Barang Yang Wajib Ada di Rumah Saat Karantina diri

Barang Yang Wajib Ada di Rumah Saat Karantina diri

Barang Yang Wajib Ada di Rumah Saat Karantina Diri – Kasus pandemi Covid-19, yang bermula dari sebuah daerh di Cina yaitu Wuhan, telah memberi banyak dampak kepada seluruh dunia. Pandemi ini hingga saat ini sudah menewaskan hingga ribuan orang di seluruh dunia. Berbagai cara dilakukan untuk menanggulani dan mengurangi penyebaran virus ini.

Salah satu yang selalu dianjurkan adalah melakukan karantina diri di rumah. Dengan cara ini, kontak antara manusia ke manusia yang lain dibatasi. Sehingga mau tak mau banyak orang yang tidak keluar rumah dan tetap dengan keluarganya.

Karantina diri ini dilakukan minimal 14 hari jika ada kontak ke zona merah ataupun sempat bertemu dengan orang yang sempat ke zona merah. Dengan demikian, banyak orang berbelanja kebutuhan seharinya untuk sebulan kedepan. Nah apa saja yang wajib ada di rumah selama melakukan karntina diri?

1. Makanan dan Air

Barang Yang Wajib Ada di Rumah Saat Karantina diri
Ilustrasi Menyiapkan Makanan Selama Karantina Diri | Image Source : Pexels.com

Disarankan untuk menyediakan makanan dengan perhitungan untuk kebutuhan 14 hari. Baik untuk keluarga hingga makanan untuk peliharaan (jika ada). Usahakan makanan yang dibeli adalah makanan yang tahan lama. Untuk sayuran, jika kalian tidak ada pasar terdekat, kalian bisa menggunakan jasa beli sayur online yang sudah banyak tersedia untuk saat ini. Air juga hal penting yang harus selalu ada di rumah selama karantina. Karena faktanya manusia tidak bisa bertahan hidup lebih lama tanpa air dari pada tanpa makanan.

2. Obat

Barang Yang Wajib Ada di Rumah Saat Karantina diri
Ilustrasi Obat Saat Karantina Diri | Image Source : Pexels.com

Jika kalian merupakan orang yang sedang dalam masa pengobatan penyakit, atau memiliki penyakit yang kadang bisa kambuh kapan saja, kalian setidaknya harus selalu menyediakan obatan kalian untuk keperluan sebulan. Dan jika ada resep dokter, bisa di obrolkan untuk memberikan resep obat paling tidak minimal untuk 14 hari kedepan. Selain obat – obatan tersebut, obat yang wajib ada adalah seperti obat penurun panas, obat flu dan obat sakit kepala.

3. Perlengkapan P3K

Perlengkapan P3K
Ilustrasi Perlengkapan P3K | Image Source : Pexels.com

Perlengkapan P3K wajib disediakan di rumah untuk mengobati cedera yang biasanya terjadi di rumah. Palang Merah merekomendasikan peralatan yang harus ada di P3K untuk dirumah adalah peralatan yang digunakan untuk mengobati cedera umum, termasuk luka, goresan, bengkak, keseleo, otot tegang dan segala cedera ringan yang biasanya terjadi di rumah kalian. Perlengkapan yang umumnya wajib adalah salep antibiotic, kain kasa, perban, thermometer, gunting dan obat luka luar.

Ingat!

Jangan panic buying alias berbelanja berlebihan. Berbelanjalah secukupnya sesuai dengan perhitungan yang kalian lakukan sebelum berbelanja. Karena masih banyak orang yang juga memerlukan bahan pangan dan kebutuhan lainnya seperti kalian.

Sekian artikel tentang Barang Yang Wajib Ada di Rumah Saat Karantina Diri. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang melakukan karantina diri. Jangan lupa simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerbali.info.

Mungkin Kamu Juga Suka