4 Metode Manajemen Waktu yang Bisa Bantu Kalian Untuk Lebih Produktif  selama WFH

4 Metode Manajemen Waktu yang Bisa Bantu Kalian Untuk Lebih Produktif  selama WFH

4 Metode Manajemen Waktu yang Bisa Bantu Kalian Untuk Lebih Produktif  selama WFH – Work From Home bagi beberapa orang memang menyenangkan karena bisa mengerjakan pekerjaan dengan santai namun tetap produktif di rumah. Bagi bebrapa orang lainnya, Work From Home malah menjadikan mereka lebih malas untuk mengerjakan pekerjaannya dan tidak seproduktif saat di kantor. Penyebabnya berbeda – beda tiap orang, namun kebanyakan ini disebabkan karena kurangnya manajemen waktu dalam bekerja dan berkegiatan di rumah. 4 metode manajemen waktu ini akan bantu kalian untuk lebih produktif selama WFH.

1. Metode Time Blocking

"Metode Most Important Task (MIT)Metode Most Important Task (MIT) | Image Source : Unsplash.com

Tidak seperti metode sebelumnya yang mengharuskan kalian untuk mencatat semua kegiatan harian kalian, metode ini mengharuskan kalian untuk menulis 1-3 kegiatan kalian yang paling penting pada hari itu. Anda bisa mencatatnya pada sticky notes, notepad di computer ataupun di kertas biasa. Namun, catatan tersebut harus kalian letakkan pada tempat  yang selalu dalam pandangan anda sebagai pengingat. Misal, jika kalian tempel, bisa kalian tempeklan pada bagian pinggir komputer kalian, tembok atau meja kalian.

Memang dalam sehari kalian memiliki kegiatan yang sangat banyak, namun jika kalian perhatikan kembali, beberapa kegiatan tersebut kurang penting untuk dilakukan. Jadi, cobalah sisihkan waktu kalian beberapa menit setiap pagi atau sebelum tidur untuk mencatat 1-3 kegiatan yang harus kalian selesaikan pada hari itu.

Catatan:

  1. Metode ini bisa kalian kombinasikan dengan metode Time Blocking sebelumnya. Jadi, kalian bisa masukan 1-3 catatan kegiatan penting kalian ke dalam kategori Proactive dalam metode Time Blocking dan usahakan untuk meletakannya diposisi atas jadwal harian. Jangan lupa juga untuk memasukan kegiatan mencatat 1-3 kegiatan penting kedalam Google Calendar kalian agar menjadi kebiasaan setiap pagi atau malam sebelum tidur.
  2. Tentukan deadline. Dengan adanya deadline, kalian menjadi terbiasa untuk mencapai suatu tujuan. Biasakan untuk mengatur deadline walau sekecil apapun. Misal, kalian mengatur deadline jam 12 siang untuk agar sudah menyelesaikan 5 halaman dokumen.

2. Teknik Pomodoro

Teknik Podomoro
Menggunakan Teknik Podomoro | Image Source : Pinterest.com

Teknik ini terbilang cukupsederhana namun sangat ampuh untuk meningkatkan produktifitas kalian. Yang kalian butuhkan dalam teknik ini hanyalah Timer. Anda bisa menggunakan timer pada ponsel, timer pada komputer atau hanya mengeset jam pada jam tangan atau jam dinding kalian.

Setelah kalian menyiapkan timer, lakukan lah hal dibawah ini:

  • Pilih satu kegiatan
  • Atur timer untuk 25 menit
  • Lakukan kegiatan yang sudah kalian pilih tanpa gangguan hingga timer berakhir
  • Istirahat sejenak setelah timer berakhir (sekitar lima menit)
  • Atur kembali timer kalian untuk 25 menit
  • Lanjutkan kembali kegiatan yang kalian pilih tadi (bisa ganti ke kegiatan lain jika kegiatan sebelumnya sudah selesai)
  • Istirahat kembali lima menit
  • Ulangi proses diatas hingga empat sesi, kemudian istirahat panjang sekitar 15- 30 menit
  • Ulangi teknik Pomodoro diatas sesuai kebutuhan kalian pada hari itu.

Teknik ini memaksa kalian untuk 100% fokus pada kegiatan kalian selama 25 menit. Maka dari itu, selama melakukan kegiatan ini di rumah, kalian usahakan untuk tidak ada gangguan. Jika ada gangguan, walaupun hanya semenit, kalian harus mengulang sesi ini dari awal.

Catatan:

  1. Coba beritahu orang rumah untuk tidak menggangu selama satu sesi teknik ini. Hal ini agar kalian bisa fokus dan tidak perlu mengulang sesi teknik ini dari awal lagi.
  2. Lakukan hal yang tidak berhubungan saat instirahat. Jadi usahakan saat kalian istirahat, baik istirahat pendek maupun panjang kalian tidak melakukan kegiatan yang sama seperti saat melakukan sesi teknik Pomodoro. Lakukanlah kegiatan lain seperti peregangan, minum air putih atau kopi, bisa juga berjalan keliling rumah. Karena otak kalian juga perlu istirahat setelah melakukan 100% fokus pada kegiatan sebelumnya.

3. Sesi Fokus 90 Menit

Sesi Fokus 90 Menit
Sesi Fokus 90 Menit | Image Source : Google Image

Tahukah kalian bahwa tubuh manusia mempunyai siklus yang bernama Ultradian Rhythms? Singkatnya, Untradian Ryhthms  adalah siklus dimana tubuh dan pikiran kalian beroprasi secara maksumal selama 90-120 menit. Selain itu, kalian akan merasa kelelahan dan harus istirahat sebelum siklus tersebut terjadi lagi. Jadi, sesi ini kalian bisa gunakan untuk mengatur waktu saat sedah WFH. Caranya simple, bekerjalah nonstop selama 90 menit, kemudian istirahat sekitar 20-30 menit. Lalu ulangi sesi tersebut hingga jam kerja kalian berakhir.

Catatan:

  1. Tak selalu harus 90 menit, Karena kekuatan tubuh seseorang berbeda – beda. Jadi intinya kalian harus istirahat jika sudah merasa kelelahan. Namun, usahakan kelelahan setelah benar – benar melakukan kegiatan full secara fokus.
  2. Istirahat juga tak selalu 20-30 menit, Karena tidak semua orang memiliki waktu untuk istirahat 20-30 menit, karena tuntutan dari bos yang juga harus tetap menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Jadi kalian bisa lakukan istirahat sekitar 5-10 menit saja setiap siklusnya. Istirahat 5 menit lebih baik daripada tidak istirahat samasekali.
  3. Jangan Kebablasan, Jangan jadikan sesi fokus 90 menit ini untuk alasan kalian beristirahat 30 menit tiap setelah 90 menit bekerja. Jadi pekerjaan kalian akan banyak terhenti dan jadinya banyak pekerjaan yang tertunda. Ingat, metode ini bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran agar dapat produktif kembali. Jadi, jika kalian belum merasa lelah selama 90 menit (atau bahkan 120 menit) kalian bisa saja melanjutkan pekerjaan kalian hingga kalian memerlukan istirahat. Tapi jangan lupa juga untuk menyetel alaram untuk istirahat agar kalian tidak overwork.

Sekian artikel 4 Metode Manajemen Waktu yang Bisa Bantu Kalian Untuk Lebih Produktif  selama WFH. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam belajar memanajemen waktu. Jangan lupa untuk selalu simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerbali.info.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka