Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah yang Baik dan Benar

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah yang Baik dan Benar – Dalam menjalani masa perkuliahan, tentu kita menginginkan perkuliahan yang lancar tanpa kendala. Namun, kadangkala ada beberapa situasi yang membuat kita harus absen dalam beberapa pertemuan mata kuliah. Walau setiap mata kuliah pasti memiliki dispensasi atas jumlah absen mahasiswa, alangkah baiknya jika kesempatan tersebut tidak diambil secara sia-sia.

Kepedulian dosen dalam memantau kehadiran mahasiswanya adalah suatu bentuk kepedulian yang harus diacungkan jempol. Kadangkala dosen memang kurang memperhatikan kehadiran mahasiswanya sehingga hal tersebut dimanfaatkan mahasiswa untuk mengambil jatah absen yang sia-sia. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa dosen justru sangat teliti dalam memperhatikan kehadiran mahasiswanya bahkan memeriksa secara detail tentang surat izin yang diberikan mahasiswa tersebut. Agar tidak salah dalam menuliskan surat izin kepada dosen, ada baiknya kita tahu cara menuliskan surat izin yang baik dan benar.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah yang Baik dan Benar

Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Secara Umum

Hal  : Permohonan Izin Tidak Mengikuti Kuliah

Kepada Yth.
Bapak Markus Wijaya, M.Pd.
Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika
Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini, mahasiswa Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta,

Nama   :
NIM     :
Prodi    :
Nomor HP   :

Bermaksud meminta izin untuk tidak mengikuti seluruh kegiatan perkuliahan Fisika Dasar pada hari ini, Jumat, 9 Januari 2022 karena adanya kegiatan Kuliah Praktek di PT Adaro Indonesia.

Saya memohon izin jika ada quiz dan tugas pada kelas tersebut, saya diijinkan untuk mengikuti quiz dan pengumpulan tugas susulan kepada Bapak.

Demikian surat permohonan izin ini, atas perhatian dan izin yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 9 Januari 2018

Hormat Saya,

(Nama)

 

Surat Izin Kuliah dengan Bahasa Inggris

From:
Alan Wijayanto
French Languange and Literature
Satya Graha University, Jakarta

To:
Mr. Patrik Nainggolan, M.Ed
French Languange and Literature
Satya Graha University, Jakarta

Subject: Leave Application

Sir,

I, Alan Wijayanto, am currently enrolled in the second year of the French Literature course in your class.

I am writing this letter to regretfully inform you that I will not be able to attend college for five days, starting from March 29, 2013 to April 2, 2013, as I have been advised complete bed rest by my doctor after I twisted my ankle while playing soccer for my college team.

Aware that I will be missing the ongoing mock exams, for which I am truly sorry. I hope you and my professors understand my situation and that my absence will not hurt my final grades.

If you think it is feasible, I can take my exams online, and further ask a classmate to stream my lectures, which I can then watch on my computer from home.

Please look into the matter and grant me leave at the earliest. I have submitted all my medical details to a friend, who will submit them to you tomorrow. Thank you for understanding the situation.

Yours Faithfully,

(Name)

 

Surat Izin Kuliah Lewat Email

To              : pratiwidewi@gmail.com
Cc              : –

Subject    : Surat Izin Tidak Ikut Mata Kuliah Children Literature

Yth. Dra. Pratiwi Dewi, M.Si.
Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Yogyakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama      :
NIM      :
Kelas   :
Ruang :
Program Studi   :
Fakultas    :

Memohon maaf karena tidak bisa hadir pada kelas Children Literature yang diselenggarakan hari ini, Kamis, tanggal 2 Maret 2017, karena saya harus menghadiri kegiatan seminar “program kreatif mahasiswa” yang diadakan di luar kampus.

Mengenai materi kuliah dan tugas yang mungkin akan diberikan pada hari tersebut, saya akan berdiskusi dengan teman-teman yang lain, dalam rangka membahas materi kuliah dan tugas kuliah.

Demikian surat izin ini saya sampaikan, semoga dapat dimaklumi.

Atas izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Sleman, 2 Maret 2017

Hormat Saya,

(Nama)

 

Surat Izin Kuliah dari Orang Tua

Magetan, 7 April 2016

Kepada: Yth Bapak/Ibu Dosen Pengampu Mata Kuliah Writing IV
Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sintesa Magetan
Di tempat

Dengan hormat:

Saya orang tua dari mahasiswa yang bernama:

Nama       :
NIM          :
Jurusan   :
Kelas        :
Alamat     :

Memberitahukan bahwasannya mahasiswa tersebut tidak bisa mengikuti kelas mata kuliah Writing I yang diselenggarakan pada hari Senin 7 April 2016 dikarenakan sakit. Maka dari itu, sudi kiranya Bapak/Ibu dosen berkenan untuk memberikan izin.

Demikian surat izin ini saya buat, atas segala kesempatan dan perhatian yang Bapak/Ibu dosen berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Nama)

 

Surat Izin Kuliah karena Sakit

Hal   : Surat Permohonan Izin Tidak Mengikuti Kuliah

Kepada Yth.
Ibu Arinta Pinasti, M.Hum.
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Priangga

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama   :
NIM   :
Prodi  :
Nomor HP  :

Bermaksud meminta izin untuk tidak mengikuti kelas mata kuliah Prosa IV pada hari ini, Kamis, 10 Maret 2018 karena keadaan tubuh yang sedang tidak sehat.

Jika ada tugas, quiz, dan ujian pada kelas tersebut, saya memohon ijin untuk mengumpulkannya pada saat saya sudah kembali sehat dan bisa mengikuti kelas Prosa IV selanjutnya.

Demikian surat permohonan izin ini, atas perhatian dan izin yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 10 Maret 2018

Hormat Saya,

(Nama)

 

Demikian Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah yang Baik dan Benar, bisa digunakan untuk meminta izin pada dosen pengampu mata kuliah atau dosen wali saat kalian berhalangan untuk mengikuti perkuliahan.

Jangan menganggap enteng masalah absensi pada saat kuliah ya, karena salah satu hal yang bikin mahasiswa lulusnya lama adalah karena harus mengulang-ulang mata kuliah gara-gara absensi. Semoga Bermanfaat

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka