Leak Bali : Asal - Usul dan Kisah Mistisnya yang Melegenda

Leak Bali : Asal – Usul dan Kisah Mistisnya yang Melegenda

Leak Bali : Asal – Usul dan Kisah Mistisnya yang Melegenda – Apakah kamu tentang Leak Bali ? Dalam kepercayaan masyarakat di Bali, Leak merupakan makhluk jelmaan dari manusia yang memiliki ilmu AJi Pengeleakan.

Memiliki perwujudan yang menyeramkan dengan mata besar, memiliki taring dan lidah yang menjulur keluar dari mulut serta memiliki badan yang besar dan tinggi. Sebenarnya, Leak memiliki banyak wujud seperti bisa menjadi Bade (tempat mayat manusia saat upacara ngaben), page, binatang ataupun sinar yang berwarna merah, hijau atau kuning.

Perwujudan dari Leak Tergantung dari tingkatan ilmu yang sudah dikuasai oleh manusia tersebut. Tertarik untuk mengetahui sejarah, asal – usul, perwujudan Leak Bali yang sesuai tingkatan ilmunya.

Sejarah dan Asal – Usul Dari Leak Bali

Kisah Calonarang
Kisah Calonarang | Sumber : anehdidunia.com

Terdapat beberapa asal – usul dari Leak Bali yang dipercaya masyrakat Bali. Pada zaman dahulu, tepatnya di abad ke 11 masehi, saat Bali dipimpin oleh Raja Airlangga.

Seorang janda bernama Calonarang, yang sering kali dikaitkan dengan ilmu sihir hitam karena kebiasaannya melantunkan kidung-kidung dalam bahasa yang aneh, menjadi bahan perbincangan masyarakat setempat. Terkadang, perempuan ini menyembunyikan dirinya dan mengurung diri saat matahari terbenam dan terbit.

Dikarenakan reputasinya yang buruk, pemerintah dan warga setuju untuk mengambil tindakan hukuman terhadapnya. Namun, karena takut untuk menghadapi langsung, prajurit istana merencanakan untuk membunuhnya ketika ia tertidur di malam hari.

Sayangnya, nasib buruk menimpa mereka karena Calonarang terbangun ketika para prajurit hendak melaksanakan rencananya, yang membuatnya marah. Matanya terlihat seolah-olah akan keluar, dilengkapi dengan gigi taring panjang yang mengerikan.

Calonarang kemudian menyemburkan api dari mulutnya, menyebabkan kematian bagi para prajurit. Cerita ini kemudian menjadi asal-usul munculnya legenda Leak di Bali.

Leak di Bali sering kali dikaitkan dengan perilaku jahat dari para penganut ilmu kiri atau pengiwa, yang sering kali ditampilkan sebagai kepala manusia dengan organ-organ yang masih tergantung pada kepala tersebut.

Dipercayai bahwa Leak memiliki kemampuan terbang dan mencari wanita hamil, dengan tujuan mengisap darah bayi yang masih berada dalam kandungan. Terdapat tiga Leak yang terkenal, di antaranya dua perempuan dan satu laki-laki.

Konon katanya apabila kamu menusuk leher leak dari bawah ke arah kepala pada saat kepalanya terpisah dari tubuhnya, maka leak tidak dapat bersatu kembali dengan tubuhnya. Jika kepala tersebut terpisah pada jangka waktu tertentu, maka Leak akan mati.

Wujud Leak Sesuai Tingkatan Ilmu

Perwujudan Leak Bali
Perwujudan Leak Bali | Sumber : Pinterest

Masyarakat Bali percaya, leak merupakan manusia biasa yang dapat melakukan sihir jahat dan memerlukan darah embrio sebagai sumber kehidupannya. Disebutkan pula bahwa leak memiliki kemampuan untuk berubah wujud menjadi babi atau bola api, sementara dalam bentuk aslinya, leak memiliki lidah yang panjang dan gigi yang tajam.

Leak memiliki beberapa tingkatan ilmu, setiap tingkatan memiliki perwujudan yang berbeda – beda. Masyarakat bali menyebutkan, selain menjadi binatang atau kilatan cahaya, wujud dari makhluk tersebut bisa berupa Rangda dan juga Bade emas.

Ilmu leak diketahui terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari tingkat terendah yaitu :

  • Leak Brahma
  • Leak Bulan
  • Pemaron
  • Bunga
  • SariCemeng Randu
  • Leak Siwa Klakah.

Nah, itulah ulasan tentang Leak Bali. Manusia dapat berubah menjadi leak karena mempelajari ilmu pengeleakan demi membuka segala batasan dalam diri manusia itu sendiri. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu tentang unsur dari budaya Bali ini. Simak artikel menarik dan informatif lainnya di LokerBali.Info.

Semoga Bermanfaat !

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka