Kesalahan Fresh Graduate Yang Bikin Susah Dapat Kerja

Kesalahan Fresh Graduate Yang Bikin Susah Dapat Kerja

Kesalahan Fresh Graduate Yang Bikin Susah Dapat Kerja – Setelah selesai mengenyam pendidikan, tentu para fresh graduate akan berfikir untuk melamar pekerjaan. Mereka tentunya akan melamar pekerjaan di setiap perusahaan yang membuka lowongan kerja. Tak jarang banyak fresh graduate akan melamar ke lebih dari satu perusahaan yang membuka lowongan sesuai dengan kompetensi mereka.

Saat ini tentunya akan sangat mudah untuk mendapatkan informasi, termasuk info tentang lowongan kerja. Kini telah banyak informasi lowongan kerja yang di posting melalui media sosial, seperti instagram, facebook dan yang lainnya. Biasanya di segala informasi tentang lowongan kerja akan di posting oleh akun-akun info lowongan kerja.

Dari kemudahan yang diberikan saat ini, tentunya menumbuhkan persaingan dalam melama kerja oleh ratusan hingga ribuan pelamar. Persaingan ini akan tetap berlanjut hingga tahap interview. Dengan ini, tentunya kamu mengerti bahwa tak hanya kamu yang melamar kerja pasa suatu perusahaan, bahkan hingga ratusan orang. Maka dari itu, baiknya kamu persiapkan diti ketika melamar kerja.

Sebagai fresh graduate, kamu juga harus mengetahui bahwa tak hanya persaingan yang membuat pelamar kerja ditolak. Melainkan juga karena beberapa kesalahan yang kerap dilakukan, terutama bagi seorang fresh gradutae. Karena kesalahan itulah, mereka akan lebih susah untuk mendapatkan pekerjaan. Kesalahan ini tentunya harus kamu ketahui dan sudah kita rangkum untuk kamu di bawah ini.

Kesalahan Fresh Graduate Ketika Melamar Kerja

Kesalahan Fresh Graduate Yang Bikin Susah Dapat Kerja
Ilustrasi Interview | Image Source : iStockphoto.com

Tak banyak orang tahu tentang hal ini, terlebih lagi seorang fresh graduate. Padahal beberapa kesalahan ini akan membuat dirinya ditolak saat melamar kerja. Maka dari itu, simak baik-baik dan koreksi lagi beberapa hal saat melamar kerja, agar tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan kamu ditolak.

1. CV kurang menarik

CV atau Curriculum Vitae tentunya kamu harus buat ketika melamar kerja. Biasanya CV dan surat lamaran kerja akan kamu lampirkan ketika melamar kerja. Namun tahukah kamu jika Curriculum Vitae yang kamu buat tidak menarik dapat membuat kamu tidak lolos?

CV haruslah kamu buat dengan semenarik mungkin. Meski tidak ada patokan yang ideal, namun baiknya kamu membuat CV yang mudah dibaca dan enak untuk dilihat. Terlebih bagi kamu yang melamar kerja di industri kreatif, maka CV yang kamu buat haruslah menunjukan bahwa kamu adalah orang yang kreatif.

2. Kurang disiplin

Disiplin haruslah kamu tingkatkan dalam bekerja, contohnya seperti disiplin waktu, belajar hal baru, dan juga dalam mencari pekerjaan. Tidak disiplin merupakan salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh seorang fresh graduate. Serta ini juga yang kerap menyebabkan seorang fresh graduate kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

Maka dari itu, mulailah untuk merubah dirimu menjadi orang yang lebih disiplin dalam hidup. Perbaiki dirimu agar suatu saat nanti kamu dapat meyakinkan perusahaan bahwa kamu adalah orang yang disiplin. Mulai belajar disiplin dari hal terkecil terlebih dahulu.

3. Terlalu idealis

Kesalahan fresh graduate selanjutnya adalah mereka terlalu idealis. Biasanya seseorang yang baru lulus kuliah, akan menjunjung tinggi idealismenya dalam mencari pekerjaan. Contohnya, mereka bisanya menargetkan langsung mendapatkan gaji tinggi atau jobdesk idaman. Terkadang hal ini jauh dari realita dan membuat mereka kurang menerimanya.

4. Terlalu memilih pekerjaan

Memilih pekerjaan itu wajar saja, kamu juga harus menyesuaikan kualifikasi pekerjaan dengan kemampuan yang kamu miliki. Namun, jika terlalu memilih pekerjaan juga bukanlah hal yang baik untuk kamu. Ingatlah bahwa kamu harus menyesuaikan kualifikasi dengan kemampuanmu, bukannya dengan memaksakan keinginan kamu sendiri.

Ini tentunya menjadi kesalahan yang kerap kali terjadi di kalangan fresh graduate. Terlalu memilih pekerjaan dengan alasan yang kurang masuk akal akan membuat kamu susah untuk mendapatkan pekerjaan.

Tidak salah jika kamu melamar pekerjaan sesuai dengan minat dan posisi jabatan yang kamu inginkan. Namun kamu juga harus paham, bahwa untuk mencapai pekerjaan tersebut perlu adanya proses dan pengalaman. Perusahaan memiliki kreteria dan pertimbangan khusus dalam hal menerima pelamar fresh graduate. Jadi tidak semudah membalikan telapak tangan.

Bagi mereka yang telah memiliki pengalaman kerja selama masa kuliah, kemungkinan mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang strategis tersebut. Sebab, mereka telah memiliki pengalaman mumpuni. Jika kamu seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali, tentunya akan tertinggal dengan rekan sebaya yang memiliki pengalaman lebih.

Jadi, lebih baik pilihlah pekerjaan dengan posisi yang sesuai dengan kamu, namun ada jenjang karirnya. Sebab suatu saat pasti akan dapat berkembang. Dengan ini pula, kamu perlu kesabaran dan ketekunan untuk mendapatkan posisi yang kamu impikan.

5. Terlalu nyaman

Kesalaha yang terakhir dalah terlalu nyaman dengan kegiatan lain setelah lulus kuliah. Tak jarang seorang fresh graduate mengulur waktu untuk bersantai seletah lulus. Hal ini bisa saja menjadi keterusan dan menjadikan kita terlalu nyaman menjalaninya, sehingga lupa untuk melamar pekerjaan.

Waktu luang selama lulus kuliah digunakan untuk bersantai di rumah, nongkrong dan bermalas-malasan. Tentu kegiatan ini jika dilakukan terus meneruh akan membuat kamu nyaman. Alhasil kamu akan lupa dengan kewajiban kamu mencari pekerjaan.

Sebaiknya setelah lulus kuliah, mulailah untuk mencari pekerjaan agar kamu lebih cepat mendapatkan pekerjaan. Mulailah berlatih tentang kedisiplinan, menambah pengetahuan dalam perekrutan dan yang lainnya. Ini lebih bermanfaat, sehingga kamu lebih siap mengikuti proses perekrutan saat melamar kerja.

***

Itulah beberapa kesalahan Fresh Graduate Yang Bikin Susah Dapat Kerja. Sebaiknya, mulailah untuk memperhatikan beberapa hal diatas agar kamu segera mendapatkan pekerjaan. tetap aktif dalam mencari informasi tentang lowongan kerja terbaru. Sudahi malas mu, dan kejarlah impian mu. Tetap semangat!

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu menjawab semua keresahanmu yang belum mendapatkan pekerjaan hingga saat ini. Tetaplah semangat dan djangan menyerah untuk masa depan yang lebih baik!

Mungkin Kamu Juga Suka