Tentang Profesi: VIDEO EDITOR

Tentang Profesi: VIDEO EDITOR

Tentang Profesi: VIDEO EDITOR – Industri kreatif dalam bentuk digital sedang berkembang dengan pesat. Pembuatan konten dibuat sekreatif mungkin dengan berbagai bentuk. Salah satu bentuk media yang sedang banyak digeluti adalah dalam bentuk video. Sehingga, profesi sebagai video editor sedang banyak digandrungi.

Profesi Video Editor

Profesi sebagai video editor memiliki tanggung jawab mengolah beberapa materi dalam bentuk video yang diperlukan sebuah perusahaan, usaha maupun kebutuhan branding pribadi. Materi yang dibuat dapat berupa footage, dialog, wawancara, grafis dan soundeffect.

Editor adalah posisi kunci dalam proses pascaproduksi yang akan menentukan kualitas dari produk yang dibuat. Orang yang berprofesi sebagai video editor biasanya akan bekerjasama langsung denganorang yang memiliki konsep video/ si pemilik project yang akan dibuat. Tujuannya agar hasil yang dicapai sesuai dengan rencana rancangan.

Tentang Profesi: VIDEO EDITOR
Video Editor | Image Source Unsplash.com

Tanggung Jawab Seorang Video Editor:

  1. Menerima arahan yang biasanya dapat berupa shot list atau pun naskah
  2. Mengumpulkan semua footage dari berbagai sumber untuk dirapikan sesuai arahan
  3. Menyortir materi yang dibutuhkan untuk dipakai dan diolah menjadi video utuh sesuai arahan
  4. Menentukan transisi, sentuhan, pewarnaan, juga efek yang akan diterapkan pada video sesuai arahan konsep yang ada
  5. Memastikan bahwa kualitas dari video maupun audio baik
  6. Mampu memperbaiki dan memberikan solusi jika ada kekurangan dari materi video dan audio yang tersedia
Tentang Profesi: VIDEO EDITOR
Ilustrasi Mengedit Video | Image Source : Unsplash.com

Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Video Editor

Pada umumnya, para rekruter akan lebih mempertimbangkan keterampilan dan porfolio yang dimiliki oleh sang Video Editor. Jadi, pengalaman dan hasil karya kalian sangatlah penting dalam mencari client untuk kalian ajak bekerjasama. Selain itu, pendidikan komunikasi atau seni, pengalaman sebagai desain grafis, multimedia, fotografi, atau pengalaman di industri film, media, dan TV juga bisa dijadikan latar belakang yang dapat dipertimbangkan oleh rekruter. Dalam hal keterampilan, seorang video editor setidaknya bisa mengoprasikan software editing seperti Final Cut Pro, Adobe Premiere Pro, Openshot, iMovie, Vegas Pro, dan lain-lain. Selain itu, tidak hanya dapat mengoperasikan software, video editor yang baik juga harus memiliki kreativitas dalam mengolah materi menjadi sebuah video yang memuaskan.

Hal-hal yang Dapat Anda Tunjukan Saat Melamar Pekerjaan Sebagai Video Editor

  1. Mampu untuk memberi perhatian terhadap hal-hal yang detail
  2. Memiliki kreativitas dan minat yang tinggi pada bidang film dan video
  3. Kesabaran dan konsentrasi yang tinggi
  4. Kemampuan mendengar dan menerjemahkan arahan yang diberikan oleh tim
  5. Tingkat komitmen dan dedikasi yang tinggi
  6. Manajemen waktu yang baik
  7. Kemampuan bekerja di bawah tekanan dan deadline
  8. Kemampuan berkomunikasi yang baik, menulis maupun secara langsung
Tentang Profesi: VIDEO EDITOR
Mengedit Video | Image Source : Unsplash.com

Jenjang karir Editor Video

Profesi sebagai Video Editor memiliki potensi untuk bekerja di perusahaan, seperti di perusahaan animasi, penyiaran, perfilman, produksi film independent, post production agency atau perusahaan video/game. Mungkin dalam awal bekerja, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan kalian mengikutin arahan mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, kalian bisa sepenuhnya yang mengurus sesuai dengan kreativitas kalian. Jika kalian ingin menjalani sebagai Freelance video editor, kalian bisa memulainya dengan projek-projek kecil sembari membuat porfolio karya kalian.

Intinya jika kalian benar – benar menekuninya, project video apapun bisa kalian capai. Mulailah dari yang kecil, cari pengalaman yang banyak, senantiasa pencapaian tinggi akan bisa kalian capai.

Sekian artikel Tentang Profesi: VIDEO EDITOR. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mengetahui profesi satu ini. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerbali.info.

Bagikan :

Mungkin Kamu Juga Suka