Haruskah Mematikan HP Ketika Bekerja?

Banyak sekali tempat kerja yang memiliki peraturan yang sangat ketat untuk karyawannya. Apakah kalian juga bekerja di perusahaan yang seperti itu? Peraturan yang ketat ada baik buruknya. Perusahaan kadang memaksakan banyak peraturan agar karyawan bisa produktif dalam bekerja. Tapi ada juga yang sebaliknya. Malah ada karyawan yang tidak produktif karena terlalu banyak dikekang oleh peraturan. Kalian termasuk yang mana?

Nah, mungkin salah satu peraturan yang banyak diterapkan di tempat kerja adalah tentang Handphone atau Telepon Genggam. Menurut kalian, haruskah mematikan HP ketika bekerja?

 

Ilustrasi Menggunakan Handphone
Sumber: Pexels.com

Negatifnya, HP bisa membuat orang tidak konsentrasi terlalu lama pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Bahkan mungkin cenderung merugikan. Sekarang, hampir semua orang selalu mengecek HP dalam kurun waktu yang terlalu cepat, mungkin setiap 5 menit sekali. Hal ini pasti adalah sesuatu yang tidak efektif. Pekerjaan kalian akan terbengkalai. Tapi kalau kalian mematikan HP, kalian juga bisa melewatkan banyak informasi penting yang harus kalian ketahui saat itu juga. Lalu bagaimana agar HP tidak mengganggu pekerjaan kalian?

Letakkan HP jauh dari Jangkauan

Mungkin agak terdengar aneh, tetapi hal ini akan membuat kalian tidak mengecek update HP adalah karena tempatnya yang jauh. Jangan lupa untuk mengatur volume suara handphone kalian dalam batas normal karena akan menggangu rekan kerja lain kalau terlalu berisik.

Pasang jenis suara yang berbeda tergantung prioritas kebutuhan

Handphone yang berkembang saat ini memungkinkan kalian untuk mengatur jenis suara untuk kontak yang berbeda. Aturlah jenis suara sesuai prioritas pekerjaan. Hal itu akan membuat kalian tahu apakah update yang muncul adalah sesuatu yang penting atau tidak tanpa harus mengeceknya setiap saat.

 

zopinicom
Sumber : zopini.com

Pasang icon sibuk atau busy

Dengan icon ini, rekan kalian akan mengetahui kalau Anda sedang tidak bisa diganggu untuk hal-hal yang tidak penting. Dengan pengaturan tersebut, mereka tidak akan ‘mengganggu’ kalian selama jam kerja.

Tapi kembali lagi kebiasaan mengecek HP adalah datang dari diri sendiri. Kalau kalian sudah mengatur banyak pencegahan tersebut, tapi kalian tidak niat untuk melakukannya, sama saja sih.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka