Keahlian Wajib Seorang Admin HR

Keahlian Wajib Seorang Admin HR

Keahlian Wajib Seorang Admin HR – HR atau Human Resource adalah posisi yang cukup strategis dari setiap perusahaan. Biasanya lulusan jurusan psikologi akan mengisi posisi tersebut, disamping lulusan dari jurusan lainnya yang juga sejalur dengan human resource. Sementara itu, seperti bagian pekerjaan yang lain, Admin HR atau Staf Administrasi Divisi Human Resource memegang peranan yang sangat penting, yaitu dalam manajemen sumber daya perusahaan, seperti mengurus administrasi personalia, rekrutmen, pengembangan dan evaluasi karyawan, hingga kompensasi dan tunjangan.

Karena pekerjaannya yang tergolong berat, maka Admin HR biasanya harus memiliki keahlian yang lebih jika dibandingkan dengan Staf Administrasi di Divisi lainnya. Nah, inilah keahlian wajib seorang Admin HR.

Profesional

Poin ini sebenarnya menjadi modal utama di dunia kerja, pada bagian manapun kalian ditempatkan. Kalian harus membedakan setiap pekerjaan kalian dengan urusan lainnya. Sebagai Admin HR, kalian harus profesional terutama menjadikan manajemen Sumber Daya Manusia di perusahaan kalian menjadi baik dan stabil.

Detail

Human Resource adalah divisi yang tergolong paling memiliki data dan perhitungan yang kompleks, terutama dalam hal penilaian karyawan, penggajian, dan lainnya. Nah, Menjadi seorang Admin HR menuntut kalian untuk teliti dan fokus dalam melakukan segala hal. Bukan berarti kalian tidak boleh melakukan kesalahan, namun untuk meminimalisir kesalahan yang akan terjadi alangkah lebih baiknya jika kalian teliti dalam mengerjakan pekerjaan Anda.

 

Kerjasama Tim

Ilustrasi Bekerja Sama
Sumber: Pexels.com

 

Human Resource adalah divisi yang juga berhubungan dengan banyak orang, dan lintas divisi. Sebagai Admin HR, kalian harus mengedepankan kerjasama tim. Contohnya ketika bagian HR akan mengadakan training untuk beberapa orang dari divisi yang berbeda, kalian, sebagai Admin HR, harus mampu bekerjasama dengan baik, dalam hal komunikasi dan juga manajemen waktu dengan divisi lain agar tidak bertabrakan.

Kemampuan Menyelesaikan Masalah (Problem Solving)

Ilustrasi Berdiskusi
Sumber: Pexels.com

Sebagai seorang Admin HR, kalian harus cepat tanggap terhadap permasalahan yang terjadi, terutama dalam hal pendataan dan informasi lainnya yang berkaitan dengan data penting HR. Dengan analisa yang cepat, kalian juga dituntut untuk cepat mengambil keputusan agar tidak ada permasalahan perusahaan yang berkepanjangan.

Multitasking

Sudah dijelaskan tadi bahwa Admin HR memiliki bidang pekerjaan yang banyak sekali. Tidak jarang kalian harus mengerjakan pekerjaan yang berbeda dalam waktu yang hampir bersamaan. Kalian harus memiliki keahlian untuk multitasking, memikirkan banyak hal (dalam pekerjaan) dan menyelesaikan semuanya dengan tepat waktu.

Kemampuan Mengorganisasi (Organization)

Admin HR harus mampu mengelola organisasi, baik itu untuk skala kecil maupun untuk skala yang besar. Mereka harus memiliki sikap tegas, terutama untuk manajemen waktu, pengorganisasian dokumen, dan peningkatan produktivitas karyawan melalui prosedur yang efektif.

Kemampuan Bernegosiasi

Area kerja yang kompleks dan berhubungan dengan banyak pihak, membuat Admin HR harus memiliki kemampuan bernegosiasi yang keras. Semua diskusi dan kesepakatan harus terbentuk dengan memenuhi kebutuhan dari semua pihak.

Mungkin Kamu Juga Suka