran yang Menarik Pelanggan

Bagi pebisnis produk apapun, pemasaran adalah hal yang sangat penting agar produk yang dipasarkan dapat sampai ke calon pelanggan. Tidak berhenti sampai disitu, pemasaran juga penting untuk menggaet calon pelanggan itu agar mau membeli produk kalian, dan tentunya bisa repeat order.

Oleh sebab itu untuk pebisnis produk makanan beku seperti kalian, kalian wajib memiliki metode pemasaran yang baik. Kalian bisa memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produk kalian, dan juga menunjukkan berbagai jenis produk yang kalian pasarkan. Kalian bisa juga membuat paket-paket pembelian yang menarik, misal beli 2 gratis 1, ataupun beli paket bonus produk baru lainnya. Dengan demikian, kalian bisa menggaet pasar lebih luas, dan memasarkan produk kalian dengan lebih banyak.

Frozen Food – Source: Link UMKM

Media Pemasaran apa yang Tepat?

Media promosi dan pemasaran selalu menjadi senjata yang harus diandalkan untuk semua produk bisnis. Termasuk salah satu yang kita bahas adalah makanan beku, maka media pemasaran jenis produk makanan beku harus direncanakan dan dibuat dengan matang.

  • Pemasaran secara konvensional perlu kalian gunakan untuk menggaet pasar sekitar area kalian. Misalnya bekerjasama dengan restoran atau tempat makan, yang mungkin saja akan menjadi langganan produk makanan beku kalian.
  • Pemasaran digital wajib juga kalian gunakan, karena akan menjangkau area pemasaran yang lebih luas. Kalian bisa menggunakan media sosial seperti instagram, dan bergabung ke forum-forum pengusahan atau pegiat kuliner lainnya. Desain pemasaran makanan yang menarik dan terlihat menggiurkan juga wajib ada dalam semua media promosi kalian.

 

Nah itulah beberapa tips yang perlu kalian ketahui jika kalian berniat untuk menjadi pengusahan bisnis makanan beku atau frozen food. Jangan lupa untuk bagikan pengalaman bisnis kalian ya!

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka